UNTUK INDONESIA
Sempat Kejar-kejaran, Warga Hajar Pencuri Helm di Sleman
Sempat diwarnai kejar-kejaran saat menangkap pencuri helm di Sleman, Yogyakarta. Setelah tertangkap dihajar ramai-ramai oleh warga.
Postingan pencurian helm yang tertangkap di Sleman. (Foto: Tangkap layar Facebook)

Sleman - Seorang terduga pencuri helm menjadi bulan-bulan warga di Sleman, Yogyakarta. Penangkapan terduga ini diwarnai aksi kejar-kejaran menggunakan sepeda motor di wilayah Caturtunggal, Sleman. Informasi yang diperoleh, kendaraan terduga terhenti setelah seorang satpam hotel menendang motornya kala melintas di Jalan Kaliurang Kilometer 5,6.

Kabar penangkapan terduga pelaku beredar di Grup Facebook Info Cegatan Jogja. Peristiwa terjadi pada Rabu, 21 Oktober 2020 sekitar pukul 16.00 WIB. Pada narasi pengunggah bertulis “Maling Helm ketangkep di jakal KM 6. Abis kah kau jadi sarung tinju”.

Rupanya terduga tidak hanya sekali melakukan pencurian helm. Di kolom komentar pada postingan tersebut juga meng-upload kejadian pencurian helm dengan ciri-ciri yang sama, salah satunya motor yang digunakan dengan plat nomor yang sama, AB 2252 RQ.

Baca Juga:

Sementara itu, seorang karyawan toko di sekitar Tempat Kejadian Perkara (TKP) Somad, 40 tahun, membenarkan adanya kejadian tersebut. Warga menangkap seorang pria yang diduga sebagai pelaku pencurian helm. “Iya betul ada maling helm ketangkap di sini Rabu sore kemarin. Langsung diamankan polisi,” kata Somad kepada wartawan di tempat kerjanya, Kamis, 22 Oktober 2020.

Somad mengatakan, awalnya melihat tiga pengendara motor yang datang dari arah utara menuju selatan sembari berteriak maling-maling. Mereka sedang mengejar seorang pengendara motor beat warna hitam yang melaju cukup kencang.

Awalnya pelaku lari dari utara ke selatan tapi enggak ketangkap. Tiba-tiba balik lagi ke utara melintas ke sini kemudian di tendang oleh satpam hotel, jatuh.

Sesaat kemudian, ia mendengar suara pengendara jatuh ke aspal tepatnya di depan Hotel Artotel Jalan Kaliurang Kilometer 5,6. “Awalnya pelaku lari dari utara ke selatan tapi enggak ketangkap. Tiba-tiba balik lagi ke utara melintas ke sini kemudian di tendang oleh satpam hotel, jatuh,” ucapnya.

Curi helmTerduga dengan ciri-ciri yang sama sebelumnya mencuri helm di wilayah Kota Yogyakarta. (Foto: Tangkap Layar Facebook)

Terduga pelaku sebelumnya sudah diperingatkan untuk berhenti, namun tidak mengindahkan hingga akhirnya satpam hotel menendang terduga sampai jatuh dari kendaraan dan terkapar di jalan.

Sudah jatuh lalu tertimpa tangga pula. Pasalnya, warga di sekitar lokasi kejadian tak memberikan ampun kepada terduga pelaku pencurian. Terduga pelaku berakhir dimasa warga akibat perbuatannya. “Tidak sampai bonyok cuma lebam biasa si kayanya. TKP pencuriannya saya kurang tahu di mana, di sini penangkapannya saja lalu dimassa warga. Jadi yang ngejar tadi itu korbannya,” ujarnya.

Baca Juga:

Somad mengaku, bahwa terduga pelaku juga mengakui perbuatannya sudah mencuri helm. Polsek Bulaksumur turut mengamankan terduga pelaku untuk diproses lebih lanjut. “Dia ngaku kalau sudah mencuri helm. Kemudian langsung dibawa petugas kepolisian Bulaksumur,” katanya.

Saat dikonfirmasi, Kepala Unit Reserse Kriminal Poslek Bulaksumur Inspektur Satu Fendi Timur membenarkan telah mengamankan terduga pelaku pencurian helm tersebut. “Polsek Bulaksumur hanya mengatakan saja. TKP pencuriannya bukan di wilayah kami,” kata Iptu Fendi kepada wartawan saat dikonfirmasi.

Berdasarkan penuturannya, lokasi pencurian terjadi di wilayah Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Terduga pelaku merupakan warga Kota Yogyakarta.

Baca Juga:

Menurut dia terduga pelaku yang diketahui inisial HP, 29 tahun ini tidak berhasil mencuri helm. Aksi terduga pelaku saat mencuri tertangkap basah oleh korban atau pemilik helm.

“TKP pencuriannya di Depok Timur. Ketika mau membawa helm ternyata ketahuan yang punya, terus dilempar ke arah korban. Tapi korban ini justru mengejar pelaku sampai terjadi aksi kejar-kejaran dan berhenti di jakal KM 5,6,” ucap Iptu Fendi.

Iptu Fendi menambahkan, penanganan perkara selanjutnya akan diproses langsung oleh Polres Sleman. Selain di Depok Timur, terduga pelaku juga pernah beraksi di wilayah Gondomanan, Kota Yogyakarta. “Penanganan selanjutnya kami serahkan ke Polres Sleman,” ujarnya. []

Berita terkait
Pencurian Uang Jutaan di Obwis Embung Langensari Yogyakarta
Pedagang di Obwis Embung Langengsari Kota Yogyakarta kehilangan jutaan rupiah setelah digondol pembeli. Berikut ciri-ciri pelakunya.
Detik-detik Pencurian di Homestay Golden OYO Yogyakarta
Penjaga homestay di Kota Yogyakarta menjadi korban pencurian saat tertidur pulas. Detik-detik aksi pencurian terekam CCTV.
Pencurian CPU Backhoe Proyek Jalur KA Bandara di Kulon Progo
Pencurian terjadi di proyek pembangunan rel KA Bandara YIA Kulon Progo. Dua CPU dan alat lain digondol pencuri. Vendor merugi Rp 200 juta.
0
Sempat Kejar-kejaran, Warga Hajar Pencuri Helm di Sleman
Sempat diwarnai kejar-kejaran saat menangkap pencuri helm di Sleman, Yogyakarta. Setelah tertangkap dihajar ramai-ramai oleh warga.