Selain Mengobati Jerawat, Ini Manfaat Lain dari Tea Tree Oil

Tea tree oil menjadi salah satu produk perawatan kulit yang baik untuk mengatasi jerawat karena khasiat kandungan alaminya. Berikut manfaatnya.
Ilustrasi - Tea Tree Oil. (Foto: Tagar/ iStock)

Jakarta - Belakangan ini, dalam dunia produk kecantikan, tea tree oil menjadi salah satu produk perawatan kulit yang baik untuk mengatasi jerawat karena khasiat kandungan alaminya. 

Lalu, apa itu tea tree oil? Selain untuk mengobati jerawat, apa saja khasiat dan manfaat lain dari tea tree oil? Yuk, simak penjelasan di bawah ini.

Tea tree oil merupakan minyak esensial yang populer dalam perawatan kecantikan. Minyak ini dimanfaatkan untuk beberapa tujuan, termasuk menjaga kesehatan kulit, rambut dan kuku. Tea tree oil sendiri berasal dari daun Melaleuca alternifolia, pohon kecil asli Queensland dan New South Wales, Australia.

Tea tree oil telah digunakan sebagai obat tradisional oleh bangsa Aborigin selama berabad-abad. Daun tea tree oil dihancurkan hingga menghasilkan ekstrak minyak. Ekstrak ini kemudian dihirup untuk mengobati batuk pilek atau dioleskan langsung ke kulit untuk penyembuhan.

Minyak yang diekstraksi pertama kali dari pohon teh Australia ini banyak dikenal dan dimanfaatkan sebagai kandungan produk yang ampuh untuk meredakan dan menghilangkan jerawat, bahkan, yang sudah parah. Berikut manfaat lain dari tea tree oil yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber.


1. Sebagai deodoran alami

Kandungan antimikroba tea tree oil, dapat menghancurkan bakteri pada kulit yang menyebabkan bau badan. Pada dasarnya, keringat tidak mengeluarkan aroma, tetapi jika bertemu dengan bakteri pada kulit akan mengeluarkan bau tidak sedap yang banyak tersimpan di ketiak.


2. Atasi minyak berlebih

Sifat antiseptik tea tree oil dapat membantu memerangi kulit berminyak. Dilansir dari Medical News Today, sebuah studi kecil tahun 2016 menemukan bahwa peserta yang menggunakan tabir surya yang mengandung tea tree oil selama 30 hari menunjukkan kestabilan kadar minyak di wajah.


3. Meredakan gatal di kulit

Dengan sifat anti-inflamasi pada kandungan minyak pohon teh, kandungan tersebut dipercaya dapat meredakan gatal eksim dan psoriasis kulit. 

Berdasarkan dari Medical News Today, sebuah studi di The Archives of Dermatological Research membandingkan penggunaan seng oksida dan clobetasone butyrate dengan tea tree oil pada orang dengan dermatitis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minyak pohon teh lebih baik dalam mengurangi dermatitis alergi daripada agen topikal lainnya.


4. Mengurangi ketombe

Kandungan tea tree oil efektif dalam mengurangi ketombe pada kulit kepala. Meski ketombe tidak berbahaya, serpihan putih dari sel kulit mati pada kulit kepala ini akan menjadi tidak bersahabat, khususnya untuk penampilan kita sehari-hari.


5. Pembersih tangan

Sejak protokol kesehatan menjadi bagian dari kehidupan kita selama hampir satu tahun terakhir, pembersih tangan atau hand sanitizer menjadi salah satu barang favorit yang selalu ada di dalam tas. 

Tea tree oil ini bisa menjadi jawaban untuk membuat pembersih tangan yang ideal. Khasiatnya yang terbukti membunuh bakteri dan virus ini tentunya sangat cocok sekali.

(Christy Tolukun)


Berita terkait
Manfaat Exfoliasi pada Kulit Wajah yang Wajib Diketahui
Exfoliasi atau pengangkatan sel kulit mati tampak membuat kulit menjadi lebih halus dan lembut. Berikut manfaat lengkapnya.
Cara Mencegah Jerawat Pada Kulit Wajah
Untuk mencapai hal tersebut, kamu perlu tahu cara mencegah jerawat yang benar gar tidak timbul kembali di tempat yang sama.
Manfaat Masker Organik Bagi Wajah Agar Tetap Sehat
Banyak orang yang tertarik memakai masker organik karena manfaat yang diberikan kepada wajah sangat terlihat. Berikut manfaat yang dirasakan.
0
Hasil Pertemuan AHY dan Surya Paloh di Nasdem Tower
AHY atau Agus Harimurti Yudhoyono mengaku sudah tiga kali ke Nasdem Tower kantor Surya Paloh. Kesepakatan apa dicapai di pertemuan ketiga mereka.