UNTUK INDONESIA
Selly Andriany Gantina, Cinta untuk Disabilitas Bandung
Duduk lesehan, Selly Andriany Gantina berbincang dengan penuh cinta, mendengar keluh kesah penyandang disabilitas di Balai Wyata Guna Bandung.
Selly Andriany Gantina (tengah) duduk lesehan, berbincang dengan penyandang disabilitas di Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Sensorik Netra (BRSPDS) Wyata Guna Bandung, Sabtu, 1 Februari 2020. (Foto: Tagar/Dok Pribadi)

Bandung - Anggota Komisi VIII DPR RI, Hajah Selly Andriany Gantina berkunjung ke Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Sensorik Netra (BRSPDS) Wyata Guna Bandung, Sabtu, 1 Februari 2020. Kedatangannya guna bertemu para warga penerima manfaat, sekaligus mendengarkan langsung curahan hati mereka terkait masalah pengusiran yang sempat ramai beberapa waktu lalu.

Duduk lesehan di ruangan tempat mereka tinggal, Selly berdialog langsung mengenai keluh kesah penyandang disabilitas penerima manfaat. Ia ditemani koleganya yang juga Anggota Komisi VIII, Diah Pitaloka.

Selly menyampaikan, perubahan status panti menjadi balai adalah peningkatan layanan yang penting untuk didukung dan diawasi bersama. "Perubahan menjadi balai itu seperti perubahan dari poli menjadi universitas, tempat di mana kita bisa meningkatkan skill dan kemampuan kita untuk menghadapi masa depan.”

Kemensos sudah cukup bijak dengan mengajak kembali teman-teman disabilitas kembali ke dalam balai ini.

Melihat interaksi para penyandang disabilitas, Selly menilai, mereka memiliki potensi yang besar jika digali optimal. Terlebih dengan pendampingan yang berkualitas. "Saya seperti menemukan mutiara di sini. Saya lihat sendiri bagaimana banyak anak berbakat yang perlu didukung dengan pendampingan yang berkualitas.”

Politikus PDI Perjuangan dari daerah pemilihan (Dapil) VIII Jawa Barat ini meminta pihak balai segera merealisasikan penambahan fasilitas untuk mendukung pengembangan potensi penghuni balai. Sehingga kaum disabilitas di sana bisa berkembang dan maju.

Ia juga menyampaikan apresiasi bagi semua pihak yang sudah bersikap tenang menghadapi dinamika yang sempat panas beberapa waktu lalu. “Setelah melihat langsung, saya rasa Kemensos sudah cukup bijak dengan mengajak kembali teman-teman disabilitas kembali ke dalam balai ini.”

Politikus perempuan yang pernah menjabat Wakil Bupati Cirebon ini mengharapkan suasana kekeluargaan yang sudah terbangun di BRSPDS Wyata Guna Bandung bisa terus dijaga. “Agar memberikan rasa nyaman bagi semuanya.” []

Baca juga:

Berita terkait
Wabup Selly Janji Akan Dongkrak IPM Cirebon
Untuk itu, saya berharap ke depannya dapat membawa Kabupaten Cirebon lebih baik yaitu, IPM meningkat dan indek pembangunan kesehatan, serta pendidikannya
Gubernur Sul-Sel Komitmen Layanan Ramah Disabilitas
Sulawesi Selatan berkomitmen membangun infrastruktur yang ramah disabilitas.
Indonesia Berikan Fasilitas Setara Bagi Disabilitas
Kaum disabilitas di Indonesia memperoleh fasilitas dan hak yang setara yang disebut sebagai pemberitan negara yang dinilai progresif
0
Heboh soal Corona, Danau Toba Tetap Ramai
Kehebohan soal virus corona sepertinya tak berdampak pada tingkat kunjungan turis luar dan dalam negeri ke kawasan Danau Toba.]/.