UNTUK INDONESIA
Petrus Hariyanto: Walau BJ Habibie Tidak Bebaskanku...
Eks Sekretaris Jenderal Partai Rakyat Demokratik (PRD) Petrus Hariyanto turut berduka dengan meninggalnya Presiden ketiga RI BJ Habibie.
Peti jenazah BJ Habibie saat tiba di Taman Makam Nasional Kalibata. (Foto: Tagar/Rommy Yudhistira)

Jakarta - Eks Sekretaris Jenderal Partai Rakyat Demokratik (PRD) Petrus Hariyanto turut berduka dengan meninggalnya Presiden ketiga Republik Indonesia Bacharuddin Jusuf (BJ Habibie). Petrus yang pernah menjadi narapidana politik (Napol) PRD kala itu, mengenang sosok Habibie semasa hidup.

"Walau aku yang saat itu napol PRD yang tidak dibebaskan oleh Presiden BJ Habibie, aku sedih atas wafatnya beliau," ujarnya dalam pesan Whatsapp, Kamis, 12 September 2019.

Habibie yang menjadi presiden di masa transisi memang tak membebaskannya dari 'cap Napol'. Namun, Habibie yang menjadi presiden di masa transisi reformasi tetap membuatnya kagum.

"Aku dan kawan-kawan berhadapan dengan rezim yang kami anggap boneka orba. BJ Habibie menjawab gerakan oposisi dengan beberapa karya politik keterbukaannya, salah satunya kebebasan pers," tuturnya.

Apalagi, Habibie menuliskan buku berjudul "Detik-Detik Yang Menentukan. Jalan Panjang Menuju Demokrasi".

"Membawa aku lebih memberi apresiasi kepada figur beliau. Tidak mudah menjadi seperti beliau di tengah krisis situasi poitik dan ekonomi," ucap Petrus.

Baca juga: Jantung BJ Habibie Menyerah pada 18.05

Selain itu, Habibie menurutnya telah mengambil sikap tegas melawan 'pembangkangan' Prabowo Subianto yang kala itu merupakan Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) berpangkat letnan jenderal.

"Presiden Habibie berani memerintahkan Jendral Wiranto agar jabatan Prabowo diganti. Seperti yang kita saksikan, pada kisah selanjutnya Prabowo juga dipecat dari TNI karena dianggap terlibat penculikan aktivis '98 (sebagian teman-temanku di PRD)," ujar dia.

Petrus bersedih, idolanya dan jutaan anak Indonesia semasa kecil, yang dijuluki sebagai orang terpandai di Indonesia tutup usia.

"Selamat jalan BJ Habibie. Purna sudah tugasmu di dunia," ucapnya. []

Berita terkait
Foto: Detik-detik Pemakaman BJ Habibie
Proses pemakaman Presiden ketiga Republik Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie berlangsung sangat hikmat.
Video Xanana Gusmao Jenguk BJ Habibie di Akhir Hayat
Video berisi momen Presiden Timor Leste Xanana Gusmao menjenguk Presiden ke-3 RI BJ Habibie, viral di media sosial.
Megawati dan SBY Datang ke Pemakaman BJ Habibie
Dua Kepala Negara Tanah Air datang ke upacara pemakaman Presiden ke-3 Republik Indonesia (RI) BJ Habibie.
0
Rose Blackpink Bareng Fan Chengcheng, Netizen Heboh
Fan Chengcheng membagikan foto bersama Rose Blackpink lewat akun Instagram pribadinya pada Jumat, 7 November 2019 membuat warganet heboh.