Strategi Memilih Asuransi Menyesuaikan Kemampuan Diri

Asuransi akan berguna untuk meminimalisir dampak dari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Asuransi dapat kita katakan sebagai proteksi kehidupan masa depan. Asuransi akan berguna untuk meminimalisir dampak dari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Maka dari itu, dalam memilih asuransi dibutuhkan bekal pengetahuan dan keyakinan. Berikut kiat memilih asuransi yang bisa Anda lakukan.


1. Pilih asuransi sesuai kebutuhan

Untuk menghindari kesalahpahaman mengenai premi asuransi yang mahal, Anda harus memilih plan asuransi sesuai dengan kebutuhan. Pastikan untuk menelaah flow keuangan agar premi yang dibayarkan tidak mengganggu keuangan Anda.

Misalnya saja, ketika Anda memilih asuransi kesehatan dan ingin mendapat manfaat wilayah pertanggungan selain di Indonesia, maka premi yang dibayarkan tentu akan jauh lebih mahal dibandingkan asuransi dengan wilayah pertanggungan di Indonesia saja.


2. Niatkan memilih asuransi untuk perlindungan

Alih-alih mengharapkan mendapatkan pencairan dana dari asuransi, Anda harus menggunakan instrumen keuangan lain yakni tabungan untuk mencapai tujuan finansial seperti mengumpulkan dana darurat, dana pendidikan, atau investasi.

Hal tersebut harus dilakukan karena konsep dasar asuransi adalah berfungsi sebagai proteksi yang akan melindungi Anda dari risiko finansial seperti sakit kritis, kecelakaan, dan cacat yang akan menyebabkan kerugian finansial di kemudian hari.


3. Pahami polis dengan baik

Polis memang memiliki halaman yang tebal dan membutuhkan waktu untuk memahaminya. Meski begitu, Anda tetap harus membaca serta memahami polis dengan seksama. Hal ini dilakukan agar terhindar dari kesalahpahaman serta mengetahui beberapa poin penting, seperti pengecualian, list penyakit khusus pada masa tunggu, dan ketentuan klaim.


4. Selalu diskusi dengan tenaga pemasar

Jika Anda punya pertanyaan terkait asuransi, metode klaim, rincian manfaat, dan sebagainya, jangan ragu untuk mendiskusikannya dengan Tenaga Pemasar. Sampaikan pertanyaan kepada Tenaga Pemasar agar semua keraguan Anda terjawab dan Anda dapat memilih asuransi sesuai dengan kebutuhan.

Untuk mengetahui Tenaga Pemasar Anda telah berlisensi atau tidak, Anda bisa memastikannya di website AAJI. Pastikan untuk mengikuti kiat di atas agar Anda mendapatkan proteksi terbaik untuk Anda dan keluarga. []

(Vidiana Lihayati)



Baca Juga:


Berita terkait
Mengenal Asuransi Jiwa Anak dan Alasan Kenapa Perlu Dipertimbangkan
Asuransi jiwa pada anak adalah suatu bentuk yang kurang tepat dengan dasar asuransi untuk proteksi dan melindungi.
Mengenal MNC Sekuritas, Investasi Hingga Asuransi
Memiliki pengalaman di pasar modal yang tak perlu diragukan dan terdaftar di OJK, MNC Sekuritas banyak dipilih oleh investor saham di Indonesia.
Pahami Apa Itu Unit Link Pada Asuransi
Dalam 10 tahun terakhir, produk unit link telah tumbuh 10 ribu persen.