Sejarah Dogecoin, Koin Kripto Favorit Elon Musk

Dogecoin, mata uang kripto yang naik daun berkat cuitan Elon Musk ditemukan pertamakali oleh seorang manajer Adobe Inc. Jackson Palmer.
Ilustrasi Elon Musk dan Dogecoin. (Foto:Tagar/Ist)

Jakarta – Lewat akun Twitternya, Elon Musk kerap mempromosikan mata uang kripto, Dogecoin. Berkat cuitan Musk yang viral, popularitas Dogecoin terdongkrak lebih dari 5.000 persen pada 2021.

Dogecoin (DOGE) adalah mata uang kripto yang ditemukan pertamakali oleh seorang manajer Adobe Inc. Jackson Palmer di Sydney, Australia untuk menyindir cryptocurrency. Logo Dogecoin, dibuat Palmer terinspirasi dari Meme populer kala itu dengan kata "doge" yang sengaja di salah-ejakan untuk menggambarkan anjing asal Jepang, Shiba Inu.

Di sisi lain, Billy Markus seorang pengembang perangkat lunak IBM ingin membuat mata uang digitalnya sendiri, tetapi kesulitan mempromosikannya. Saat itu juga, dia mendengar kabar tentang Dogecoin. Langsung saja, ia mengontak Palmer agar diizinkan membangun perangkat lunak di balik Dogecoin.

Elon Musk dan DogecoinIlustrasi Elon Musk dan Dogecoin. (Foto:Tagar/Ist)

Kolaborasi keduanya membuat Dogecoin menjadi mata uang digital peer to peer yang dapat menjangkau lebih banyak orang ketimbang Bitcoin. Dogecoin diciptakan Markus dan Palmer dengan tujuan membuat sistem pembayaran yang bebas dari biaya perbankan tradisional dan meluncur secara resmi pada 6 Desember 2013 silam.

Nilai Dogecoin pada 19 Desember 2013 melambung tinggi hampir 300 persen dalam waktu 72 jam, naik dari US $ 0,00026 menjadi $ 0,00095 dengan volume miliaran per hari. Keperkasaan Dogecoin, terjadi saat bitcoin dan mata uang kripto lainnya terguncang akibat keputusan China untuk melarang banknya berinvestasi ke dalam bitcoin. Namun sayang Dogecoin mengalami crash besar pertamanya 3 hari kemudian. Penurunannya sedalam 80%.

Kejadian selanjutnya pencurian besar pertama Dogecoin pada 25 Desember 2013. Kala itu, jutaan koin dicuri melalui peretasan platform dompet cryptocurrency online Dogewallet. Peretasan ini, justru makin melambungkan nama Dogecoin lantaran kian banyaknya tweet tentang Dogecoin.

Selanjutnya, komunitas Dogecoin menggaungkan program "SaveDogemas" yang bertujuan membantu orang-orang yang kehilangan dana di Dogewallet. Uang yang terkumpul, cukup untuk menutupi pencurian tersebut setelah sekitar satu bulan kemudian.

Volume transaksi Dogecoin, pernah melampaui Bitcoin dan gabungan semua mata uang kripto lainnya pada Januari 2014. Tetapi Bitcoin masih menjuarai kapitalisasi pasarnya secara substansial.

Kabar mengejutkan datang dari Jackson Palmer pada April 2015, kala itu dia mengumumkan rencana untuk mengambil "cuti panjang" dari komunitas cryptocurrency.

Sepanjang 2017 hingga 2018 saat gelembung awal mata uang kripto, Dogecoin mencapai puncaknya US$0,017/koin pada 7 Januari 2018 meski hanya sebentar dan berhasil membuat kapitalisasi pasarnya hampir US$2 miliar. Kemudian, harga Dogecoin pada Juli 2020 melonjak mengikuti tren TikTok yang ingin membuat harga koin menjadi US$1.

Kejayaan Dogecoin, terjadi pada Januari 2021, saat harganya melambung lebih dari 800% dalam 24 jam, mencapai harga US$0,07. Pencapaian ini, hasil dukungan pengguna Reddit juga didorong oleh CEO Tesla Elon Musk serta GameStop.

Dukungan terhadap Dogecoin tak berhenti disitu, melalui Tweet dari Musk, Snoop Dogg dan Gene Simmons pada Februari 2021, Dogecoin mencapai harga tertinggi sepanjang masa sebesar US$0,08.

Support selanjutnya terjadi Maret 2021, dimana pemilik Dallas Mavericks Mark Cuban mengumumkan tim NBA-nya akan mengizinkan pembelian tiket dan produk dengan Dogecoin. Langkah ini, membuat waralaba Cuban menjadi pedagang Dogecoin teratas, setelah melakukan 20.000 transaksi hanya dalam dua hari saja.

Kemudian 14 April 2021, Harga Dogecoin dan cryptocurrency lainnya melonjak didorong pendaftaran langsung untuk pertukaran cryptocurrency Coinbase. Meski demikian, platform itu tidak menyediakan perdagangan Dogecoin.

Saat itu, harga Dogecoin mencapai US$0,10 untuk pertama kalinya sebelum mencapai ketinggian baru US$0,45 pada 16 April atau melonjak 400 pada pekan tersebut, dengan volume hampir US$ 70 miliar yang diperdagangkan dalam 24 jam sebelumnya.

Sementara kapitalisasi pasar Dogecoin saat ini mendekati US$50 miliar sekaligus menjadikannya cryptocurrency dengan nilai tertinggi kelima dengan nilai yang telah meningkat lebih dari 7.000% year to date.

Namun sayang, hiruk pikuk Dogecoin berkontribusi pada penghentian sistem cryptocurrency platform perdagangan elektronik Robinhood pada 15 April 2021. Penyebabnya, permintaan yang belum pernah terjadi sebelumnya sekaligus memicu kekhawatiran para ahli akan gelembung spekulatif yang terus menempel pada pasar cryptocurrency.

Sedangkan pada 4 Mei 2021, Dogecoin melampaui rintangan simbolisnya dengan nilai US$0,50, meningkat luar biasa atau lebih dari 20.000% dalam satu tahun. []

Berita terkait
Elon Musk Bahas Soal Dogecoin, Kaesang Pangarep Ikut Nimbrung
Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, ikut mengomentari tingkah laku Elon Musk yang baru-baru ini gemar membahas Dogecoin.
Didukung Elon Musk, Harga Dogecoin Naik 50 Persen
Mata uang kripto Dogecoin ramai dibicarakan oleh warganet di jagat maya menyusul cuitan CEO Tesla dan SpaceX, Elon Musk mencuitkan dukungannya.
Alasan Elon Musk Larang Mobil Listrik Tesla Dibeli Pakai Bitcoin
Produsen mobil listrik Tesla, tidak akan lagi menerima Bitcoin sebagai alat pembelian mobil listrik. Berikut alasan yang disampaikan Elon Musk.
0
BI: ATM Teknologi Chip Tarik Tunai Rp 20 Juta per Hari
BI mengatakan kartu ATM yang menggunakan teknologi chip, mulai 12 Juli-3 September 2021 bisa menarik dana Rp 20 juta perhari.