Cara Memilih Pembersih Wajah Sesuai Jenis Kulit

Salah satu cara untuk menjaga dan menutrisi kulit adalah dengan membersihkan wajah dengan baik agar kulit tetap sehat. Berikut caranya.
Ilustrasi - Cara memilih pembersih wajah. (Foto: Tagar/Shutterstock)

Jakarta -Salah satu cara untuk menjaga dan menutrisi kulit adalah dengan membersihkan wajah dengan baik agar kulit tetap sehat dan awet muda.

Oleh sebab itu, sebagai step penting dalam skincare routine, sebaiknya Anda memilih produk pembersih wajah yang sesuai jenis kulit. Berikut cara memilihnya. 


1. Kulit sensitif

Untuk kulit sensitif harus lebih hati-hati dalam memilih pembersih wajah. Salah pilih produk, kulit akan mengalami kemerahan, gatal, hingga iritasi. Sebaiknya Anda memilih pembersih wajah yang mengandung aloe vera, coconut oil, tea tree oil, allantion, shea butter, dan rosemary extract.

Selain itu, pastikan produk yang digunakan sudah hypoallergenic atau teruji klinis tak mengandung zat yang menyebabkan alergi, lalu bebas fragrance, alkohol, benzoil peroxide, detergen, dan paraben.


2. Kulit kering

Kurangnya hidrasi, menyebabkan kulit terasa kering, mudah mengelupas, dan kusam. Bahkan, kulit kering bisa menjadi pemicu timbulnya jerawat. Untuk itu, Anda membutuhkan pembersih wajah yang nggak hanya mengangkat kotoran, tetapi mampu memberikan kelembapan untuk kulit.

Ketika mencari pembersih wajah, kamu bisa memilih produk yang mengandung bahan-bahan seperti: Hyaluronic acid, glycerin, vitamin E, jojoba oil, coconut oil, olive oil, dan petrolatum. Kandungan tersebut berfungsi untuk memberikan kelembapan dan menjaga hidrasi kulit. 


3. Kulit berminyak

Karakteristik kulit berminyak adalah pori-pori yang besar, wajah sering terasa lengket, dan mudah berjerawat. Oleh karena itu, memilih pembersih wajah yang gentle dan aman untuk kulit merupakan sebuah keharusan.

Disarankan Anda untuk memilih pembersih yang memiliki kandungan seperti: Salicylic acid, glycolid acid, niacinamide, dan retinol. Umumnya, bahan-bahan tersebut bekerja untuk mengontrol dan menyerap sebum berlebih, serta mampu mengangkat kotoran hingga ke pori-pori.


4. Kulit kombinasi

Jika kulit terasa berminyak di bagian kening, hidung, dan dagu, tetapi area lainnya kering atau normal, berarti kamu memiliki jenis kulit kombinasi. 

Sebaiknya Anda menggunakan dua pembersih wajah yang berbeda pula. Yang perlu kamu pastikan, bahwa pembersih wajah yang digunakan bebas dari fragrance, SLS, dan alkohol.  []


Berita terkait
Cara Mengencangkan Kulit Wajah Agar Awet Muda
Salah satu rahasia tampil cantik setiap saat tentunya memiliki kulit wajah yang kencang. Berikut caranya agar tampak lebih muda daripada usia.
Manfaat Buah Stroberi untuk Wajah Glowing
Stoberi merupakan buah asam yang lezat yang pertama kali matang pada musim semi. Selain nikmat dan enak stroberi juga memiliki manfaat untuk wajah.
Cara Perawatan Wajah yang Dapat Hilangkan Noda Hitam
Noda hitam disebabkan oleh produksi melanin yang berlebihan di kulit, berikut cara mengatasinya dengan mudah dan cepat.
0
Cara Memilih Pembersih Wajah Sesuai Jenis Kulit
Salah satu cara untuk menjaga dan menutrisi kulit adalah dengan membersihkan wajah dengan baik agar kulit tetap sehat. Berikut caranya.