Sikap Politik Iran Tegaskan Tetap Bersama Rakyat Afghanistan

Di bagian akhir pernyataannya, jubir Iran mengatakan, kami akan membantu kelompok-kelompok Afghanistan membangun perdamaian abadi di negara ini.
Juru bicara Kementerian Luar Negeri Republik Islam Iran Saeed Khatibzadeh. (Foto: Dok. Pars Today)

Jakarta - Juru bicara Kementerian Luar Negeri Republik Islam Iran Iran Saeed Khatibzadeh mengatakan, Iran telah dan akan tetap bersama dengan rakyat Afghanistan untuk membangun perdamaian dan stabilitas di negara ini.

Hal itu ditegaskan Khatibzadeh dalam jumpa pers mingguan di Tehran pada hari Senin, 6 September 2021, ketika menyinggung perkembangan di Afghanistan.

Dia menuturkan, Wakil Khusus untuk Urusan Afghanistan dan Kementerian Luar Negeri negara-negara tetangga telah menghubungi Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir-Abdollahian untuk menjelaskan pandangan dan pendapat mereka.

"Iran membantu membangun keamanan di Afghanistan berdasarkan kerangka dan kemauan rakyat negara ini," kata Khatibzadeh.

Jubir Kemlu Iran lebih lanjut menyinggung upaya Taliban untuk mengambil alih Lembah Panjshir di Afghanistan. Dia mengatakan, serangan yang paling keras tadi malam dikecam dan gugurnya para pemimpin Afghanistan juga sangat disayangkan.

Khatibzadeh menuturkan, keterlibatan asing sedang ditinjau dan semua orang harus tahu bahwa sejarah Afghanistan telah menunjukkan bahwa intervensi asing tidak memiliki hasil apapun kecuali kegagalan.

Jubir Kemlu Iran lebih lanjut menggambarkan rakyat Afghanistan sebagai sangat bersemangat dan menuntut kemerdekaan.

"Intervensi asing dikecam. Panjshir harus diselesaikan melalui jalur politik, negosiasi dan mediasi. Tidak seorang pun boleh membiarkan jalan ini mengarah pada perang saudara. Taliban harus memenuhi komitmennya. Laporan yang kami miliki tentang pengepungan Panjshir, pemadaman listrik, membuat penduduk menjadi kelaparan, dan lain-lain, bertentangan dengan hukum internasional," tambahnya.

Khatibzadeh menandaskan, Iran melakukan segala upaya untuk mengakhiri penderitaan rakyat Afghanistan dan mendorong pembentukan pemerintahan yang inklusif.


Iran membantu membangun keamanan di Afghanistan berdasarkan kerangka dan kemauan rakyat negara ini.


"Saya ingin mengingatkan secara serius bahwa semua garis merah harus diperhatikan. Iran mengikuti perkembangan di Afghanistan dengan cermat. Lembaga-lembaga internasional bersama dengan negara-negara di kawasan memiliki tugas untuk memastikan perdamaian dan stabilitas di Afghanistan," tegasnya.

Di bagian akhir pernyataannya, jubir Iran mengatakan, kami akan membantu kelompok-kelompok Afghanistan membangun perdamaian abadi di negara ini.

"Seperti yang dikatakan Rahbar (Pemimpin Besar Revolusi Islam Iran Ayatullah al-Udzma Sayid Ali Khamenei), perilaku pemerintah masa depan dan kelompok-kelompok yang berkuasa akan menentukan perilaku Iran dan negara-negara internasional terhadap mereka. Semakin mereka bertanggung jawab, maka mereka akan semakin menerima respon yang tepat dari kalangan internasional, negara-negara di kawasan dan Iran," pungkasnya.[]

Baca Juga:

Berita terkait
Taliban Klaim PBB Janjikan Bantuan untuk Warga Afghanistan
Menurut Shaheen, Taliban meyakinkan delegasi PBB tentang kerja sama dan penyediaan fasilitas yang dibutuhkan.
Gedung Putih Janji Akan Keluarkan Warga AS dari Afghanistan
Seorang pejabat tinggi Gedung Putih janji akan temukan cara untuk mengeluarkan warga Amerika yang masih berada di Afghanistan
Paus Fransiskus Doakan Warga Afghanistan dan Korban Badai di AS
Paus Fransiskus mendorong negara-negara di dunia untuk menampung pengungsi Afghanistan yang mencari kehidupan baru
0
Sikap Politik Iran Tegaskan Tetap Bersama Rakyat Afghanistan
Di bagian akhir pernyataannya, jubir Iran mengatakan, kami akan membantu kelompok-kelompok Afghanistan membangun perdamaian abadi di negara ini.