SBY Mengidap Kanker Prostat Tingkat Awal

SBY juga sudah menjalani pengobagan dengan dokter di Indonesia dan mereka juga sudah berkoordinasi dengan dokter luar negeri.
Presiden RI Ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). (Foto: Tagar/Dok SBY)

Jakarta – Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono atau yang bias dikenal sebagai SBY dikabarkan mengidap penyakit kanker prostat.

Kanker prostat ialah kanker pada pria yang berkembang di dalam kelenjar prostat, dan umumnya ditandai dengan gangguan buang air kecil. Sebagian besar penderita kanker prostat berusia di atas 65 tahun. Kanker ini tidak bersifat agresif dan berkembang secara perlahan.

Prostat adalah kelenjar kecil yang terletak di bagian dasar kandung kemih. Kelenjar ini merupakan bagian dari sistem reproduksi dan posisinya mengelilingi saluran yang membawa urine dari kandung kemih ke penis. Prostat juga berfungsi sebagai penghasil semen, yaitu cairan yang dikeluarkan bersama sperma saat ejakulasi.

SBY juga sudah menjalani pengobagan dengan dokter di Indonesia dan mereka juga sudah berkoordinasi dengan dokter luar negeri. Kabarnya, SBY mengidap kanker prostat tingkat awal dan masih dapat di tangani dengan baik.

Untuk pengobatannya, terapi hormon menjadi salah satu pilihan. Ini adalah pengobatan yang menghentikan produksi hormon testosteron pria agar tidak mencapai sel kanker prostat.

Sebagian besar sel kanker prostat mengandalkan testosteron untuk membantu mereka tumbuh. Terapi hormon menyebabkan sel kanker prostat mati atau tumbuh lebih lambat.

Terapi hormon untuk kanker prostat dapat melibatkan obat-obatan atau operasi untuk mengangkat testis. Terapi hormon untuk kanker prostat juga dikenal sebagai terapi deprivasi androgen.

Selain terapi hormon, ada pula brakiterapi (brachytherapy). Ini adalah bentuk terapi radiasi yang digunakan untuk mengobati kanker prostat.

Brakiterapi prostat melibatkan penempatan sumber radioaktif di kelenjar prostat, di mana radiasi dapat membunuh sel kanker sambil menyebabkan lebih sedikit kerusakan pada jaringan sehat di dekatnya.

(Anfasya Qurratul Aini)


Baca Juga







Berita terkait
Mengenal Apa Itu Kanker Prostat yang Diderita SBY
Namun, apakah yang dimaksud dengan kanker prostat yang dialami SBY? Simak penjelasannya lebih lanjut.
Staf Pribadi SBY Membenarkan Presiden RI Ke-6 Didiagnosa Kanker Prostat
Staf Pribadi Presiden RI Ke-6 SBY Ossy Dermawan membenarkan bahwa SBY didiagnosa kanker prostat dan akan berobat keluar negeri guna pengecekan.
RPI: Ternyata Lebih Ksatria Yusril Dibandingkan SBY
PDIP, Megawati dan para kader, menurut Fernando, sepertinya masih terus mengingat peristiwa yang terjadi tahun 2004 lalu.
0
All New Toyota Avanza Resmi Meluncur 10 November 2021
Toyota mengeluarkan generasi terbaru dari avanza dengan nama All New Toyota Avanza, yang akan dipastikan hadir di pasar Indonesia 10 November.