Situs Cek Stok Vaksin Resmi Diluncurkan Kemenkes

Situs cek stok vaksin resmi diluncurkan Kementerian Kesehatan pada hari ini, Selasa, 24 Agustus 2021.
Ilustrasi (Foto: dw.com/id)

Jakarta - Situs cek stok vaksin resmi diluncurkan Kementerian Kesehatan pada hari ini, Selasa, 24 Agustus 2021.

Peluncuran situs tersebut merupakan upaya transparansi dari Kementerian Kesehatan, sehingga pemerintah daerah, dinas kesehatan hingga masyarakat dapat mengetahui data alokasi vaksin yang sebenarnya.

"Kita membuat satu upaya transparansi dengan membuka jumlah stok vaksin nasional sampai di tingkat kabupaten/kota melalui situs https://vaksin.kemkes.go.id/#/alokasi_vaksin. Situs tersebut berisi informasi mengenai vaksinasi dari Kementerian Kesehatan," kata Menkes.

Budi menjelaskan, dalam situs tersebut, terdapat beberapa kolom informasi mengenai vaksin Covid-19 salah satunya 'Stok Vaksin'.

Jika diklik, nantinya akan muncul data terkait stok vaksin di tiap kabupaten/kota, berapa yang telah digunakan dan sisanya.


Kita akan gunakan data tersebut untuk pengiriman vaksin berikutnya. Kalau daerah yang stoknya masih tinggi, tidak kita kirim.


Selain itu, terdapat pula informasi mengenai jumlah penyuntikan rata-rata di tiap daerah di minggu sebelumnya. Data itulah yang kemudian digunakan Kementerian Kesehatan untuk pengiriman vaksin selanjutnya.

"Kita juga memiliki kolom informasi data rata-rata penyuntikan vaksin per minggu. Jadi stok vaksin yang ada di daerah tertentu bisa kita translate dan kita lihat apakah stoknya aman sampai dengan 21 hari kedepan atau tidak, atau ada kota lain yang stok vaksinnya hanya sampai 5 hari saja," katanya.

"Kita akan gunakan data tersebut untuk pengiriman vaksin berikutnya. Kalau daerah yang stoknya masih tinggi, tidak kita kirim. Sedangkan untuk kabupaten dan kota yang stoknya habis akan kita kirim," ujarnya. []

Baca Juga: Menkes Terima Sumbangan 1.500 Unit Oksigen Konsentrator

Berita terkait
Menkes Usulkan Strategi Hidup Berdampingan dengan Covid-19
enkes Budi Gunadi Sadikin mengusulkan tiga strategi hidup berdampingan bersama epidemi Covid-19 dengan tujuan untuk menyeimbangkan kehidupan.
Menkes Optimis Mampu Capai Target Turunkan Stunting 2024
Menkes Budi Gunadi Sadikin optimistis Indonesia mampu mencapai target penurunan angka kasus stunting pada tahun 2024 mendatang.
RI Butuh 400 Juta Dosis Vaksin, Kata Menkes
Untuk itu, pemerintah telah melakukan berbagai kerjasama baik secara multilateral, bilateral, hibah hingga business to business.
0
Situs Cek Stok Vaksin Resmi Diluncurkan Kemenkes
Situs cek stok vaksin resmi diluncurkan Kementerian Kesehatan pada hari ini, Selasa, 24 Agustus 2021.