UNTUK INDONESIA
Setelah Jiwasraya, Benny Tjokoro Terseret Asabri?
Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga tak mau menanggapi dugaan keterlibatan Dirut PT Hanson International Benny Tjokrosaputro di Asabri.
Direktur Utama PT Hanson International Tbk (MYRX) Benny Tjokrosaputro berjalan meninggalkan gedung bundar Kejaksaan Agung usai diperiksa sebagai saksi di Jakarta, Senin, 6 Januari 2020. (Foto: Antara/Nova Wahyudi)

Jakarta - Staf Khusus Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Arya Sinulingga tak mau menanggapi dugaan keterlibatan Direktur Utama PT Hanson International Tbk Benny Tjokrosaputro pada kasus dugaan korupsi mencapai Rp 10 triliun di PT Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia atau Asabri (Persero).

"Saya tidak mau berkomentar dulu untuk yang itu," tutur Arya melalui sambungan telepon di Jakarta, Selasa, 14 Januari 2020.

Arya mengatakan saat ini kementerian yang dipimpin oleh Erick Thohir itu masih fokus pada kasus dugaan tindak pidana korupsi pengelolaan keuangan dan dana investasi PT Asuransi Jiwasraya (Persero).

Apalagi, Erick kata dia ingin melakukan penyehatan di perusaah pelat merah tersebut. "Kita dorong teruslah agar prosesnya berjalan dengan baik," ucapnya.

Baca juga: Benny Tjokro Tersangka Jiwasraya, Keberhasilan BPK?

Selain ditetapkan sebagai tersangka kasus tindak pidana korupsi pengelolaan keuangan dan dana investasi Jiwasraya, nama Benny juga disebut-sebut terlibat dalam pusaran dugaan kasus korupsi di Asabri.

Kasus dugaan korupsi di Asabri awalnya diungkap oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md, Jumat, 10 Januari 2020. Namun, hingga saat ini Mahfud belum mengumumkan secara resmi bagaimana kasus dugaan korupsi di sana.

Karena kata dia, perlu validasi sebelum diumumkan secara resmi apakah modus dan pelaku di Asabri sama atau tidak dengan modus dan pelaku di Jiwasraya. Salah satunya menemui Menteri BUMN Erick Thohir.

"Tunggu saja," ujarnya di Yogyakarta, Selasa, 14 Januari 2020.

Sementara itu, menindak lanjuti dugaan korupsi Asabri Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mulai bergerak menelusuri laporan keuangan Asabri. Diperkirakan kerugian investasi berkisar antara Rp 10 triliun hingga Rp 16 triliun. []

Berita terkait
Respons Erick Thohir Eks Dirut Jiwasraya Tersangka
Menteri BUMN Erick Thohir menilai penetapan tersangka eks Dirut Jiwasraya Hendrisman dan empat orang lainnya tindakan penting Kejaksaan Agung.
Eks Dirut Jiwasraya Hendrisman Rahim Jadi Tersangka
Dua mantan pimpinan PT Asuransi Jiwasraya jadi tersangka kasus korupsi.
Moeldoko: Saat Saya Panglima tak Ada Masalah Asabri
Moeldoko memaparkan mekanisme iuran pembayaran yang dilakukan oleh para prajurit. Dan menurut dia, di eranya tak ada persoalan.
0
Data Bansos Dampak Covid-19 Kemensos di Bantul Kacau
Lurah di Bantul, Yogyakarta, dipusingkan data penerima bansos dampak Covid-19 dari Kemensos.