UNTUK INDONESIA
Sejarah Hari Ganefo 10 November, Saingan Olimpiade
Hari Pesta Olahraga Negara Berkembang GANEFO, diperingati setiap tanggal 10 November untuk menandingi Olimpiade.
Pembukaan Ganefo di Stadion Utama Gelora Bung Karno, 10-22 November 1963. (Foto:Tagar/www.delcampe.net)

Jakarta – Hari Pesta Olahraga Negara Berkembang atau Games of the New Emerging Forces (GANEFO) diperingati setiap tanggal 10 November. Ajang lomba olahraga ini, didirikan oleh Presiden Pertama RI Soekarno, pada akhir tahun 1962 sebagai tandingan Olimpiade.

Onward! No Retreat! Atau Maju Terus, Pantang Mundur!.

Indonesia mendirikan GANEFO, setelah Komite Olimpiade Internasional melancarkan kecaman yang bermuatan politis pada Asian Games 1962. Saat itu, Indonesia tidak mengundang Israel dan Taiwan dengan alasan simpati terhadap Tiongkok dan negara-negara Arab.

Komite Olimpiade Internasional memprotes, lantaran Israel dan Taiwan merupakan anggota resmi mereka. Akhirnya, komite tersebut menangguhkan keanggotaan Indonesia. Selain itu, Indonesia diskors untuk mengikuti Olimpiade Musim Panas 1964 di Tokyo yang merupakan pertama kalinya Komite Olimpiade Internasional menangguhkan keanggotaan suatu negara.

GanefoKoin Ganefo Perak. (Foto:Tagar/Obiesantun blogger)

Sementara dengan menyelenggarakan GANEFO, Indonesia menegaskan bahwa politik tidak bisa dipisahkan dengan olahraga. Pernyataan ini, bertentangan dengan doktrin Komite Olimpiade Internasional yang memisahkan antara politik dan olahraga.

GANEFO pertama berlangsung Jakarta, pada 10 November hingga 22 November 1963 yang diikuti oleh sekitar 2.700 atlet dari 51 negara di Asia, Afrika, Amerika Latin, dan Eropa.

Penyelenggaraan GANEFO kali itu, diboikot oleh negara-negara barat, meski demikian acara tetap berlangsung sesuai dengan mottonya “Onward! No Retreat! Atau Maju Terus, Pantang Mundur!”

Ganefo 1Opening Ceremony Ganefo I di Gelora Bung Karno, Senayan tgl 10 November 1963. (Foto:Tagar/Kompas)

Selanjutnya, GANEFO kedua diadakan di Phnom Penh, Kamboja pada 25 November hingga 6 Desember 1966. GANEFO kedua, mulanya akan diadakan di Kairo, Mesir pada 1967, namun lantaran pertimbangan politik, akhirnya dipindahkan ke Phnom Penh, Kamboja. Pada GANEFO kedua jumlah partisipan mencapai sekitar 2 ribu atlet dari 17 negara.

Meski hanya berlangsung dua kali, prestasi Indonesia dalam mengadakan ajang olahraga internasional seperti GANEFO patut diacungi jempol. Inilah sebabnya, selain diperingati sebagai Hari Pahlawan, 10 November juga diperingati sebagai Hari Ganefo. []

Berita terkait
Sejarah Hari Listrik Nasional 27 Oktober
Hari Listrik Nasional diperingati setiap tanggal 27 Oktober setiap tahunnya yang mengacu pada sejarah hari lahirnya PLN.
Sejarah Hari Polio Sedunia 24 Oktober
Hari Polio Sedunia diperingati setiap tanggal 24 Oktober, sampai kini belum ada obat untuk mengobati polio, namun bisa dicegah dengan imunisasi.
Sejarah Hari Keuangan Nasional 30 Oktober
Hari Keuangan Nasional diperingati setiap tanggal 30 Oktober yang menandakan rupiah sebagai alat pembayaran atau alat transaksi yang sah.
0
Sejarah Hari Ganefo 10 November, Saingan Olimpiade
Hari Pesta Olahraga Negara Berkembang GANEFO, diperingati setiap tanggal 10 November untuk menandingi Olimpiade.