UNTUK INDONESIA
Soal Corona, Addie MS Ajak Masyarakat Tak Berlebihan
Musisi Addie MS mengajak masyarakat untuk tidak merespon secara berlebihan terkait temuan dua WNI terinfeksi virus corona.
Komponis Addie MS saat dibincangi di Jakarta, Senin (20/5/2019). (Foto: Antara/Lia Wanadriani Santosa)

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi mengumumkan temuan adanya dua warga negara Indonesia positif terjangkit virus corona. Menanggapi hal itu, musisi Addie MS menganjurkan masyarakat agar tidak berlebihan merespon kabar virus tersebut lantaran dinilai bakal melemahkan akal.

Addie menilai, ketakutan merupakan hal lumrah yang dialami setiap manusia ketika menanggapi peristiwa menakutkan seperti penyebaran virus corona yang sudah menjangkit dua WNI tersebut.

Namun, Ketakutan berlebih menurutnya justru akan melemahkan akal dan berpotensi membuat panik, alih-alih menyelesaikan masalah

"Ketakutan itu manusiawi, tapi masalah tidak akan bisa ditanggulangi dengan ketakutan. Ketakutan justru akan melemahkan akal kita" kata Addie kepada Tagar di Jakarta, Senin, 2 Maret 2020.

Addie mengatakan, pemerintah saat ini perlu untuk lebih aktif mengkomunikasikan perkembangan wabah virus corona, serta memberitahukan langka-langkah yang sudah dilakukan agar masyarakat dapat lebih merasa aman.

Selain itu, pemerintah juga harus aktif membagikan apa yang harus dilakukan masyarakat dalam mencegah penularannya. Addie juga berharap agar pemerintah melakukan pemeriksaan kesehatan yang ketat di setiap bandara yang ada di Indonesia.

"Pemeriksaan kesehatan di semua bandara terhadap penumpang yang baru tiba harus diperketat," ujar dia.

Pria bernama lengkap Addie Muljadi Sumaatmadja itu menuturkan, sejak awal mendengar kabar adanya wabah virus corona, ia dan keluarganya telah meningkatkan kesadaran akan kebersihan dengan lebih sering mencuci tangan menggunakan cairan hand sanitizer seperti yang ada di rumah sakit.

"Kita tetap beraktivitas saja sambil meningkatkan kesadaran akan kebersihan. Lebih sering cuci tangan. Kalau memungkinkan, pakai cairan sanitizer, seperti yg ada di rumah sakit," ucap suami Memes itu.

Baca juga: Ferdinand Hutahaean Minta Anies Hentikan Formula E

Tak hanya itu, ia juga membagikan tips lain seperti penggunaan masker yang tepat dan menjaga jarak dengan penderita flu atau batuk kurang dari dari 2 meter.

"Dari apa yang aku baca, masker lebih diperlukan untuk si penderita penyakit, bukan untuk yang sehat. Dan jaga jarak dengan penderita flu/batuk tidak kurang dari 2 meter," tutur pendiri Twilite Orchestra itu. []

Berita terkait
2 WNI Positif Virus Corona, Menkes: Jangan Khawatir
Menkes meminta masyarakat untuk tidak terlalu resah dan khawatir menanggapi kabar ditemukannya dua orang WNI yang positif terjangkit virus corona.
Menkes Terawan: Tubuh Dua Pasien Corona Tidak Panas
Menkes Terawan menyebut dua pasien WNI yang terjangkit virus corona saat ini dalam kondisi layaknya orang sehat dengan suhu tubuh yang tidak panas.
Menkes Isolasi Rumah WNI Terinfeksi Corona di Depok
Menkes Terawan memastikan rumah 2 WNI terinfeksi virus corona sudah diisolasi untuk menghindari penyebaran virus mematikan tersebut.
0
Penerapan Jaga Jarak Pedagang Pasar Bandung Tegal
Pedagang Pasar Bandung Tegal mendukung penerapan Physical Distancing yang dilakukan oleh Pemkab Tegal.