Sertifikat Vaksin Covid-19 Berisi Data Pribadi Jadi Bungkus Gorengan

Netizen khawatir jika ada orang tak bertanggungjawab memanfaatkan data pribadi yang terlihat jelas dalam sertifikat vaksin Covid-19 itu.
Serifikat Vaksinasi Covid-19 jadi kertas pembungkus gorengan. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Sertifikat vaksin Covid-19 yang berisi data pribadi di Kota Bandung menjadi bungkus gorengan menjadi pembicaraan hangat di Twitter

Awalnya, Seorang netizen di akun twitter @AdityaJuandita mengunggah sebuah foto yang mempelihatkan sertifikat vaksin Covid-19 jadi bungkus gorengan.

Kejadian sertifikat vaksin Covid-19 jadi bungkus gorengan ini, diketahui terjadi di Kota Bandung.

"Sertifikat vaksin udah jadi bungkus gorengan gini, jadi khawatir, jangan jangan data pribadi kita emang gak seaman ini," cuit @AdityaJuandita, Sabtu 13 November 2021.

Dari foto yang diunggahnya, terlihat sebuah sertifikat vaksin Covid-19 atas nama warga yang telah divaksinasi lengkap dengan alamat lengkap, nomor telepon, NIK dan lokasi vaksinasi.

Melihat hal itu, para netizen itu pun mengaku khawatir, jika ada orang tak bertanggungjawab memanfaatkan data pribadi yang terlihat jelas dalam sertifikat vaksin Covid-19 itu.

"Sertifikat vaksin udah jadi bungkus gorengan gini. Jadi khawatir, jangan jangan data pribadi kita emang gak seaman ini," ujar pemilik akun @aditbrodit.

Dikonfirmasi secara terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung Ahyani Raksanagara mengimbau masyarakat untuk menyimpan sertifikat vaksin dengan baik. Ahyani juga memastikan pihak penyelenggaran menyimpan data peserta vaksin dengan baik.

"Kalau dari saya tanggapannya. Masyarakat menyimpan kartu dengan baik. Penyelenggara menyimpan data," kata Ahyani kepada awak media, Sabtu, 13 Oktober 2021.

Ahyani menuturkan, kartu tanda vaksin diserahkan kepada masyarakat yang telah melakukan vaksinasi dosis pertama atau pun dosis kedua. Pihaknya juga mengimbau masyarakat untuk menyimpan data pribadi dengan baik.

Dinkes Kota Bandung mencatat angka vaksinasi Covid-19 dosis pertama sudah mencapai 96.41 persen atau 1.882.274 orang dan dosis kedua 1.584.559 orang atau 81.16 persen. Total target sasaran vaksinasi Covid-19 mencapai 1.952.358 orang di Kota Bandung. []


Baca Juga


Berita terkait
Vaksinasi Anak Usia 6-12 Tahun Akan Dilakukan pada 2022
Untuk vaksinasi anak yang direncanakan pada 2022, diperlukan pengadaan baru untuk memenuhi kebutuhan 58,7 juta total dosis vaksin.
300 Juta Dosis Target Vaksinasi Covid-19 di Akhir Tahun 2021
Pemerintah terus mengakselerasi pelaksanaan vaksinasi nasional, di penghujung tahun 2021, cakupan vaksinasi mencapai 300 juta dosis
Pemerintah Terus Intensifkan Vaksinasi, 3M dan 3T
Menko PMK) Muhadjir Effendy menegaskan pemerintah tetap waspada meskipun saat ini situasi pandemi Covid-19 di Tanah Air telah membaik
0
Sertifikat Vaksin Covid-19 Berisi Data Pribadi Jadi Bungkus Gorengan
Netizen khawatir jika ada orang tak bertanggungjawab memanfaatkan data pribadi yang terlihat jelas dalam sertifikat vaksin Covid-19 itu.