Keutamaan Puasa Enam Hari Setelah Hari Raya Idulfitri

Puasa syawal adalah puasa sunnah yang dilaksanakan enam hari setelah Hari Raya Idulfitri. Keutamaan puasa ini sangat beragam sebagai berikut.
Ilustrasi - Keutamaan Puasa Enam Hari Setelah Hari Raya Idulfitri (Foto:Tagar/Pixabay)

TAGAR.id, Jakarta - Puasa syawal adalah puasa sunnah yang dilaksanakan enam hari setelah Hari Raya Idulfitri. Keutamaan puasa ini sangat beragam seperti tercantum dalam kitab Shahih Imam Muslim.

Keutamaan puasa syawal yang pertama adalah pahalanya sama dengan puasa setahun penuh, seperti disebutkan oleh HR. Muslim:

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْر

Artinya: "Barang siapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka baginya (pahala) puasa selama setahun penuh." (HR Muslim)

Selain itu, hadist puasa syawal juga mengibaratkan pahalanya seperti menjalankan ibadah terus-menerus tanpa henti.

عَنْ أَبِي أَيُّوبَ الأَنْصَارِيِّ، - رضى الله عنه - أَنَّهُ حَدَّثَهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ ‏ "‏ مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ ‏"

Artinya: Abu Ayyub al-Ansari (semoga Allah SWT ridho atasnya) melaporkan Rasulullah SAW berkata, "Dia yang berpuasa selama Ramadhan dan melanjutkannya dengan enam hari puasa saat bulan Syawal akan seperti melakukan puasa terus menerus." (HR Muslim).

Pada tahun 2022 ini, puasa syawal bisa dilaksanakan di tanggal 2 syawal. Atau akan dimulai pada Selasa, 3 Mei 2022.

Umat muslim dianjurkan untuk melaksanakan puasa syawal selama 6 hari berturut-turut. Namun jika dirasa sulit, maka diperbolehkan tidak berurutan, asalkan berpuasa sebanyak enam hari dan masih di bulan Syawal.

( Iskandar Isnan )

Berita terkait
Muslim India Rayakan Idulfitri 2022 dalam Suasana Prihatin
Perayaan idulfitri tahun ini berlangsung dalam suasana prihatin menyusul serangkaian serangan terhadap komunitas Muslim selama Ramadan
Biden Serukan Toleransi Beragama pada Perayaan Idulfitri di Gedung Putih
Menjadi tuan rumah perayaan Idulfitri 2022 di Gedung Putih, Presiden AS, Joe Biden, Senin, 2 Mei 2022, menyerukan toleransi beragama
Gedung Putih Merayakan Idulfitri 2022
Biden beragama Katolik, sampaikan kepada hadirin yang berkumpul di East Room itu, “Ada banyak persamaan di antara tiga agama besar ini”
0
Keutamaan Puasa Enam Hari Setelah Hari Raya Idulfitri
Puasa syawal adalah puasa sunnah yang dilaksanakan enam hari setelah Hari Raya Idulfitri. Keutamaan puasa ini sangat beragam sebagai berikut.