UNTUK INDONESIA

Sebar Kabar Uya Kuya Meninggal Dunia, Pelaku Hoaks Minta Maaf

Presenter populer Uya Kuya, diterpa berita palsu alias hoaks yang menyebutnya meninggal dunia akibat terinfeksi virus corona (Covid-19).
Presenter Uya Kuya dan istrinya, Astrid Kuya. (Foto: Instagram/king_uyakuya)

Jakarta - Presenter populer Uya Kuya, diterpa berita palsu alias hoaks yang menyebutnya meninggal dunia akibat terinfeksi virus corona (Covid-19). Belakangan, pelaku penyebaran kabar bohong tersebut meminta maaf setelah terancam bakal dibawa ke jalur hukum.

Kabar bohong mengenai wafatnya Uya Kuya pertama kali muncul lewat unggahan di media sosial berbagi video pendek TikTok oleh akun @KG1St.mail. Postingan tersebut menyertakan sosok presenter tersebut yang tengah terbaring lemah di ranjang sebuah rumah sakit.

Unggahan berisi informasi palsu tersebut langsung menuai reaksi dari istri Uya, yakni Astrid Kuya. Ia mengancam bakal memperkarakan penyebaran kabar bohong ini ke jalur hukum jika tidak segera diklarifikasikan oleh pihak penyebar.

"Hoaks ini. Siap-siap yah di depan rumah ada yang kasih surat cinta dari pengacara eh nanti nangis kejer ibunya nangis ayahnya minta maaf. Kasihaaan," tutur Astrid Kuya dalam postingan tersebut, dikutip Tagar pada Senin, 22 Februari 2021.

Uya KuyaPresenter Uya Kuya menjalani proses tes Covid-19. (Foto: Instagram/king_uyakuya)

Selang beberapa waktu setelah ancaman dilontarkan Astrid Kuya, pelaku penyebaran informasi palsu lewat akun TikTok tersebut pun muncul dan meminta maaf. Ia mengaku mendapatkan konten berita bohong tersebut dari internet dan ikut menyebarkannya.

"Mohon maaf yang sebesar-besarnya buat teteh Astrid dan keluarga Uya Kuya. Saya benar-benar tidak tahu dengan yang terjadi. Saya lihat pertama kali melihat di media sosial @putriseptiana mengunggah bahwa di caption-nya, Innalillah. Saya pikir mas Uya sudah tidak ada," tutur sang pelaku.

Selain meminta maaf, pria itu juga mengaku menyesal dan mengatakan bahwa ia tidak mengetahui bahwa kabar tersebut adalah bohong, sekaligus menempatkan diri sebagai korban dari konten menyesatkan tersebut.

"Dan saya merasa menyesal dan merasa kecewa sekali dengan konten ini. Saya tidak tahu kalau ini berita hoaks," kata dia.

"Tapi saya juga korban berita hoaks juga. Mungkin saya yang kurang paham apa maksud dengan Innalillah. Saya pikir Uya sudah tiada. Saya mengucapkan doa yang sebesar-besarnya," ujarnya.

Uya KuyaUya Kuya donasikan masker untuk pencegahan Corona. (Foto: Instagram/king_uyakuya)

Diberitakan sebelumnya, Uya Kuya dalam pengakuannya menuturkan sempat berjuang melawan maut setelah ia dan keluarganya dinyatakan positif terinfeksi virus corona (Covid-19) beberapa waktu lalu.

Pengakuan tersebut dituturkan Uya dalam sebuah video yang diunggah di saluran YouTube miliknya. Ia mengatakan bahwa dikonfirmasi positif Covid-19 merupakan salah satu pengalaman yang menyeramkan dalam hidupnya.

Beruntung, saat ini keluarga Astrid dan Uya Kuya telah sembuh dari Covid-19. Pengalaman tersebut diakui keduanya sebagai pelajaran berharga dalam hidup mereka. []

Berita terkait
Ashanty dan Aurel Positif Covid-19, Atta Halilintar: Aku Negatif
Selebriti Aurelie Hermansyah dinyatakan positif terinfeksi virus corona (Covid-19) bersama ibu sambungnya, Ashanty.
Aktor Roy Marten Positif Terinfeksi Virus Corona
Aktor senior Roy Marten terkonfirmasi positif terinfeksi virus corona (Covid-19).
Positif Covid-19, Pesinetron Soraya Abdullah Meninggal Dunia
Mantan bintang sinetron Gerhana 6, Soraya Abdullah, dikabarkan meninggal dunia dalam usia 42 tahun setelah terinfeksi virus corona (Covid-19).
0
Sebar Kabar Uya Kuya Meninggal Dunia, Pelaku Hoaks Minta Maaf
Presenter populer Uya Kuya, diterpa berita palsu alias hoaks yang menyebutnya meninggal dunia akibat terinfeksi virus corona (Covid-19).