UNTUK INDONESIA
Selamat Jalan Dalang Kondang Yogyakarta, Ki Seno Nugroho
Dalang kondang Ki Seno Nugroho meninggal dunia. Diduga Ki Seno meninggal lantaran penyakit jantung.
Ki Seno Nugroho meninggal dunia. (Tagar/Facebook)

Jakarta - Kabar duka untuk penggemar wayang kulit. Dalang asal Sedayu, Bantul, Ki Seno Nugroho diberitakan meninggal dunia, Selasa, 3 November 2020, pukul 22.30 WIB. Hingga berita ini ditulis belum ada kabar resmi dari pihak keluarga atau manajemen Ki Seno mengenai hal ini.

Namun, di media sosial bertebaran informasi mengenai berpulangnya dalang yang tengah naik daun itu.

Akun Facebook Kitsie Emerson, yang dikenal sebagai doktor yang mempelajari wayang kulit, mengucapkan belasungkawa atas meninggalnya Ki Seno.

“Turut berduka cita, istirahatlah dengan damai Ki Seno Nugroho dalang kondang Yogyakarta, Ki Seno meniggal di umur 48 tahun pada malam hari ini. Ia meninggal diduga mengalami serangan jantung. Saya tidak menyangka padahal tadi siang sekitar jam 13.49, beliau ia membuat status WA yang isinya dia menjadi cover buku untuk bahasa jawa untuk se-DIY,” Tulis Kitsie dalam bahasa Inggris.

Diketaui, Ki Seno Nugroho adalah dalang muda asal Yogyakarta yang dikenal sebagai salah satu dalang pembaharu gaya pedalangan masa kini. Dalang kelahiran 23 Agustus 1972 tersebut pada dasarnya merupakan dalang dengan gaya Yogyakarta, namun dia juga sering memadukan dengan gaya dalang Solo di pementasannya.

Ki Seno Nugroho, lahir di Yogyakarta. Bisa dikatakan, saat ini Ki Seno adalah dalang wayang kulit yang memiliki banyak penggemar. Hampir setiap hari, karyanya banyak direkam atau disiarkan secara streaming melalui sejumlah akun Youtube, selalu menyedot ribuan penonton.

Mewarisi darah seni dari ayahnya, Ki Suparman yang dikenal sebagai dalang senior di Yogyakarta, Seno juga belajar mendalang di SMKI Yogyakarta. []

Baca juga: 

Berita terkait
Doa dan Makna Pentas Wayang Kulit di Kulon Progo
Dinas Kebudayaan Kulon Progo menggelar pentas wayang kulit saat Muharam, mendoakan agar pandemi segera berakhir.
Dalang Tiga Negara di Pagelaran Wayang Kulit Virtual
Dalang tiga negara tampil dalam pagelaran wayang kulit bertajuk Lakon Semar Bangun Jagat. Dalang berasal dari Indonesia, USA, Perancis.
Malam Jumat, Jokowi Nonton Wayang Dalang Perempuan
Presiden Jokowi meluangkan waktu menonton wayang kulit yang dipimpin dua dalang perempuan pada malam Jumat, Kamis malam 29 Agustus 2019.
0
November Berdarah, 3 Mayat Wanita Ditemukan di Cibinong
Satu diantaranya ditemukan tanpa busana di dalam sumur, ada yang mengapung di sungai, dan ada juga yang sudah tersisa tengkorak di dalam karung.