UNTUK INDONESIA
Spesifikasi Mobil Esemka: Bima, Garuda 1, Digdaya
Bima 1.2L, Bima 1.3L, Digdaya, dan Garuda 1, ragam model purwarupa keluaran Esemka. Berikut penjelasan spesifikasi selengkapnya.
Dua orang pengendara sepeda melintas di depan pabrik perakitan mobil Esemka, PT Solo Manufaktur Kreasi di Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu, 7 September 2019. (Foto: Tagar/Padhang Pranoto)

Jakarta - Pabrik produsen mobil Esemka, PT. Solo Manufaktur Kreasi telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Jumat, 6 September 2019. 

Meski mengaku baru menjual Bima 1.2L dan 1.3L, pabrik yang bermarkas di Boyolali, Jawa Tengah, tersebut sudah memamerkan beberapa model purwarupa mereka, yakni Esemka Digdaya dan Esemka Garuda 1.

Berikut Tagar rangkum spesifikasi produk-produk mobil Esemka.

1. Bima 1.2L

EsemkaDeretan mobil Esemka Bima 1.2L  di halaman pabrik perakitan PT Solo Manufaktur Kreasi di Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu, 7 September 2019. (Foto: Tagar/Padhang Pranoto)

Bima 1.2L merupakan pick-up truck berbodi kompak yang ditujukan untuk kendaraan niaga. Mobil ini menggunakan mesin berkapasitas 1200 cc 4 silinder dengan kode 'E-Power' yang mampu mengeluarkan tenaga sebesar 97 daya kuda (dk) dan torsi sebesar 119 Nm. Mesin ini disalurkan ke roda belakang (rear wheel drive) dengan transmisi 5 percepatan.

Bima 1.2L memiliki dimensi panjang 4.560 mm, lebar 1.645 mm, dan tinggi 1.840 mm. Sementara itu, jarak sumbu roda (wheelbase) mobil ini mencapai 2.900 mm.

Pada bagian depan, mobil ini sudah mengadopsi lampu dengan teknologi proyektor meski belum memiliki lampu kabut (fog lamp). Di sisi samping, Esemka Bima 1.2L sudah menggunakan spion yang sewarna bodi. Namun, pada bagian kaki-kaki mobil ini masih menggunakan velg kaleng yang dibalut ban berukuran 175/65/R14.

Mobil yang diproyeksikan akan bersaing dengan DFSK Supercab 1.3 ini telah dilengkapi pendingin udara (AC), headunit, dan Multi-Information Display (MID).

2. Bima 1.3L

Jokowi mobil Esemka
Presiden Joko Widodo bersama Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto saat mencoba Esemka Bima 1.3. (Foto: Antara/Aloysius Jarot Nugroho)

Selain 1.2L, Esemka juga merilis Bima dengan varian 1.3L. Sesuai namanya, Bima 1.3L menggendong mesin berukuran 1.300cc yang menghasilkan tenaga sekitar 85 dk dan torsi maksimum sebesar 105 Nm. Sama seperti varian 1.2L, mobil ini juga mengusung penggerak roda belakang dan dilengkapi transmisi 5 percepatan.

Meski memiliki tenaga lebih kecil, namun Bima 1.3L memiliki tampilan yang lebih ciamik dibandingkan 1.2L. Di bagian depan, mobil ini menerapkan lampu utama berteknologi proyektor, fog lamp dan bemper sewarna bodi.

Di sisi samping, Bima 1.3L menggunakan velg kaleng berukuran 175/65/R14. Bedanya, boks bagasi di bagian belakang memiliki bentuk yang lebih tinggi. Mobil ini memiliki dimensi yang mirip dengan varian 1.2L, yakni panjang 4.560 mm, lebar 1.645 mm, dan tinggi 1.840 mm. Sementara itu, jarak sumbu roda (wheelbase) mobil ini mencapai 2.900 mm. Bedanya, Bima 1.3L memiliki kapasitas angkut yang lebih besar. Esemka mengklaim mobil ini mampu mengangkut beban seberat 1,6 ton.

3. Garuda 1

Esemka Garuda 1Mobil purwarupa Esemka Garuda 1. (Foto: Istimewa)

Esemka Garuda 1 saat ini menjadi salah satu purwarupa dan baru dalam proses perkenalan kepada publik. Mobil yang mengambil basis SUV mewah Volvo XC90 ini digadang-gadang akan menjadi rival Honda CR-V. Nissan X-Trail, Mazda CX-5, dan Wuling Almaz.

Jika merujuk pada basisnya, mobil ini mengusung mesin berkapasitas 2000cc 4 silinder yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 254 dk dan torsi sebesar 350 Nm. Mesin ini disalurkan ke roda depan dengan transmisi 8 percepatan otomatis.

Pada bagian depan, Esemka Garuda 1 menggunakan lampu proyektor dengan grill berwarna hitam. Mobil ini berkuruan bongsor dengan dimensi panjang 4.950 mm, lebar 1.923 mm, dan tinggi 1.776 mm.

Berdasarkan penelusuran Tagar, Esemka akan diplot sebagai mobil termewah Esemka dengan mengincar kalangan VVIP. Hal ini dapat terlihat dari 1 unit purwarupa Esemka Garuda 1 yang berlapis baja dengan tulisan 'Armored by Esemka' di bagian belakang.

4. Digdaya

Esemka DigdayaMobil Esemka Digdaya pernah viral karena terlihat terparkir di sebuah kawasan pemukiman di Solo beberapa waktu lalu. (Foto: Facebook/Anindya Tejo Martoyo)

Esemka Digdaya merupakan pick-up double cabin yang biasa digunakan untuk kendaraan operasional di kawasan pertambangan dan perkebunan. Sama seperti Garuda 1, Digdaya masih berbentuk purwarupa dan baru diperkenalkan kepada publik.

Esemka Digdaya disebut-sebut mengusung mesin diesel berkapasitas 2000cc yang menghasilkan tenaga 134 dk dan torsi sebesar 300 Nm. Mesin tersebut menggerakkan roda belakang dengan transmisi 5 percepatan.

Berdasarkan spesifikasi mesin, Esemka Digdaya akan bersaing dengan truk double cabin lain seperti Toyota Hillux, Mitsubishi Triton, dan Nissan Navara. []

Berita terkait
Informasi Harga dan Cara Memesan Mobil Esemka
Berapa harga mobil keluaran Esemka, produk apa saja yang sudah bisa dipesan, bagaimana cara memesan? Berikut informasi jaringan pemasarannya.
Kami Bangga Rakit Mobil Esemka
Tagar menyambangi areal pabrik tempat mobil Esemka dirakit, menemui beberapa orang untuk bertanya mengenai dampak proyek mobil swasta tersebut.
Esemka Sempat Diragukan, Jokowi: Ini Merk Kita Sendiri
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan bahwa pabrik otomotif karya anak bangsa PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) adalah merk sendiri.
0
Mantan Pemain Liga Spanyol Daftar Calon Bupati Samosir
Bule ini datang untuk mendaftar sebagai bakal calon Bupati Samosir pada Pilkada 2020 mendatang.