UNTUK INDONESIA
Sinta Nuriyah dan Sekotak Kurma dari BJ Habibie
Sinta Nuriyah Wahid, istri Presiden keempat Gus Dur mengenang kebersamaan dengan Presiden ketiga BJ Habibie sebelum wafat pada 11 September 2019.
Istri almarhum Presiden keempat Republik Indonesia Gus Dur Sinta Nuriyah Wahid (tengah) menghadiri pemakaman almarhum Presiden ketiga Republik Indonesia BJ Habibie di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMP) Kalibata, Jakarta, Kamis, 12 September 2019. (Foto: Antara/Wahyu Putro A)

Jakarta - Sinta Nuriyah Wahid, istri almarhum Presiden keempat Republik Indonesia (RI) Abdurahman Wahid atau Gus Dur, turut menghadiri pemakaman Presiden ketiga RI Bacharuddin Jusuf ( BJ Habibie) di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, pada Kamis, 12 September 2019.

Sinta mengaku sempat bertemu BJ Habibie sebelum kondisinya menurun pada 1 September 2019. Saat itu, BJ Habibie mengutarakan keinginannya untuk ikut kegiatan sahur keliling.

Tak hanya bercerita, BJ Habibie juga memberikan sekotak kurma oleh pada Sinta. "Kemarin sebelum sakit yang ini saya sowan karena nyambangi pulang dari rumah sakit," ucap Sinta di TMP Kalibata, Jakarta, Kamis, 12 September 2019 seperti dilansir dari Antara.

Kenangan terakhir bersama BJ Habibie itu masih melekat dalam ingatannya. Menurut dia, BJ Habibie merupakan salah satu tokoh Indonesia yang menginspirasi, bukan hanya kecerdasan melainkan ketulusan hatinya.

"Dia orang yang tulus," tuturnya.

Baca juga: Petrus Hariyanto: Walau BJ Habibie Tidak Membebaskanku

BJ Habibie meninggal dunia pada usia 83 tahun di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta, pada Rabu, 11 September 2019. Ia dimakamkan di TMP Kalibata pada 14:00, Kamis, 12 September 2019 bersampingan dengan makam istrinya Ainun Habibie.

Selain Sinta, pemakaman BJ Habibie juga dihadiri Presiden Joko Widodo, Presiden kelima Megawati Sukarnoputri, dan Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Mantan wakil presiden juga turut hadir dalam pemakaman antara lain Try Sutrisno, Hamzah Haz, dan Boediono. []

Berita terkait
Foto: Detik-detik Pemakaman BJ Habibie
Proses pemakaman Presiden ketiga Republik Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie berlangsung sangat hikmat.
Megawati dan SBY Datang ke Pemakaman BJ Habibie
Dua Kepala Negara Tanah Air datang ke upacara pemakaman Presiden ke-3 Republik Indonesia (RI) BJ Habibie.
Video Xanana Gusmao Jenguk BJ Habibie di Akhir Hayat
Video berisi momen Presiden Timor Leste Xanana Gusmao menjenguk Presiden ke-3 RI BJ Habibie, viral di media sosial.
0
Pelajar Tewas di Danau Toba, Sekolah Abai Pengawasan?
Pihak sekolah membantah jika kematian Putri Margaretty Sinambela di Danau Toba akibat kurang pengawasan guru pendamping.