Vokasi Kemdikbud

Menteri BUMN Bentuk BLMI Dorong Transformasi Perusahaan

Menteri BUMN Erick Thohir membentuk BLMI bertujuan mendorong transformasi perusahaan-perusahaan negara menjadi lebih akuntabel dan profesional.
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. (Foto: Tagar/Setneg.go.id)

Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir membentuk BUMN Leadership and Management Institute (BLMI), bertujuan mendorong transformasi perusahaan-perusahaan negara menjadi lebih akuntabel, profesional dan perusahaan berkelas dunia.

"Tidak mungkin terjadi tanpa transformasi human capital-nya. Karena itu kami membangun program yang bukan ad hoc, tetapi terstruktur, menyeluruh, dan berkelanjutan, yaitu BUMN Leadership and Management Institute," ujar Erick Thohir dalam keterangan resminya, Senin, 7 Juni 2021.

BLMI merupakan sebuah pusat riset, inovasi, kolaborasi, serta pengembangan manajemen dan kepemimpinan di seluruh klaster BUMN. Nantinya, BLMI akan dikoordinir oleh Mandiri Corporate University yang juga melibatkan perguruan tinggi BUMN lain di bawah Telkom, Pertamina dan WIKA.


Tidak mungkin terjadi tanpa transformasi human capital-nya karena itu kami membangun program yang bukan ad hoc tetapi terstruktur menyeluruh.


Program ini juga didukung Forum Human Capital Indonesia (FHCI) BUMN dalam membangun peta jalan dan program pengembangan kepemimpinan mulai dari new entry level, manajer tingkat pertama sampai dengan tingkat direksi dan komisaris atau pengawas.

Fokus awal pengembangan kepemimpinan akan dimulai dari komisaris pengawas dan direksi dengan menggandeng sekolah bisnis lokal dan global terkemuka sebagai mitra.

Beberapa di antaranya seperti Indonesian Institute of Corporate Directors (IICD) untuk Onboarding Commissioner Program dan Commissioner Learning School, IPMI International Business School untuk Onboarding Directorship Program, serta INSEAD dan Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) untuk Chief Financial Officer School.

Ada pula kerja sama dengan Michigan Ross School of Business dan FHCI untuk program Chief Human Capital Officer School dan IMD Business School untuk program CEO Learning Forum.

BLMI memulai kegiatan perdana pada Januari 2021 dengan penyelenggaraan angkatan pertama Onboarding Directorship Program. Pada Rabu, 9 Juni 2021, BLMI bakal memulai secara serentak angkatan kedua Onboarding Directorship Program dan angkatan pertama Onboarding Commissioner Program.

"Ingat, tiap direksi dan komisaris tidak hanya siap diangkat, tapi harus siap belajar dan bertransformasi untuk punya kapabilitas kepemimpinan berkelas dunia, juga siap dicopot jika tidak memenuhi KPI, serta tidak sejalan dengan core values AKHLAK dan GCG," ucap Erick. []

Berita terkait
Renovasi Gedung Kementerian BUMN, Erick Thohir Minta Anggaran Rp 33,3 M
Erick Thohir meminta anggaran tambahan kementeriannya sebesar Rp 33,34 miliar. Sehingga, total pagu anggaran Kementerian BUMN 2022 Rp 244,8 miliar.
Alasan Erick Thohir Tunjuk Abdee Slank Jadi Komisaris Telkom
Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan alasannya memilih Abdee Slank sebagai Komisaris Telkom, yaitu mendorong pengembangan konten lokal pada Telkom.
Pecat Seluruh Direksi Kimia Farma Diagnostika, Begini Penjelasan Erick Thohir
Menteri BUMN Erick Thohir memecat seluruh direksi Kimia Farma Diagnostika sebagai tindak lanjut atas kasus penggunaan rapid test antigen bekas.
0
Menteri BUMN Bentuk BLMI Dorong Transformasi Perusahaan
Menteri BUMN Erick Thohir membentuk BLMI bertujuan mendorong transformasi perusahaan-perusahaan negara menjadi lebih akuntabel dan profesional.