Beringharjo Yogyakarta Rapid Test Massal Sambut Long Weekend

Ratusan pedagang Pasar Beringharjo Yogyakarta mengikuti rapid test dalam menyambut long weekend yang diperkirakan dibanjiri wisatawan.
Dua orang pria tengah menjalani screening yang dilakukan petugas sebelum menjalani rapid test terhadap para pedagang dan petugas di Pasar Beringharjo Kota Yogyakarta, Selasa, 27 Oktober 2020. (Foto: Tagar/Dokumentasi Humas Pemkot Yogyakarta)

Yogyakarta - Ratusan pedagang yang setiap harinya beraktivitas di Pasar Beringharjo Kota Yogyakarta menjalani rapid test massal. Hal ini dilakukan sebagai bagian dari menyambut datangnya wisatawan ke Kota Pelajar yang diperkirakan meningkat jumlahnya saat cuti Maulid Nabi Muhammad dan long weekend. Pasar Beringharjo yang berada di kawasan Malioboro Yogyakarta ini menjadi jujugan wisatawan.

Asisten Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta Sisruwardi mengatakan rapid test yang digelar secara massal itu adalah bagian dari penegakan protokol kesehatan dan pencegahan di lingkungan industri pariwisata. Rapid test merupakan upaya pemerintah untuk melakukan pencegahan dini dalam memutus rantai penyebaran virus.

“Akhir pekan ini akan ada libur panjang, pasti akan banyak wisatawan yang datang ke Yogyakarta, maka rapid test ini penting dilakukan agar mereka yang datang merasa aman dan nyaman datang ke kota ini,” kata Sisruwardi saat memantau jalannya rapid test, Selasa, 27 Oktober 2020.

Baca Juga:

Tidak hanya melakukan rapid test kepada para pedagang, Siswurardi juga berharap para pedagang dan para juga petugas yang ada di Pasar Beringharjo untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dengan ketat, terutama ketika libur panjang nanti.

“Insyaallah libur panjang nanti akan banyak wisatawan yang datang ke Yogyakarta, maka harus siap menyambut kedatangan mereka semua. Tapi ingat juga harus menerapkan protokol kesehatan dengan ketat terutama 4 M dengan mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak dan mencegah kerumunan,” pesan Sisruwardi.

Maka rapid test ini penting dilakukan agar mereka yang datang merasa aman dan nyaman datang ke kota ini.

Test massal yang diikuti ratusan pedagang Pasar Beringharjo tersebut digelar oleh Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Yogyakarta dengan menggandeng Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Yogyakarta.

Baca Juga:

Ketua Majelis Pemuda Indonesia, Bambang Seno Baskoro menambahkan kegiatan rapid test massal ini dilakukan oleh KNPI dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda yang ke-92. Diikuti lebih dari 100 peserta, mereka yang di-rapid test terdiri dari para petugas yang berada di garda depan seperti petugas keamanan dan juga para pedagang yang ada di Pasar Beringharjo.

“Kota Yogyakarta ini adalah salah satu kota tujuan wisata, maka harapan kami dengan rapid test ini rekan-rekan yang ada di Beringharjo lebih waspada. Selain itu, harapannya dengan adanya rapid test ini kondisi kesehatan baik petugas maupun pedagang lebih terkontrol,” sambung dia.

Asep, salah satu petugas yang berjaga di Pasar Beringharjo dan ikut turut serta dalam rapid test, mengatakan terbantu dengan adanya rapid test tersebut. Apapun hasilnya bakal menjadikan dirinya lebih waspada, terutama ketika bertugas.

“Ya rapid test ini sangat baik bagi kami, karena kami bisa lebih waspada terhadap corona, terutama ketika bertugas, dan mudah-mudahan pada rapid test kali ini tidak ada yang reaktif,” kata petugas keamanan pasar. []

Berita terkait
Daop 6 Yogyakarta Tambah Perjalanan KA Saat Long Weekend
Daop 6 Yogyakarta menambah perjalanan kereta api saat long weekend Oktober 2020. Langkah ini dilakukan sebagai antisipasi wisatawan yang membludak.
4 Hal yang Dilakukan Pemkot Saat Long Weekend di Yogyakarta
Pemkot Yogyakarta terus bersiap menyambut wisatawan saat long weekend akhir Oktober 2020. Empat hal yang dilakukan agar semuanya aman dan nyaman.
Yogyakarta Sambut Long Weekend, Agustus 2020 Jangan Terulang
Yogyakarta pada Agustus 2020 saat long weekend penyakit pagebluk melonjak. Menjelang libur panjang Oktober, pemkot bertekad hal itu tidak terjadi.
0
Simak 5 Aplikasi dan Situs Simulasi Tes CPNS
Terdapat lima aplikasi dan situs simulai tes CPNS 2021 yang sudah disiapkan untuk mengisi kota sebanyak 105.777 dari 189.102 formasi ASN yang ada.