Sejarah Olahraga Basket 3x3, Berikut Penjelasannya

Menurut sejarah, basket 3x3 ini pertama kali dilombakan pada ajang Asian Indoor Games di Macau tahun 2007.
Illustrasi Basket 3x3 (Foto: Tagar/Pexels/Ziad Nr)

Jakarta - Olahraga basket yang umum dimainkan yaitu dengan satu tim sebanyak 5 orang. Namun pernahkah Anda mendengar cabang olahraga basket 3x3. Olahraga ini berada dibawah naungan FIBA, selaku induk olahraga basket internasional.

Menurut sejarah, basket 3x3 ini pertama kali dilombakan pada ajang Asian Indoor Games di Macau tahun 2007. Awal mula terciptanya olahraga ini berasal dari permainan jalanan yang berkembang di Amerika Serikat pada era 1980-an.

Setiap satu tim Basket 3x3 harus terdiri dari tiga pemain dan satu pengganti. Permainan ini hanya dimainkan pada setengah lapangan dengan satu buah keranjang.

Olahraga basket 3x3 hanya mempertandingkan satu babak. Ada dua cara untuk setiap tim memenangkan pertandingan. Menang angka dalam kurun waktu 10 menit ataupun mencetak 21 poin.

Ukuran lapangan yang digunakan memiliki ukuran 15x11 meter dengan satu ring. Durasi permainan hanya memerlukan satu babak dengan waktu 10 menit dalam setiap laganya.

Untuk aturan main, sama seperti cabang olahraga bola basket pada umumnya. Regulasi seperti team foul, jumpball, check ball, freethrow, dan lain-lain mengacu kepada peraturan regular bola basket FIBA.[]


(Egy Setya Ramadhan)


Baca Juga:

Berita terkait
Kejadian Aneh dan Sejarah Curug Koneng yang Mistis
Tim SAR juga mengakui sebelumnya juga ada kejadian aneh yang tidak masuk akal terkait penemuan pendaki yang hilang di Curug Cikoneng.
Tim Putra DKI Jakarta Melaju ke Babak Final Basket PON XX
Tim Putra DKI Jakarta berhasil melaju ke babak final basket PON setelah menyudahi perlawanan Jawa Timur dengan skor 78-70. Berikut ulasannya.
Kalahkan DKI, Tim Basket Jateng Melenggang ke Semifinal PON
Tim Basket Jawa Tengah (Jateng) sukses melenggang ke semifinal setelah mengalahkan DKI Jakarta sengan skor tipis 88-82. Berikut ulasannya.
0
Sejarah Olahraga Basket 3x3, Berikut Penjelasannya
Menurut sejarah, basket 3x3 ini pertama kali dilombakan pada ajang Asian Indoor Games di Macau tahun 2007.