UNTUK INDONESIA
Steve Chen dan Dua Pendiri YouTube
Chad Hurley, Steve Chen dan Jawed Karim memiliki ide untuk berbagi video kepada secara online. Video pertama di YouTube berjudul Me at the zoo.
Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim. (Foto: finansialku.com)

Jakarta - Steven Shih “Steve” Chen atau Steve Chen lahir pada bulan Agustus 1978, merupakan keturunan Taiwan-Amerika. Ia berimigrasi ke Amerika Serikat ketika ia berusia 15.

Steve Chen menempuh studi di John Hersey High School lantas berlanjut ke Illinois Math and Science Academy, hingga setelah lulus dari University of Illinois di Urbana-Champaign, ia kemudian bekerja di PayPal.

Steve ChenSteve Chen. (Foto: Wikipedia)

Steve mengatakan, saat ia masih kecil ibunya membawanya ke peramal yang mengatakan bahwa ia tidak akan pernah menjadi kaya, namun ia membuktikan bahwa dengan ketekunan dan kerja keras, Chen dapat mematahkan ramalan tersebut.

Di perusahaan ini, ia bertemu dengan rekannya, yaitu Jawed Karim dan Chad Hurley yang kemudian bekerja sama dalam mendirikan situs YouTube pada tahun 2005. Chen memegang jabatan Chief Technology Officer.

Chen juga sempat bekerja sebagai senior engineer di Facebook, namun memutuskan untuk berhenti dan fokus dalam pengembangan situs berbagi video yang sedang ia bangun bersama kedua rekannya.

Pada bulan Juni 2006, Bisnis 2.0 menobatkan Steve Chen sebagai salah satu dari “50 orang yang berpengaruh saat itu”. Setelah Google membeli YouTube dengan nilai yang fantastis, Chen memperoleh 625.366 lembar saham ditambah 68.721 dalam bentuk trust dengan nilai total mencapai lebih dari 326 juta dollar.

Chen juga dinobatkan sebagai salah satu dari 15 ilmuwan Asia To Watch oleh Majalah Scientist Asia pada tanggal 15 Mei 2011. Chen dan Chad Hurley juga memulai sistem avos yang telah mengakuisisi delicious dari Yahoo! Inc. 

Jawed Karim

Jawed KarimJawed Karim. (Foto: famousbirthdays.com)

Jawed Karim lahir di Merseburg, Jerman Timur pada tahun 1979 dari pasangan Naimul Karim, peneliti Bangladesh Amerika di 3M dan Christine Karim, ilmuwan Jerman dan profesor pembantu riset biokimia di University of Minnesota. 

Nama "Jawed" berasal dari bahasa Persia yang berarti "abadi". Dia pindah menyeberang Tembok Berlin dan tumbuh di Neuss, Jerman Barat pada 1980

Pada tahun 1992, ia pindah ke Amerika Serikat bersama keluarganya, dua tahun setelah penyatuan kembali Jerman. Ia lulus dari Central High School di Minnesota dan kuliah di University of Illinois at Urbana-Champaign. 

Jawed keluar kampus sebelum lulus untuk bekerja menjadi salah satu karyawan pertama PayPal, tetapi tetap melanjutkan studinya. Ia mendapatkan gelar Bachelor of Science dalam ilmu komputer pada tahun 2004.

Bersama Chad Hurley dan Steve Chen, ia mendirikan situs web berbagi video YouTube pada tahun 2005. Video pertama YouTube, Me at the zoo, diunggah oleh Karim pada tanggal 23 April 2005.

Setelah mendirikan perusahaan dan mengembangkan konsep dan situs YouTube bersama Hurley dan Chen, Karim kuliah S2 ilmu komputer di Stanford University sekaligus menjadi penasihat di YouTube. 

Ketika YouTube dibeli Google, Karim mendapatkan 137.443 lembar saham dengan nilai $64 juta sesuai harga penutupan perdagangan pada waktu itu. Nilai saham yang dipegangnya saat ini ditaksir mencapai $1 miliar.

