UNTUK INDONESIA
Google YouTube Akan Hadir di HP Android
Sejatinya, Google YouTube menggantikan aplikasi Google Play Music yang telah bertahun-tahun menjadi aplikasi bawaan Android.
YouTube (Foto: Pixabay/stux).

Jakarta - Google telah mengumumkan akan menghadirkan Google YouTube di smartphone Android. Sejatinya, Google YouTube menggantikan aplikasi Google Play Music yang telah bertahun-tahun menjadi aplikasi bawaan Android.

Kini, aplikasi itu akan digantikan dengan YouTube Music/Google YouTube. Layanan musik berlangganan tersebut dapat diinstal pada semua perangkat yang mendukung pembaruan Android 10. 

Melansir The Verge, Sabtu, 28 September 2019, YouTube Music merupakan bagian yang terpisah dari Google Play untuk keperluan pengunduhan. 

Namun, hal tersebut sudah tidak berlaku mulai saat ini, aplikasi ini juga akan dimuat pada perangkat baru yang mendukung pembaruan Android 9 Pie.

Sejak diluncurkan, Google mengatakan bahwa layanan YouTube Music (Google YouTube) ini nantinya akan menggantikan Google Play Music sebagai satu-satunya platform musik berlangganan.

Namun, perusahaan menyatakan tidak sepenuhnya akan mengalihkan para pelanggan Google Play Music ke YouTube Music, dan beberapa pelanggan belum dapat memutuskan untuk melakukan peralihan sampai pembaruan terbukti berhasil.

"Pendengar Google Play Music dengan perangkat Android 10 baru dapat terus menikmati Google Play Music dengan mengunduhnya dari Play Store dan masuk ke akun mereka," tulis Manajer Produk YouTube Music, Brandon Bilinski dalam posting blog.

YouTube telah secara agresif mengiklankan layanan premiumnya tersebut di beberapa aplikasi populer, dengan menampilkan layar pop-up serta diimbangi dengan memberikan ulasan-ulasan mengenai kelebihan dari layanan YouTube Premium.

Nantinya, bagi para pelanggan yang memutuskan untuk berlangganan layanan YouTube premium tersebut, mereka akan mendapatkan pengalaman mendengarkan musik bebas iklan, pengunduhan offline, serta terdaftar sebagai member YouTube Music Premium.

Ke depannya, orang-orang yang membeli smartphone Android akan dapat menggunakan versi gratis YouTube Music yang didukung iklan.

Akan tetapi jika mereka ingin mendengarkan musik tanpa gangguan iklan, mereka harus upgrade ke YouTube Music Premium berbayar.

Lantas, bagaimana jika pengguna tetap menginginkan Play Music? Jangan khawatir, kita masih dapat mengunduhnya dari toko aplikasi Google Play.

Berita terkait
Lima Antivirus Terbaik untuk Smartphone Android
Namun, ada sebagian orang yang menganggap antivirus tidak berdampak pada ponselnya.
Tanpa Kartu, Apa Itu eSIM pada Smartphone
Teknologi eSIM memungkinkan ponsel tidak menggunakan kartu pada slot SIM card.
Ponsel Pintar Huawei Nova 5T Segudang Fitur Premium
Huawei Nova 5T mengandalkan empat kamera belakang dengan kamera utama 48MP bersensor Sony.
0
Khofifah: May Day Risiko Besar Penularan Covid-19
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa meminta kepada buruh untuk tidak turun ke jalan memperingati May Day Hari Buruh Internasional.