Didukung Elon Musk, Harga Dogecoin Naik 50 Persen

Mata uang kripto Dogecoin ramai dibicarakan oleh warganet di jagat maya menyusul cuitan CEO Tesla dan SpaceX, Elon Musk mencuitkan dukungannya.
CEO Tesla dan SpaceX, Elon Musk. (Foto: Twitter/gadgetmanjay)

Jakarta - Baru-baru ini, istilah Dogecoin ramai dibicarakan oleh warganet di jagat maya menyusul cuitan CEO Tesla dan SpaceX, Elon Musk merekomendasikan dan mendukung uang digital ini, lewat cuitan singkat di media sosial Twitter.

Laman Gadgets melaporkan, harga Dogecoin berhasil melonjak lebih dari 50 persen pada Kamis, 4 Februari 2021, menjadikan nilai uang kripto ini menjadi seharga US$ 0,05798, tepat beberapa waktu setelah akun Twitter resmi @elonmusk mencuitkan kata "Doge".

Dalam cuitannya, ELon Musk juga mengunggah potongan gambar film kartun Simba sembari menuliskan kalimat 'ur welcome'.

Wajah karakter monyet dalam film tersebut diubah menjadi wajah Elon Musk, sementara gambar anak singa diubah dengan wajah anjing yang sering menjadi lambang Dogecoin.

Elon MuskIlustrasi Dogecoin dan Elon Musk. (Foto: Twitter/ElonMusk)

Harga Dogecoin terpantau terus melonjak dalam beberapa pekan terakhir menyusul deretan pernyataan yang dicuitkan oleh Elon Musk. Saham di GameStop, Etsy, dan CD Project juga dikabarkan terus merangkak naik seiring komentar di akun Twitter-nya tentang mereka.

Di sisi lain, Ethereum yang merupakan mata uang kripto saingan Dogecoin juga tercatat membikin rekor kenaikan baru. Para investor membelinya sebelum peluncuran Ethereum futures di Chicago Mercantile Exchange pekan depan.

Mata uang Ethereum terpantau naik ke rekor tertinggi seharga $ 1.698.56, sebelum akhirnya mengalami penurunan sebanyak 2,7 persen. Bitcoin, mata uang kripto paling populer, juga ikut turun sebanyak 1,2 persen menjadi $ 37.184.

Dogecoin yang masuk dalam kategori mata uang digital cryptocurrency, merupakan alat transaksi uang digital yang terdesentralisasi dan memungkinkan seseorang untuk bisa mengirim dan menerima uang melalui internet.

Dogecoin mulanya muncul dari sebuah lelucon di akhir tahun 2013 lalu, saat sebuah meme "Doge", yaitu seekor anjing yang wajahnya terkesan bingung, viral di internet. Anjing ini merupakan jenis Shiba Inu yang berasal dari negara sakura, Jepang.

Berdasarkan pendapat Dogecoin sendiri, anjing tersebut dijadikan sebagai maskot yang bisa mewakili kesenangan dan keramahan. Herannya, dengan lambang hewan lucu yang terlihat cukup konyol ini, Dogecoin bisa menarik perhatian orang-orang.

Saat ini, Dogecoin dapat digunakan sebagai dompet di komputer dan smartphone seseorang melalui sebuah aplikasi yang memungkinkan penggunanya membeli barang dan jasa, serta menukar dengan mata uang lain seperti dolar Amerika Serikat. []

Berita terkait
Direktur KSP di Sleman Gelapkan Uang untuk Investasi Bitcoin
Direktur KSP di Sleman menggelapkan uang nasabah dengan total Rp 290 juta.Uang diinvestasikan untuk investasi bitcoin.
Penipuan Bitcoin, Akun Twitter Pesohor AS Diretas
Akun Twitter milik para pesohor di Amerika Serikat diretas dalam kasus penipuan mata uang digital, Bitcoin.
Terbuai Mimpi Bitcoin, Polisi Ini Mau Lakukan Penculikan, Ini Kronologinya
Polisi itu tidak sendirian. Ia bersama enam warga sipil. Apa peran polisi tersebut dan bagaimana kronologi penculikan?
0
Lirik dan Terjemahan Lagu Forever and One - Helloween
‘Forever and One’ adalah lagu dari band beraliran power metal asal Jerman Helloween dan merupakan bagian dari album The Time of the Oath.