Simak, 7 Tips Memulai Bisnis Kosmetik bagi Pemula

Memiliki wajah cantik, idaman semua wanita di dunia. Namun sayangnya, untuk merealisasikan kenyataan tersebut, tidaklah mudah.
Kosmetik (Foto: Tagar/Pexels)

Jakarta - Wanita dengan kosmetik bagaikan bunga dengan kupu kupu yang tidak terpisahkan. Hal ini wajar, mengingat naluri perempuan adalah selalu tampil cantik. Apalagi ketika di depan publik, pasti tampilan menarik adalah harga mati. Karena itulah bisnis kosmetik akan terus progresif selama masih ada kaum perempuan.

Memiliki wajah cantik, idaman semua wanita di dunia. Namun sayangnya, untuk merealisasikan kenyataan tersebut, tidaklah mudah. Bahkan, tidak sedikit perempuan yang mengeluarkan biaya puluhan juta rupiah demi mendapatkan kecantikan luar biasa. Inilah alasan mengapa bisnis kosmetik menguntungkan.

Dapat disimpulkan bahwa bisnis kosmetik adalah pekerjaan yang bagus untuk dilakukan. Maka dari itu, berikut ini tujuh tips bisnis kosmetik bagi pemula, yaitu:


1. Konsep Usaha

Untuk membangun bisnis, konsep usahanya harus jelas. Begitu juga dengan menjual kosmetik. Penting bagi Anda untuk membangun usaha dengan fundamental yang jujur dan berorientasi pada pelanggan.

Anda harus menentukan bagaimana bentuk bisnis yang akan dijalankan. Apakah dalam bentuk agen, waralaba, membangun perusahaan inti atau sekadar membuka stand kosmetik di pameran-pameran.


2. Persiapkan Modal Usaha

Salah satu hal awal yang disiapkan saat membangun usaha adalah modal usaha. Baik modal untuk memesan produk ke perusahaan atau pedagang besar, maupun modal membangun lapak beserta perabotnya. Modal operasional adalah modal pendukung yang harus juga diperhatikan. Seperti biaya untuk gaji karyawan, biaya listrik dan sewa toko jika berjualan secara offline.


3. Target Pasar

Cara bisnis kosmetik yang kedua adalah tentukan target pasar. Kalau perlu, catat siapa saja konsumen yang akan menjadi sasaran produk. Ini sangat penting, karena tidak hanya terkait dengan ketepatan produk dengan pelanggan tetapi juga mempermudah untuk memesan produk tertentu kepada perusahaan sesuai dengan usia, jenis kulit dan merek kosmetik favorit dari pelanggan yang menjadi sasaran.

Contohnya, Anda juga bekerja sama dengan salon kecantikan untuk menempelkan poster, membagikan flyer, atau meminta pemilik salon untuk merekomendasikan produk Anda dengan sistem bagi hasil.


4. Cari Tempat Usaha yang Strategis

Jika ingin berdagang secara offline, pastikan toko kosmetik yang dibangun terletak di lokasi yang strategis. Yang terpenting adalah areanya berdekatan dengan ruang publik yang ramai didatangi kaum hawa seperti di mall, butik, salon kecantikan dan lain-lain.

Lokasi ini sangat penting bagi bisnis kosmetik. Karena peluang produk laris sangat besar dibandingkan menjualnya di lokasi sepi pengunjung. Apalagi di tempat yang sebagian besar tamunya adalah pria. Seperti wahana fitness, rental game console, warnet dan lain-lain.


5. Pastikan Kualitas Kosmetik Terbaik

Kosmetik adalah produk yang langsung bersentuhan dengan kulit. Apalagi make up. Sehingga efek samping kesehatan terkadang muncul. Ini yang ditakutkan perempuan ketika membeli sebuah kosmetik.

Maka dari itu, untuk yang ingin berbisnis kosmetik, pastikan produk yang dipajang memiliki kualitas tinggi dan baik. Tidak hanya itu, bahannya juga harus aman dan tidak merusak kulit. Anda bisa membaca efek samping menggunakan kosmetik murah dan ilegal melalui link ini.


6. Usaha Kosmetik Online Di Rumah

Cara berbisnis kosmetik yang bagus di jaman ini adalah berjualan secara online. Kelebihannya adalah tidak perlu mengeluarkan modal untuk membangun toko. Namun, pelanggan yang disasar jauh lebih besar.

Caranya adalah dengan memasarkan produk yang ada di rumah melalui media sosial. Jika ada yang memesan, pedagang tinggal mengirimkan barang tersebut ke alamat yang bersangkutan.


7. Pemasaran yang Efektif

Tips berbisnis kosmetik yang tidak boleh dilupakan adalah lakukan promosi maksimal. Pedagang tidak boleh malas upload produk di You Tube, Facebook, Marketplace, blog dan sebagainya. Karena dengan aktivitas ini, produk yang dijual akan dikenal banyak orang. Anda bisa juga menggunakan jasa endorsement melalui instagram, untuk tips dan triknya.

Demikian tujuh tips bisnis kosmetik bagi pemula . Untuk memudahkan pengelolaan keuangan dan pembukuan dalam bisnis kosmetik yang akan Anda bangun, Anda bisa menggunakan software akuntansi. Gunakanlah software akuntansi yang memiliki fitur terlengkap dan harga terjangkau untuk bisnis yang baru Anda rintis, karena bisnis yang baru dibangun biasanya memiliki modal operasional yang ketat.[]


(Fiona Renatami)

Baca Juga:

Berita terkait
Cara Pakai Setrika Wajah Tanpa Harus ke Klinik Kecantikan
Setrika wajah merupakan alat perawatan wajah yang memanfaatkan gelombang Radio Frequency untuk meningkatkan kolagenisasi. Ini cara pakainya.
11 Imigran yang Mengubah Wajah Dunia
Mereka terpaksa meninggalkan kampung halaman, tapi, di Tanah Air baru mereka, para imigran ini mengubah wajah dunia
Facebook Setop Sistem Pemindai dan Fitur Pelacakan Wajah
Facebook akan menghapus sistem pemindai wajah dan juga fitur pelacakan wajah (faceprints) dari lebih 1 miliar penggunanya
0
Simak, 7 Tips Memulai Bisnis Kosmetik bagi Pemula
Memiliki wajah cantik, idaman semua wanita di dunia. Namun sayangnya, untuk merealisasikan kenyataan tersebut, tidaklah mudah.