Karim mendirikan badan permodalan usaha Youniversity Karim Ventures dengan tujuan membantu mahasiswa dan alumni mengembangkan dan meluncurkan ide-ide bisnis mereka.

Chad Meredith Hurley

Chad HurleyChad Hurley. (Foto: Wikipedia)

Chad Meredith Hurley lahir di Birdsboro, Pennsylvania pada 24 January, 1977, ia merupakan putra pasangan Don dan Joann Hurley yang tumbuh dekat Birdsboro, Pennsylvania. 

Ia memiliki seorang kaka, Heather, dan seorang adik, Brent. Sejak kecil, Chad sangat tertarik dengan dunia seni, tetapi kemudian beralih ke komputer dan media elektronik semenjak SMA.

Ia adalah wakil dari Twin Valley High School dalam program lari lintas alam. Ia memenangkan dua gelar PIAA State pada tahun 1992 dan 1994. 

Chad menjadi anggota Technology Student Association semasa SMA. Ia lulus dari Twin Valley High School, Elverson, pada tahun 1995 dan mendapatkan gelar B.A. dalam bidang seni murni dari Indiana University of Pennsylvania tahun 1999.

Pada tanggal 16 Oktober 2006, Chen dan Hurley menjual YouTube kepada Google, Inc. dengan nilai $1,65 miliar. Wall Street Journal melaporkan bahwa pangsa saham Chad Hurley bernilai $345,6 juta sesuai harga penutupan perdagangan 7 Februari 2007. Ia menerima 694.087 lembar saham Google secara langsung dan 41.232 lembar tambahan.

Dua pendiri YouTube lainnya, Steve Chen dan Jawed Karim, menerima 625.366 lembar dan 137.443 lembar, masing-masing bernilai $326,2 juta dan $64,6 juta. 

Laporan WSJ didasarkan pada pernyataan registrasi Google yang diajukan ke SEC pada tanggal 7 Februari 2007. Hurley mundur dari jabatannya sebagai CEO YouTube pada Oktober 2010 dan menyatakan ia akan terus menjadi penasihat YouTube. Salar Kamangar menggantikannya sebagai CEO perusahaan ini.

Hurley menikah dengan Kathy Clark, putri pengusaha ternama Silicon Valley, Jim Clark. Mereka dikaruniai dua anak.

Mendirikan YouTube

YouTube berawal sebagai sebuah perusahaan teknologi rintisan yang didanai oleh investasi senilai $11,5 juta dari Sequoia Capital antara November 2005 dan April 2006. 

Kantor pertama YouTube terletak di atas sebuah restoran Jepang dan pizzeria di San Mateo, California. Nama domain www.youtube.com aktif pada 14 Februari 2005 dan situs ini dikembangkan pada bulan-bulan berikutnya.

Video pertama di YouTube berjudul Me at the zoo. Video ini menampilkan pendiri pendamping Jawed Karim di San Diego Zoo. Video ini diunggah pada tanggal 23 April 2005 dan masih ada sampai sekarang di situs ini.

YouTube Berkembang Pesat

YouTube menawarkan uji beta pada Mei 2005, enam bulan sebelum peluncuran resmi pada November 2005. Pertumbuhan situs ini meroket dan pada bulan Juli 2006, perusahaan ini mengumumkan bahwa lebih dari 65.000 video diunggah setiap harinya dan situs ini menerima 100 juta kunjungan video per hari. 

Menurut data yang dikumpulkan perusahaan riset pasar comScore, YouTube adalah penyedia video daring utama di Amerika Serikat dengan pangsa pasar 43 persen dan lebih dari 14 miliar video ditonton pada bulan Mei 2010.

YouTube mengatakan bahwa sekitar video berdurasi total 60 jam diunggah setiap menit dan tiga perempat materialnya berasal dari luar A.S. Situs ini menerima delapan ratus juta kunjungan unik setiap bulannya. 

