Staf Menteri BUMN Sebut Sejumlah Capaian Restrukturisasi

Staf Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan capaian kementeriannya di era kepemimpinan Erick Thohir salah satu merestrukturisasi perusahaan.
Staf Khusus Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Arya Sinulingga. (Foto: Tagar/Dok BUMN)

Jakarta – Staf Khusus Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Arya Sinulingga mengatakan sejumlah capaian kementeriannya di era kepemimpinan Erick Thohir. Salah satunya dalam merestrukturisasi perusahaan-perusahaan pelat merah yang mengalami krisis keuangan mulai dari PT Asuransi Jiwasraya (Persero) hingga PT Perkebunan Nusantara (PTPN).

Di Jiwasraya, misalnya, ia mengklaim Kementerian BUMN telah melakukan perombakan besar-besaran mulai dari membentuk holding asuransi hingga mendorong penegakan hukum terhadap para perampok perusahaan asuransi tertua di Indonesia tersebut.

"Jiwasraya yang dirampok besar-besaran kami restrukturisasi dan sekarang berhasil merestrukturisasi 94-96 persen dari para nasabah baik ritel bancassurance maupun nasabah korporasi kemudian orang yang bertanggung jawab kami adukan ke kejaksaan", ucapnya dalam diskusi bertajuk BUMN, Apa Masalah dan Solusinya, Kamis, 10 Juni 2021.


Krakatau steel yang bertahun tahun rugi terus kami restrukturisasi tahun ini untung.

 

Dalam kesempatan itu, ia juga mengatakan saat ini Kementerian BUMN juga terus mendorong agar harta kekayaan para pelaku korupsi di Jiwasraya diambil alih oleh negara.

"Sudah proses harta mereka diambil negara dan proses di pengadilan. Ada yang dihukum seumur hidup, mereka banding, ada juga yang menang sampai 20 tahun, tapi tetap kita banding sampai level atas," ucapnya.

Selain Jiwasraya, perbaikan juga dilakukan di PT Asabri (Persero) yang mengalami kerugian investasi karena kasus korupsi.

"Ini pun kami restrukturisasi. Ini kita laporkan ke kejaksaan dan kali ini pun harta mereka diambil negara. Ada tanker yang besar banget dan sebagainya ada lahan yang sampai triliun diambil juga oleh negara," ujarnya.

Tak hanya itu, Arya juga mengatakan ada pula restrukturisasi PT Krakatau Steel (Persero) yang terlilit utang hingga Rp 30 triliun hingga restrukturisasi kredit PTPN yang mencapai Rp 44 triliun.

"Krakatau steel yang bertahun tahun rugi terus kami restrukturisasi, tahun ini untung. PTPN yang seperti itu pun kami restrukturisasi dan Rp 44 triliun utang PTPN berhasil kami restrukturisasi, dan berhasil. Ini mulai longgar PTPN untuk bisa berjalan," ucapnya. []

Berita terkait
Menteri BUMN: Direksi dan Komisaris Harus Siap Diberhentikan
Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan bahwa direksi dan komisaris di BUMN harus siap untuk diberhentikan jika kinerjanya tidak sesuai dengan KPI.
BUMN RI dan China Teken Kerja Sama Terkait Pembangunan
BUMN konstruksi, PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) dan China melakukan kerja sama terkait pembangunan infrastruktur strategis di Indonesia.
Menteri BUMN Bentuk BLMI Dorong Transformasi Perusahaan
Menteri BUMN Erick Thohir membentuk BLMI bertujuan mendorong transformasi perusahaan-perusahaan negara menjadi lebih akuntabel dan profesional.
0
Umat Hindu Sikh Afghanistan Justru Terjebak di India
Umat Hindu dan Sikh Afghanistan yang pindah ke India justru kesulitan menghadapi kondisi hidup yang buruk