UNTUK INDONESIA
Smalling Yakin AS Roma Kembali ke Liga Champions
Bek Chris Smalling yakin AS Roma kembali berkompetisi di Liga Champions musim depan.
Bek Chris Smalling yakin AS Roma kembali berkompetisi di Liga Champions musim depan. Musim ini, klub Serie A Italia ini hanya berlaga di Liga Europa. (Foto: asroma.com)

Jakarta - Bek AS Roma Chris Smalling yakin tim kembali berkompetisi di Liga Champions musim depan. Smalling juga mengaku sudah betah menetap dan bermain di Italia sejak meninggalkan Inggris di awal musim ini. 

Roma hanya berkompetisi di Liga Europa setelah menduduki peringkat enam di Serie A Italia musim lalu. Padahal, mereka sempat masuk semifinal Liga Champions 2017-18 dengan menyingkirkan Barcelona. Musim berikutnya, Giallorossi juga berlaga di ajang sama meski hanya bertahan sampai 16 Besar. 

Musim ini, Roma harus puas berkompetisi di kasta kedua. Bahkan di penyisihan Grup J, tim asuhan Paulo Fonseca masih tertahan di peringkat tiga sehingga belum pasti lolos ke 32 Besar. 

Saya tentu merindukan United karena saya sudah bermain di sana selama bertahun-tahun

"Kami memang tidak hanya ditargetkan kembali ke Liga Champions musim depan. Namun kami harus memenangkan trofi. Dan itu yang menjadi fokus saya," kata Smalling. 

"Kami berharap bisa memenuhi target memenangkan trofi. Kita lihat saja yang bisa kami raih. Yang jelas saat ini kami sepenuhnya fokus di lapangan," ucap bek pinjaman dari Manchester United ini. 

Dipinjamkannya Smalling ke Roma memang mengejutkan karena dia merupakan pilar pertahanan The Red Devils, Namun kedatangan Harry Maguire dari Leicester City membuat Smalling tersingkir. Pasalnya, manajer Ole Gunnar Solskjaer lebih suka menduetkan Maguirre dengan Victor Lindelof. 

Smalling mengaku tetap merindukan Man United. Apalagi dirinya sudah 10 musim membela juara Liga Champions tiga kali itu. Namun bek berusia 29 ini  mengaku sudah betah bermain di Roma. 

"Saya tentu merindukan United karena saya sudah bermain di sana selama bertahun-tahun. Bahkan saya sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari tim," kata Smalling. 

"Tetapi saya juga menikmati babak baru saya. Saya berharap tetap bisa memberi pengaruh bagi tim saat berada di lapangan sehingga kami meraih sukses musim ini. Untuk saat ini saya merasa senang bermain di Italia," ujarnya. 

Smalling juga tak kesulitan menyesuaikan diri di klub baru meski belum bisa menguasai Bahasa Italia. Meski demikian, dia sudah bisa memahami apa yang disampaikan pelatih meski memakai Bahasa Italia. 

"Saya mulai bisa memahami apa yang diucapkan pelatih saat mengatakan sesuatu dalam Bahasa Italia. Saya beruntung karena ada beberapa pemain yang bisa berbahasa Inggris," kata Smalling yang mempelajari kata-kata penting terkait dengan sepak bola

Menurut dia ini sangat membantu saat dia berinteraksi dengan rekan tim saat di dalam maupun luar lapangan. Namun lebih dari itu, Smalling mengakui penampilannya bisa konsisten di liga karena keluarganya juga sudah betah menetap di Italia. 

"Saya sudah nyaman karena keluarga saya juga betah menetap di sini. Bila keluarga bahagia, saya pun bahagia dan itu terlihat di lapangan," jawabnya. 

Smalling sudah delapan kali dimainkan di Roma. Dirinya turut menjadikan pertahanan juara liga 2001 ini lebih solid. Smalling juga pernah mencetak gol saat Roma menang telak 4-0 atas Udinese di Serie A.

Saat ini, Roma masih tertahan di peringkat enam dengan poin 22. Di laga terakhir, mereka dikalahkan Parma 0-2 sehingga gagal memperbaiki posisinya. []

Berita terkait
AS Roma Kalah Lagi Karena Pemain Kelelahan
Rekor kemenangan AS Roma terhenti setelah dikalahkan Parma 0-2 di Serie A Italia, Senin 11 November 2019 dini hari WIB.
Roma Kecewa Kalah di Menit Terakhir di Liga Europa
AS Roma menelan kecewa karena kalah 1-2 secara menyakitkan dari Borussia Moenchengladbach di Liga Europa, Jumat 8 November 2019 dini hari WIB.
Kelebihan Pemain, Man United Pinjamkan Smalling
Manchester United meminjamkan Chris Smalling ke AS Roma karena kelebihan pemain di posisi bek tengah.
0
Jansen Sitindaon Adu Data Lawan Yasonna Laoly
Politikus Partai Demokrat Jansen Sitindaon berani beradu data dengan Menkumham Yasonna Laoly soal kepulangan caleg PDIP Harun Masiku.