UNTUK INDONESIA
Sejarah Puasa Nabi Daud
Puasa Nabi Daud disunahkan oleh Nabi Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wasallam lantaran untuk meneladani kesalehan Nabi Daud dalam beribadah.
Ilustrasi Puasa. (Foto: Pixabay)

Jakarta - Puasa Nabi Daud disunahkan oleh Nabi Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wasallam  lantaran untuk meneladani kesalehan Nabi Daud dalam beribadah. Hal itu pernah disampaikan Rasulullah SAW kepada sahabatnya.

Abdullah bin Amr meriwayatkan, “Rasulullah bertanya kepadaku, saya mendengar kabar bahwa kamu selalu berjaga (beribadah) di waktu malam dan berpuasa di siang hari.”

“Benar, ya Rasulullah, jawab saya. Nabi bersabda, berpuasalah dan berbukalah, salatlah dan tidurlah! Karena tubuhmu mempunyai hak terhadapmu, dan tamumu juga mempunyai hak terhadapmu. Cukuplah bagimu berpuasa sebanyak tiga hari pada tiap bulan,”

Abdullah kembali menjawab, ”Saya bertahan. Nabi pun bersikeras pula. Akhirnya saya memberikan alasan: Ya Rasulullah, saya kuat melakukannya. (jawabnya) “Kalau begitu, berpuasalah tiga hari setiap minggu,” ujar Nabi.

Dia kemudian berkomentar, “Saya tetap bertahan.” Tapi Nabi bersikeras pula. Saya berdalih, “Ya Rasulullah, saya masih sanggup,”

“Kalau begitu, berpuasalah seperti puasa Nabi Daud, dan jangan melebihi lagi!” sabda Rasulullah memperingatkan dengan keras.

“Ya Rasulullah, bagaimana puasa Nabi Daud itu,” tanya Abdullah.

“Beliau sehari berpuasa, sehari tidak,” sabda Nabi.” (HR Ahmad dan lain-lain).

Ada juga kisah, Abdullah bin Amr meriwayatkan, 

“Rasulullah bersabda, “Puasa yang lebih di sukai oleh Allah ialah puasa Daud, dan salat yang paling disukai Allah, ialah salat Daud. Beliau tidur seperdua malam, bangun sepertiganya, lalu tidur seperenamnya. Beliau berpuasa satu hari, lalu berbuka satu hari.” (HR Bukhari Muslim).

Awal mula Nabi Daud berpuasa

Nabi Daud Alaihi Salam dikenal sebagai seorang Rasul Allah yang sering berpuasa, yakni sehari berpuasa dan sehari berbuka. 

Nabi Muhammad SAW menceritakan, puasanya Nabi Daud sangat dianjurkan bagi umat muslim, karena puasa sunah ini merupakan sebaik-baik puasa, yakni puasa yang paling dicintai Allah Subhanahu Wa Ta’ala . 

Menurut Rasulullah, puasa Nabi Daud ibarat puasa sepanjang tahun. Sebab, Nabi Daud menjalankan puasa ini, yakni sehari berpuasa dan sehari berbuka, dengan kualitas tinggi, yakni semata-mata untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Kendati, seorang Nabi adalah maksum, artinya terjaga dari kesalahan dan dosa. Namun, Nabi Daud selalu memberikan contoh bagi umatnya dalam meminta ampunan kepada Allah SWT. 

Seorang ulama kenamaan KH. Bey Arifin mengisahkan, Nabi Daud yang saat itu juga sebagai seorang raja agung di Yerusalem juga mendapat banyak godaan. Suatu hari, Raja Daud memberangkatkan Panglima perangnya bernama Aria untuk berperang. 

Diam-diam, terbersit dalam benak Nabi Daud AS untuk memiliki istri Aria yang sangat cantik jelita.

Saat itu, Nabi Daud telah memiliki 99 orang istri, karena syariat di zaman Nabi Daud memang tak ada larangan beristri banyak, karena jumlah antara laki-laki dengan perempuan tak sebanding pasca pembantaian bayi laki-laki oleh Raja Fir’aun di Mesir di zaman Nabi Musa.

Akibat pikiran itu, Allah SWT langsung memperingatkannya dengan mengirim dua malaikat yang menyamar seperti manusia kemudian masuk ke dalam biliknya untuk mengadukan permasalahan mereka.

Secara simbolis, dua orang tadi berperkara tentang kepemilikian domba, yang seorang memiliki 99 domba, sedangkan yang seorang lagi hanya 1 ekor saja. Lantaran kalah dalam berargumentasi, yang memiliki 1 ekor domba harus menyerahkan domba miliknya kepada temannya. 

Nabi Daud yang mendapatkan teguran keras dari Allah pun segera menyungkur mengakui kekhilafan dan kesalahannya. Maka, ia pun bertobat dengan menjalani puasa yang dikenal sampai sekarang yaitu puasa Daud. []

Berita terkait
Sejarah Puasa Sunah Senin Kamis
Selain menjalankan ibadah wajib, umat Islam juga dianjurkan untuk memperbanyak amalan sunah. Salah satunya puasa sunah Senin dan Kamis.
Puasa Senin-Kamis dan Salat Malam yang Membawa Berkah
Puasa Senin-Kamis dan salat malam memang berat dijalankan, tapi ternyata manfaatnya sangat besar dalam melindungi diri dari celaka dan penyakit
Sepuluh Puasa Sunah dalam Islam
Puasa sunah merupakan salah satu bagian ibadah yang dilakukan untuk mendapatkan cinta atau kasih sayang dari Allah SWT.
0
Tips Milenial Melamar Pekerjaan dan Nyaman Bekerja
Kaum milenial sering mengeluhkan lamaran pekerjaan ditolak, atau merasa tidak nyaman di tempat kerjanya yang baru. Ini tips menjawab itu.