UNTUK INDONESIA
Seorang Pedagang Keliling di Siantar Positif Corona
Seorang wanita yang berprofesi sebagai pedagang keliling di Pematangsiantar dinyatakan positif corona.
Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Pematangsiantar Daniel Siregar. (Foto: Tagar/Anugerah Nasution)

Pematangsianyar - Kasus positif Covid-19 kembali ditemukan di Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara, setelah satu warga Kecamatan Siantar Utara terkonfirmasi terpapar corona lewat uji swab yang keluar pada Minggu, 3 Mei 2020.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Pematangsiantar, Daniel Siregar dalam keterangan pers, Minggu, 3 Mei 2020 malam, mengatakan satu orang positif adalah pasien dalam pengawasan (PDP) yang tengah dirawat di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik Kota Medan.

Kata Daniel, yang bersangkutan merupakan pedagang keliling yang berdomisili di Kelurahan Martoba, Kecamatan Siantar Utara. Saat ini gugus tugas tengah melakukan tracing atau menelusuri orang yang pernah kontak erat dengan pasien.

Kami memantau di sejumlah tempat dan rumah ibadah seperti gereja dan masjid masih banyak yang berkumpul

"Yang bersangkutan adalah perempuan berumur lima puluhan dan bekerja sebagai pedagang keliling. Karena yang bersangkutan adalah pedagang keliling potensi penyebarannya lebih luas. Karenanya kami mohon dengan sangat agar masyarakat tetap di rumah," kata Daniel.

Saat ini menurut Daniel, aktivitas masyarakat semakin ramai dan tidak mematuhi protokoler kesehatan pemerintah. Daniel menyinggung soal ramainya warga yang berkerumun di sejumlah titik di Kota Pematangsiantar.

"Hal ini menunjukkan corona di Siantar belum usai. Kami memantau di sejumlah tempat dan rumah ibadah seperti gereja dan masjid masih banyak yang berkumpul. Kami tidak bosan-bosannya mengimbau agar kita ibadah di rumah seperti yang sudah kita sepakati bersama," ujar Daniel.

Dia menyebut kasus di Kota Pematangsiantar, sebanyak 192 orang dalam pemantauan dan 5 pasien dalam pengawasan, 3 orang tanpa gejala dan 1 orang dinyatakan positif Covid-19. Sebelumnya 11 orang reaktif rapid test telah dinyatakan negatif lewat uji swab, sementara 3 orang dinyatakan sembuh. []

Berita terkait
Forum Senior GMKI Siantar Bagi Sembako dan Masker
Forum Senior Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (FS GMKI) Pematangsiantar-Simalungun menggelar aksi pembagian ratusan paket sembako dan masker.
Sekda Siantar Mengakui DAU Dipotong Rp 15 Miliar
Menteri Keuangan telah memotong DAU Kota Pematangsiantar sebesar 35 persen akibat tak mengirimkan refocusing APBD.
Pandemi Covid, Siantar Man Bagi Ribuan Paket Sembako
Masyarakat Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara, di perantauan menyalurkan ribuan paket sembako di tengah pandemi Covid-19.
0
Dua Lakalantas Terjadi dalam Sehari di Bulukumba
Kecelakaan kembali terjadi di Bulukumba, kali ini melibatkan roda empat dan roda dua menyebabkan pengemudi roda dua luka berat.