Alasan Elon Musk Larang Mobil Listrik Tesla Dibeli Pakai Bitcoin

Produsen mobil listrik Tesla, tidak akan lagi menerima Bitcoin sebagai alat pembelian mobil listrik. Berikut alasan yang disampaikan Elon Musk.
Ilustrasi Bitcoin. (Foto:Tagar/Ist)

Jakarta - Produsen mobil listrik Tesla, tidak akan lagi menerima Bitcoin sebagai alat pembelian mobil listrik. Hal ini disampaikan CEO Tesla Elon Musk melalui cuitannya di Twitter dengan alasan lingkungan.

Cryptocurrency adalah ide yang bagus di banyak tingkatan dan kami percaya ini memiliki masa depan yang menjanjikan, tetapi ini dapat merugikan lingkungan.

Musk menyebut, Cryptocurrency memiliki masa depan yang baik. Namun, Ia khawatir, penggunaan bakar fosil yang meningkat untuk penambangan Bitcoin, terutama penggunaan batu bara yang memiliki emisi bahan bakar terburuk.

"Cryptocurrency adalah ide yang bagus di banyak tingkatan dan kami percaya ini memiliki masa depan yang menjanjikan, tetapi ini dapat merugikan lingkungan," tutur Musk dalam cuitannya di Twitter pada jumat, 14 Mei 2021.

Elon MuskCuitan CEO Tesla Elon Musk. (Foto:Tagar/Twitter Elon Musk)

Cuitan Musk membuat harga Bitcoin jeblok hingga lebih dari 10 persen. Harga aset kripto lainnya, termasuk Ethereum, juga ikut anjlok di perdagangan Asia. Padahal, Elon Musk pernah mengatakan mobil listrik Tesla bisa dibeli menggunakan Bitcoin sekitar dua bulan lalu. 

Analis Pasar Senior dari Perusahaan Perdagangan Mata Uang OANDA Edwar Moya mengatakan, dampak lingkungan penambangan Bitcoin adalah salah satu risiko terbesar mata uang crypto dikutip dari Reuters, Jumat, 14 Mei 2021. 

Elon MuskCEO Tesla dan SpaceX, Elon Musk. (Foto: Instagram/elonrmuskk)

Sementara profesor keuangan di Universitas New South Wales, Mark Humphery Jenner mempertanyakan keputusan Tesla dan Elon Musk yang dinilainya terburu-buru. Bahkan menurutnya, Musk tidak menerangkan berapa mobil listrik Tesla yang dibeli dengan Bitcoin. []

Berita terkait
Tekad VW Geser Tesla di Pasar Mobil Listrik Eropa
Tesla telah merevolusi industri otomotif dengan teknologi mobil listrik, tapi VW bertekad tantang Tesla bersaing di pasar mobil listrik Eropa
Elon Musk Pernah Ingin Jual Tesla ke Apple, Tim Cook Cuek
CEO Apple Tim Cook mengaku bahwa dirinya tidak pernah berbicara dengan Elon Musk meski Musk berusaha menghubunginya untuk menjual Tesla.
Pabrik Mobil Listrik Tesla Mulai Dibangun di Berlin
Sebagian besar masih merupakan lokasi bangunan, tapi Tesla Model Y serta ribuan aki mobil segera akan mulai diproduksi Jerman
0
Resep Pisang Goreng Kipas Krispi
Pisang Goreng merupakan camilan populer yang nikmat disantap kapan pun. Pisang goreng kipas krispi menambah sensasi dengan kriuk-kriuknya.