UNTUK INDONESIA

7 Cara Merawat Helm Motor Tetap Prima

Helm, perlengkapan wajib saat mengendarai motor untuk menjaga keselamatan kalau terjadi apa-apa. Berikut tujuh cara merawat helm motor tetap prima.
Perawatan helm yang baik akan memberikan keamanan dan kenyamanan pengendara. (Foto: Tagar/unsplash)

Jakarta - Helm menjadi perlengkapan wajib saat berkendara motor untuk menjaga keselamatan pengendara. Pelindung kepala ini juga memerlukan perawatan agar fungsinya tetap optimal dan prima, serta nyaman digunakan.

Melansir laman Astra Honda Motor (AHM), Jumat, 27 November 2020, helm sebaiknya dibersihkan minimal satu bulan sekali. Jika sering dipakai, pembersihannya dapat dilakukan setiap minggu, atau segera sehabis terkena hujan.

“Dengan melakukan perawatan helm, tentunya kualitas helm akan selalu terjaga sehingga memberikan kenyamanan saat digunakan,” kata Safety Riding Manager PT Astra Honda Motor (AHM), Johanes Lucky, seperti dikutip Tagar, Jumat, 27 November 2020.

Berikut tujuh cara merawat helm motor tetap prima.


1. Bersihkan lapisan luar helm

Lapisan luar helm seperti kaca helm yang sudah kusam, bisa dibersihkan dengan kain microfiber, sampo, atau sabun khusus perawatan helm. Penggunaan kain dengan serat halus seperti microfiber dapat mencegah lecet pada helm.

2. Perhatikan pembersihan visor helm

Pembersihan visor helm penting untuk menjaga penglihatan tetap jernih selama berkendara. Pembersih kaca tidak dianjurkan untuk membersihkan visor karena mengandung amonia yang dapat merusak polikarbonat. Kerusakan ini membuat tingkat kejernihan visor helm menurun.

Disarankan menggunakan air mineral yang memiliki PH bagus, terutama untuk membersihkan visor berjenis iradium atau lapisan berwarna pelangi. Pembersihan juga dapat menggunakan cairan poles yang bahan dasarnya air (water based).

3. Gunakan cuttonbud untuk sudut helm

Membersihkan bagian helm yang sulit dijangkau seperti lubang ventilasi pada helm, dapat menggunakan cuttonbud. Ini untuk menjaga sirkulasi udara pada helm agar tidak terhalang debu atau kotoran.

4. Gunakan kain serat untuk lapisan tengah helm

Lapisan tengah helm ini cukup dilap dengan kain microfiber yang kering. Jika basah, kualitas daya redam styrofoam pada lapisan tengah helm akan menurun. Selain itu, juga berisiko mengurangi kekuatan perekat styrofoam yang menimbulkan jamur, apabila tidak segera dikeringkan.

5. Lepas lapisan dalam helm saat pembersihan

Membersihkan lapisan dalam helm yang dapat dilepas, cukup rendam dan cuci dengan lembut. Hindari penggunaan sikat karena dapat merusak kain pelapisnya. Kemudian bilas hingga bersih dan keringkan dengan cara dijemur. Penggunaan pemanas (dryer) tidak dianjurkan karena bisa merusak kualitas busa helm.

Sementara untuk lapisan dalam permanen helm, gunakan air hangat dan sampo khusus. Pembersihannya menggunakan jari tangan untuk menggosok, dengan posisi helm seperti saat digunakan. Bilas dan tekan busa helm perlahan untuk menghilangkan sisa air, lalu keringkan.

6. Teliti penyimpanan helm setelah dibersihkan

Setelah helm bersih, tutup helm dengan pelapis khusus sehingga kualitasnya terjaga dan tetap berkilau. Selain itu, untuk menjaga performa engsel, gunakan pelumas helm untuk melumasi bagian engsel helm, seperti engsel tali helm dan engsel visor.

7. Pemakaian helm yang benar

Simpan helm setelah digunakan di tempat panas, jangan langsung memasukkan ke dalam tas. Kondisi yang lembab akan menimbulkan jamur dan aroma tidak sedap. Gunakan helmet liner atau helmet cup sebelum memakai helm, untuk mengurangi jumlah keringat yang terserap lapisan dalam helm.

Perawatan di atas harus rutin dilakukan untuk mencegah dampak negatif seperti penyakit kulit. Helm juga memiliki usia pakai, sekitar 3-5 tahun. Penggunaan yang melampui usia maksimal, biasanya kaca helm akan buram dan kotor, walaupun sudah dibersihkan. Segera ganti dengan kaca helm baru.[]

(Alfina Nur Hayati)


Baca juga: Yamaha: Tips Aman Naik Motor Saat Puasa Ramadan



Berita terkait
Lima Langkah Mudah Merawat Gear dan Rantai Motor
Gear dan rantai akan mengalami penurunan kinerja seiring dengan usia pemakaian. Oleh Sebab itu, penting bagi pengguna untuk melakukan perawatan.
Lima Cara Merawat Ban Motor Agar Awet
Keberadaan ban pada motor atau mobil seringkali disepelekan oleh sebagian orang.
Tips Merawat Sepeda Motor Saat Jarang Digunakan
Saat kendaraan jarang digunakan, penting bagi pemilik untuk melakukan perawatan rutin guna menghindari kerusakan komponen sepeda motor.
0
7 Cara Merawat Helm Motor Tetap Prima
Helm, perlengkapan wajib saat mengendarai motor untuk menjaga keselamatan kalau terjadi apa-apa. Berikut tujuh cara merawat helm motor tetap prima.