Strategi PKB Menangkan Lima Pilkada di Jawa Barat

DPW PKB Jabar klaim optimistis menang minimal di lima pilkada kabupaten di Jawa Barat berkat strategi mumpuni PKB
Sekretaris DPW PKB Jawa Barat, Muhamad Sidkon Djampi (pegang mik), saat rapat di DPRD Provinsi Jawa Barat, Bandung, belum lama ini (Foto:Tagar/Fitri Rachmawati).

Bandung - DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Barat optimistis dengan strategi kampanye yang mumpuni, PKB bisa memenangkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) minimal di lima kabupaten di Jawa Barat.

“PKB sudah sangat siap menghadapi Pilkada di 8 kabupaten dan kota di Jawa Barat. Kita sangat optimis bisa menang minimal di 5 wilayah. Lima wilayah tersebut, Kabupaten Bandung, Cianjur, Karawang, Indramayu dan terakhir Kabupaten Pangandaran,” kata Sekretaris DPW PKB Jawa Barat, Muhamad Sidkon Djampi, kepada Tagar di Bandung, 12 Agustus 2020.

Salah satu strategi pemenangan yang dilakukanm lanjut Sidkon, soal calon atau pasangan yang diusung. PKB tentu saja mengusung dan mendukung calon atau pasangan potensial menang (dan ini sudah lumrah dilakukan oleh semua partai politik). Oleh sebab itu, PKB di Pilkada Jawa Barat mengusung Lepi Ali Firmansyah (Ketua DPC PKB Kabupaten Cianjur) sebagai calon Bupati Kabupaten Cianjur yang bakal dipasangkan dengan kader PKS atau dari Partai Demokrat untuk wakilnya.

1. PKB Berharap Bisa Menang Pilkada di Lima Kabupaten di Jabar

Sedangkan di Kabupaten Indramayu, PKB menunjuk Wakil Ketua DPRD Indramayu dari Fraksi PKB yakni, Muhamad Solihin, sebagai calon Bupati Kabupaten Indramayu yang akan berpasangan dengan partai koalisi, salah satunya Partai Demokrat yang menunjuk Ratnawati sebagai calon Wakil Bupati-nya.

“Di Kabupaten Karawang, kita (PKB) mengusung kader sendiri Ahmad Zamakhsyari atau Kang Jimmy, dan di Kabupaten Pangandaran, meskipun bukan kader kita mendukung pasangan Adang Hadari dan Supratman,” jelas Sidkon.

Sementara itu, di Kabupaten Bandung DPW PKB Jawa Barat mengusung Dadang Supriatna sebagai calon Bupati Kabupaten Bandung. Dadang Supriatna memang sebelumnya dari Partai Golkar lalu demi Pilkada ia ke PKB. “Dan kita sudah memberikan Kartu Tanda Anggota (KTA) DPW PKB Jawa Barat. Mudah-mudahan saja, PKB bisa menang di lima Kabupaten tersebut, tentunya dengan kampanye yang luar biasa,” terang dia.

Selain pasangan yang dinilai berpengaruh terhadap pemenangan. PKB Jawa Barat pun telah merumuskan strategi kampanye yang akan dilakukan, meskipun sampai saat ini belum merinci. Tetapi secara umum, kampanye yang akan dilakukan 50% kampanye tatap muka dengan protokol kesehatan, dan 40% kampanye daring dengan berbagai platform digital, seperti memanfaatkan media sosial yang tersedia saat ini.

2. Kampanye Tatap Muka versus Online

“Kampanye tatap muka memang dibatasi karena kita masih dalam kondisi pandemi Covid-19. Maka dari itu, kita menyesuaikan. Kita akan menguatkan kampanye door to door, dan memanfaatkan media sosial atau teknologi digital lainnya, “ ungkap dia.

Kampanye tatap muka dan daring pun terang Sidkon, tentu saja disesuaikan dengan karakteristik wilayahnya, termasuk dengan penduduknya. PKB Jawa Barat sudah memetakan hal tersebut. Seperti wilayah yang masuk ke desa tertinggal yang tidak ada akses internet, tentu saja kampanye tatap muka dengan pendekatan personal akan lebih dikuatkan, salah satunya di beberapa wilayah Kabupaten Pangandaran yang tergolong masih banyak desa tertinggalnya.

“Pilihan seperti kampanye pasang baliho, spanduk (di titik-titik tertentu) pun kita lakukan, dan kita akan kerahkan kader (arus bawah) untuk melakukannya (memasangnya). Secara umum itulah yang akan kita lakukan,” kata dia.

Adapun untuk strategi marketing, atau isu yang akan dijual dalam kampanye tambah Sidkon, PKB tentu saja akan menyesuaikan isu-isu apa yang akan dijual atau ditawarkan kepada calon pemilih berdasarkan karekter atau masalah di wilayah masing-masing. Mengingat, karekter dan permasalahan antara satu dengan lainnya sangat berbeda. “Yang jelas, sesuai lokus (gen) PKB yang selalu akan membumi dengan masyarakat,” tegas dia. []

Berita terkait
Di Pilkada Jabar PKB Bantu Balon Tak Berduit Menang
Pilkada serentak 2020 PKB targetkan menang minimal 5 dari 8 kabupaten dan kota di Jabar. PKB siap bantu kader yang miliki elektabilitas tinggi
Delapan Pilkada di Jabar di Masa Pandemi Covid-19
Masa pandemi Covid-19 Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Jabar berbeda karena pakai cara Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dengan protokol kesehatan
Money Politik Tetap Tinggi di Pilkada 2020 Jabar
Money politik diperkirakan tetap akan mendominasi kerawanan pelanggaran Pilkada 2020 di Jabar.
0
Politikus PDIP Jagokan Andika Perkasa Jadi Panglima TNI
Politisi PDIP Effendi Simbolon menjagokan Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Andika Perkasa menjadi Panglima TNI mengantikan Hadi Tjahjanto.