UNTUK INDONESIA
Siswa SMP di Simalungun Tewas Tenggelam di Silalahi
Jasad siswa SMP Santa Fransiskus Saribudolok, Kabupaten Simalungun, Emerson ditemukan di dasar danau dalam kondisi meninggal dunia.
Jenazah siswa SMP Santa Fransiskus Saribudolok, Kabupaten Simalungun, Emerson Thefinus Barus saat disemayamkan di Puskesmas Silahisabungan, Dairi. (Foto: BPBD Dairi/Tagar/Robert Panggabean)

Dairi - Liburan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Santa Fransiskus Saribudolok, Kabupaten Simalungun di Pantai Pulo Paropo, Silalahi, Kecamatan Silahisabungan, Dairi berakhir petaka. Seorang siswa bernama Emerson Thefinus Barus, 13 tahun, tewas tenggelam, Minggu 23 Februari 2020.

Kepala Pos Polisi Silalahi, Aiptu M Munthe menjelaskan Emerson meninggal saat berenang bersama temannya di pantai kawasan Danau Toba tersebut. Berdasarkan keterangan teman korban, Kristianta Ginting, sebelumnya Emerson telah diperingatkan untuk tidak melompat.

"Berdasarkan keterangan dari temannya kalau korban bersikeras melompat meski sudah diperingatkan," ujarnya kepada Tagar saat dihubungi melalui selulernya.

Munthe menjelaskan setelah Emerson melompat, tubuh siswa kelas III itu tidak muncul kepermukaan. Melihat hal tersebut teman dan guru korban langsung melaporkan kejadian tersebut ke Kepala Desa Paropo I dan diteruskan ke Badan Penanggulangan Becana Daerah (BPBD) serta kepolisian.

Berdasarkan keterangan dari temannya kalau korban bersikeras melompat meski sudah diperingatkan.

Saat dilakukan pencarian, korban akhirnya ditemukan masih dalam kondisi hidup. Korban mengheembuskan nafas terakhir saat dievakuasi di puskesmas.

"Dari mulut dan hidung korban sudah keluar darah. Kami larikan ke puskesmas, di sana dinyatakan bahwa korban sudah meninggal," ucapnya.

Hingga pukul 18.00 Wib, jenazah Emerson masih berada di Puskesmas Silahisabungan, menunggu kedatangan pihak keluarga korban yang tinggal di Desa Barus Jahe, Kecamatan Barus Jahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Sementara staf BPBD Dairi di Silahisabungan Janwar Silalahi membenarkan adanya siswa yang meninggal karena tenggelam. Janwar mengungkapkan Emerson ditemukan tenggelam di dasar danau.

"Saat kita dapat informasi ada orang tenggelam, tidak berselang lama kami ke lokasi dan menemukan korban di dasar danau," ucapnya.

Kabar adanya siswa yang meninggal pun menjadi perhatian istri Bupati Dairi, Romi Mariani Eddy Keleng Ate Berutu. Mariani datang melihat langsung kondisi korban di Puskesmas Silahisabungan. []

Berita terkait
Dampak Pengurangan Kuota Pupuk Subsidi di Dairi
Pengurangan kuota pupuk subsidi untuk Kabupaten Dairi pada 2020 ini, dikhawatirkan akan berdampak memiskinkan para petani.
KKD Dairi Rendah, Pendapatan DPRD Berkurang
Klasifikasi kemampuan keuangan daerah (KKD) Kabupaten Dairi kategori rendah. Kondisi ini juga mengancam berkurangnya pendapatan DPRD.
40 Persen CPNS Dairi Lampaui Nilai Ambang Batas
40 persen peserta CPNS di Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, meraih nilai di atas passing grade.
0
Tingkatkan Minat Baca dan Literasi Indonesia
Tingkat baca rendah jadi alasan BBW hadir membawa bazar buku murah dan berkualitas ke Indonesia