Untuk Indonesia
Selangkah Lagi, Prancis ke 16 Besar Piala Dunia
Prancis selangkah lagi ke 16 Besar Piala Dunia Wanita 2019 setelah mengalahkan Norwegia 2-1, Kamis 13 Juni 2019 dini hari WIB.
Prancis selangkah lagi ke 16 Besar Piala Dunia Wanita 2019 setelah mengalahkan Norwegia 2-1 di pertandingan Grup A di Stadion Allianz Riviera, Kamis 13 Juni 2019 dini hari WIB. Tampak Eugenie Le Sommer merayakan gol penentu kemenangan Prancis. (Foto: dailymail.co.uk)

Jakarta - Prancis selangkah lagi lolos ke 16 Besar Piala Dunia Wanita 2019 setelah meraih kemenangan kedua di pertandingan Grup A. Dalam pertandingan di Stadion Allianz Riviera, Kamis 13 Juni 2019 dini hari WIB, Prancis menaklukkan Norwegia 2-1. 

Kemenangan ini menjadikan Prancis tetap kukuh di puncak klasemen Grup A dengan poin enam. Mereka hanya butuh imbang pada laga terakhir melawan Nigeria untuk lolos ke 16 Besar. 

Sedangkan Norwegia tertahan di peringkat dua dengan poin tiga. Sama dengan Nigeria yang berhasil bangkit dengan mengalahkan Korea Selatan 2-0, namun Norwegia unggul selisih gol.

Di laga itu diwarnai gol bunuh diri yang konyol dari bek Prancis Wendie Renard di menit 54. Renard yang mencetak dua gol di laga melawan Korsel sesungguhnya berupaya mengantisipasi bola silang Isabell Herlovsen. Bukannya membuang bola, upaya Renard justru menjadikan bola masuk ke gawang sendiri. 

Kami memang sudah melakukan apa yang seharusnya kami lakukan. Hanya, kami masih bukan tim unggulan di turnamen ini

Gol bunuh diri Renard pun menyamakan kedudukan menjadi 1-1 karena Prancis sebelumnya sudah unggul lewat Valerie Gauvin. Gol Gauvin tercipta saat dia menerima umpan silang dari Amel Majri menit 46. Dirinya sempat mengecoh bek Chelsea Maria Thorisdottir sebelum membobol gawang lawan. 

Sedangkan kemenangan Prancis ditentukan Eugenie Le Sommer yang mencetak gol dari titik penalti menit 72. Penalti diberikan setelah Marion Torrent dijatuhkan Ingrid Syrstad Engen. Hanya, wasit merasa perlu meninjau insiden itu melalui VAR sebelum memutuskannya sebagai pelanggaran dan memberikan penalti untuk Prancis. 

Laga Tidak Mudah

Pelatih Prancis Corinne Diacre mengakui timnya menghadapi laga yang tidak mudah. Apalagi Prancis tak diunggulkan saat menghadapi Norwegia yang pernah menjadi juara di Piala Dunia 1995. 

"Kami sudah memperkirakan bakal mengalami kesulitan di grup ini. Kami tidak akan menang dengan skor 4-0 lagi dan harus menaruh respek pada lawan. Pertandingan ini membuktikan kesulitan yang kami hadapi," kata Diacre.

Meski memenangkan dua pertandingan di penyisihan grup, Diacre menilai Prancis tetap bukan tim unggulan. 

"Kami memang sudah melakukan apa yang seharusnya kami lakukan. Hanya, kami masih bukan tim unggulan di turnamen ini. Perjalanan masih jauh untuk menjadikan kami sebagai tim favorit," ujarnya. 

Sementara, pelatih Norwegia Martin Sjogren mengungkapkan timnya pantas meraih poion di laga tersebut. Apalagi, Norwegia bermain bagus dan pertandingan pun berjalan seimbang. 

"Kami memang kalah. Namun kami seimbang dengan Prancis. Kami bermain bagus dan saya bangga pada pemain," kata Sjorgen yang sudah memprediksi Prancis akan mengandalkan kecepatan dan kekuatan fisik.

"Saya tidak terkejut dengan tim Prancis. Pemainnya memang cepat dan memiliki kekuatan fisik. Tetapi kami sesungguhnya pantas meraih hasil imbang 1-1," jawabnya. []

Berita terkait Piala Dunia Wanita 2019: 

Berita terkait
0
Perseteruan Nikita Mirzani dan Farhat Abbas Makin Panas
Perseteruan Farhat Abbas dan Nikita Nirzani terjadi di media sosial. Saling sindir terjadi, masing-masing memiliki argumen sendiri.