UNTUK INDONESIA
Pandemi Covid, Siantar Man Bagi Ribuan Paket Sembako
Masyarakat Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara, di perantauan menyalurkan ribuan paket sembako di tengah pandemi Covid-19.
Mayjend (Purn) Sumiharjo Pakpahan perwakilan SMC didampingi Suhanto Pakpahan berfoto bersama usai Memberikan bantuan kepada warga, Rabu, 29 April 2020. (Foto: Tagar/Istimewa).

Pematangsiantar - Masyarakat Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara, di perantauan yang tergabung dalam Siantar Man Club (SMC), menggelar aksi sosial di tengah pandemi Covid-19. 

Kegiatan kemanusiaan di bawah kepemiminan Ketua Umum Fey boru Nainggolan dan Penasehat Prof DR Otto Hasibuan, itu menyalurkan ribuan paket sembilan bahan pokok (sembako) kepada warga yang paling merasakan dampak wabah.

"Kami ingin ikut membantu masyakarat yang terdampak akibat virus corona ini," tutur salah seorang utusan SMC Mayjen (Purn) Sumiharjo Pakpahan, Rabu, 29 April 2020.

Dikatakannya, sembako yang didsitribusikan ke warga terdampak di Kota Pematangsiantar sebanyak 1.350 paket. 

"Karena pemerintah melarang berkumpul, maka teknik penyalurannya menggunakan tiga mobil untuk mengantarkan paketnya dari rumah ke rumah. Itu yang paling efektif," paparnya.

sembako siantarmanSalah seorang warga Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara, yang menerima paket sembako, Rabu, 29 April 2020. (Foto: Tagar/Istimewa)

Panitia SMC, kata dia, sebelumnya sudah melakukan pendataan keluarga yang layak mendapat bantuan. Penyaluran bantuan dikoordinir anggota DPRD Pematangsiantar Suhanto Pakpahan.

Kita juga jangan lupa berdoa agar wabah ini segera selesai

"Kami belum bisa membantu seluruh masyarakat Siantar. Kami prioritaskan yang paling berhak dulu untuk mendapatkannya. Tentunya, ini kita harapkan dapat membantu masyarakat yang layak menerimanya. Semoga bermanfaat," terangnya.

Sumiharjo berpesan agar masyarakat tetap mengikuti anjuran pemerintah. Menjaga jarak dimana pun berada, di rumah saja untuk sementara dan rajin mencuci tangan.

"Itu untuk memutus penyebaran virus corona ini. Jangan lupa pakai masker kalau keluar rumah. Sebab, kalau tidak pakai masker, kita rentan tertular atau jadi orang yang menularkan virus," ucap Sumiharjo.

Ia berharap, dengan mengikuti anjuran pemerintah, pandemi Covid-19 ini segera berakhir. "Kita juga jangan lupa berdoa agar wabah ini segera selesai," kata dia.

Suhanto Pakpahan selaku penanggung jawab pengadaan, pendataan, dan penyaluran bantuan, juga menyerahkan bantuan kepada Melva Damanik selaku koordinator pendistribusian sembako kepada para pekerja informal, seperti sopir angkot, tukang parkir dan lain sebagainya. []

Berita terkait
Komplotan Rampok asal Siantar Dibekuk di Simalungun
Komplotan perampok asal Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara, dibekuk Kepolisian Sektor Bangun, Polres Simalungun.
Emak-emak di Siantar Menjerit Tak Mendapat Sembako
Emak-emak di Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara, menjerit karena tak dapat bantuan di tengah pandemi Covid-19.
Jeritan Parbetor Siantar di Tengah Pandemi Covid-19
Parbetor di Kota Pematangsiantar merasakan pukulan telak dengan pandemi Covid-19. Penghasilan mereka menurun drastis.
0
Liburan Panjang Momentum Ekonomi Yogyakarta Bangkit
Liburan panjang diprediksi wisatawan membanjiri Yogyakarta. Hal itu diharapkan mendongkrak perekonomian DIY yang terpuruk akibat pagebluk.