Selain Menyenangkan, Menyanyi Juga Menyehatkan, Loh!

Menyanyi memberikan banyak manfaat bagi kehidupan sehari-hari. Selain menyenangkan, menyanyi juga bermanfaat bagi kesehatan jasmani dan rohani.
Ilustrasi - Selain Menyenangkan, Menyanyi Juga Menyehatkan, Loh! (Foto: Tagar/Pexels/Andrea Piacquadio)

Jakarta - Seperti yang kita ketahui, mendengarkan musik merupakan salah satu cara terbaik untuk melepas stres, terlebih lagi bila Anda memberanikan diri untuk bernyanyi. Tak perlu menjadi seorang penyanyi profesional untuk dapat melantunkan sebuah lagu favorit Anda. Bernyanyilah karena hobi ini menyimpan lima rahasia yang berguna bagi kesehatan Anda!

Membuat Bahagia

Menyanyi bisa membuat mood Anda menjadi riang. Ketika menyanyi seseorang akan merasa lebih bahagia dan terlepas sejenak dari kepenatannya.

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Bagi penderita kanker, menyanyi adalah salah satu cara yang seru untuk melepas stres. Hasil penelitian memaparkan, usai bernyanyi dalam kurun waktu satu jam hormon cytokines atau sistem kekebalan tubuh meningkat drastis dan sebaliknya hormon stres atau cortisal menurun. Meskipun tidak secara langsung dapat menyembuhkan kanker, menyanyi bisa menjadi alternatif terapi yang patut dicoba.

Baik Bagi Kesehatan Jantung

Menyanyi sama dengan berolahraga, lho! Ketika menyanyi, Anda akan menggunakan teknis bernapas yang serupa dengan yoga. Aktivitas ini bagus untuk melatih denyut jantung.

Baik Bagi Penderita Asma

Selain melatih untuk mengatur denyut jantung, menyanyi dapat memperbaiki fungsi paru-paru. Sejak 2014 para peneliti berusaha membuktikan prediksi tersebut. Sejauh ini kemampuan para penyanyi dalam mengatur napas menjadi kemungkinan terbesar sistem pernapasan dan fungsi paru paru membaik.

Mempererat Hubungan

Bila Anda merasa canggung di tengah lingkungan baru, cobalah cairkan suasana dengan menyanyi. Semua orang dilahirkan untuk jatuh hati dengan musik. Hasil studi memaparkan bahwa seseorang yang terlibat dalam grup musik memiliki hubungan yang lebih erat. []


Baca juga



Berita terkait
Dunia Musik Indonesia Berduka Cita atas Kepergian Aria Baron
Aria Baron, Manajer Gigi band meninggal dunia. Tidak hanya keluarga besar Gigi band, tetapi banyak sekali musisi yang merasa kehilangan sosok Abah.
BTS Mulai Syuting Video Musik Jelang Comeback
Boy band asal Korea yang banyak digandrungi pengemar di seluruh dunia, bernama BTS dikabarkan mulai syuting video musik terbaru untuk comeback.
PDIP DKI: Live Musik Berpotensi Jadi Klaster Baru Covid-19
DPD PDIP DKI Jakarta mengatakan pembukaan live musik dikhawatirkan berpotensi menimbulkan klaster baru Covid-19 di Indonesia yang berlum mereda.
0
Sejarah Ulang Tahun Jakarta yang Diperingati Setiap 22 Juni
Dalam sejarah Hari Ulang Tahun Jakarta 2022 jatuh pada Rabu, 22 Juni 2022. Tahun ini, Jakarta berusia 495 tahun. Simak sejarah singkatnya.