Diperkirakan pada tahun 2007 YouTube mengonsumsi pita lebar yang sama besarnya seperti seisi Internet tahun 2000. Alexa menempatkan YouTube sebagai situs ketiga yang paling banyak dikunjungi di Internet, setelah Google dan Facebook.

Pemilihan nama www.youtube.com memunculkan masalah dengan situs bernama serupa, www.utube.com. Pemilik situs tersebut, Universal Tube & Rollform Equipment, mengajukan tuntutan hukum terhadap YouTube pada bulan November 2006 setelah situsnya dibanjiri pengunjung yang ingin mencari YouTube. Universal Tube sejak itu mengubah nama situsnya menjadi www.utubeonline.com.

Pada bulan Oktober 2006, Google Inc. mengumumkan bahwa mereka telah membeli YouTube dengan nilai $1,65 miliar dalam bentuk saham. Persetujuan ini dirampungkan pada 13 November 2006. 

Google tidak memberikan informasi rinci mengenai biaya operasi YouTube dan pendapatan YouTube tahun 2007 ditulis "tidak material" dalam pengisian formulir wajib.

Steve ChenSteve Chen. (Foto: Wikipedia)

Bulan Juni 2008, sebuah artikel di majalah Forbes memperkirakan pendapatan YouTube tahun 2008 mencapai $200 juta setelah mengamati kemajuan penjualan iklannya. 

Pengunjung YouTube rata-rata menghabiskan 15 menit sehari untuk menonton video di sana, berbeda dengan 4-5 jam sehari yang dihabiskan warga Amerika Serikat biasa untuk menonton televisi.

YouTube menjajaki kerja sama pemasaran dan periklanan dengan NBC pada bulan Juni 2006. Bulan November 2008, YouTube membuat persetujuan dengan MGM, Lions Gate Entertainment, dan CBS, yang mengizinkan mereka mengunggah film dan episode televisi berdurasi penuh ke situs ini, disertai kotak iklan khusus penonton AS yang diberi nama "Shows".

Pada bulan Mei 2010, YouTube dilaporkan melayani lebih dari dua miliar video per hari, jumlah yang dianggap "nyaris dua kali lipat penonton primetime di ketiga jaringan televisi terbesar Amerika Serikat". 

Pada Mei 2011, YouTube melaporkan di blog perusahaannya bahwa situs ini menerima lebih dari tiga miliar kunjungan per hari. Bulan Januari 2012, YouTube menyatakan bahwa jumlah tersebut naik menjadi empat miliar per hari.

Pada November 2011, jejaring sosial Google+ terintegrasi langsung dengan YouTube dan penjelajah web Chrome, sehingga video-video YouTube bisa ditonton di Google+. 

Bulan Desember 2011, YouTube meluncurkan antarmuka baru. Kanal video ditampilkan di kolom tengah halaman utama, sama seperti umpan berita situs-situs jejaring sosial. Pada saat yang sama, versi baru logo YouTube dipasang dengan bayangan merah yang lebih gelap. Inilah perubahan desain pertama mereka sejak Oktober 2006. []

Berita terkait
Google YouTube Akan Hadir di HP Android
Sejatinya, Google YouTube menggantikan aplikasi Google Play Music yang telah bertahun-tahun menjadi aplikasi bawaan Android.
Profil Dua Pendiri Google, Larry Page dan Sergey Brin
Larry Page dan Sergey Brin merupakan pendiri Google. Keduanya mengenalkan mesin pencari yang diperkenalkan pada 1998.
Huawei Mate 30 Dipastikan Masuk Indonesia Tanpa Google
Ponsel premium terbaru Huawei Mate 30 yang baru saja dirilis pekan lalu akan masuk ke Indonesia tanpa layanan Google.
0
Anak di Bawah Umur Kedapatan Edar Uang Palsu di Aceh
Dua anak di bawah umur kedapatan edar uang palsu di Aceh.