UNTUK INDONESIA
Satu Warga Gowa Positif Corona Setelah Tes Swab
Satu warga Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil tes swab. Padahal saat di rapid test hasilnya negatif.
Tim Gugus Tugas Covid-19 saat menjemput salah seorang warga Gowa yang positif terjangkit virus Covid-19. (Foto: Tagar/Ist)

Gowa - Satu warga Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil tes swab. Dimana sebelumnya warga yang diketahui beralamat di Kelurahan Bontomanai, Kecamatan Bontomarannu berjenis kelamin laki-laki berusia 50-an tahun dinyatakan negatif berdasarkan hasil rapid test.

Setelah hasil tes swab keluar, warga Jalan Likukang ini langsung dijemput tim Gugus Tugas Covid-19 untuk diisolasi di RSUD Syekh Yusuf, Minggu 3 Mei 2020.

Untuk wilayah tempat tinggal korban, kita lakukan karantina wilayah dan sekarang sudah ditutupmi jalan masuk ke Jalan Likukang.

Sebelumnya warga tersebut sempat menjalani perawatan selama dua hari di RSUD Syekh Yusuf dengan diagnosa sesak nafas namun karena kondisinya mulai membaik keluarganya meminta untuk pulang.

Sebelum pulang ke rumahnya, pasien ini diperiksa rapid test dan hasilnya negatif. Sehingga pihak rumah sakit membolehkan pulang berbekal hasil negatif dari rapid test tersebut sementara hasil swab (pemeriksaan lendir) yang telah dilakukan pihak medis belum juga keluar.

"Iye warga penderita sudah dijemput tadi pagi oleh tim Gugus Tugas kabupaten dan menjalani isolasi di RSUD Syekh Yusuf. Untuk wilayah tempat tinggal korban, kita lakukan karantina wilayah dan sekarang sudah ditutupmi jalan masuk ke Jalan Likukang," kata Lurah Bontomanai, Muh Rizal.

Saat berada di rumah pada Jumat lalu, sejumlah warga sekitar sempat kontak langsung saat membesuk pasien positif Covid-19 tersebut. Para warga sekitar tetangga rumah korban kini semua kuatir dan resah.

"Untuk sementara tidak ada warga dalam boleh keluar demikian pula warga luar yang mau ke masuk," ungkap Rizal.

Sementara itu, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan membenarkan jika warga Bontomanai tersebut telah dijemput oleh petugas penanganan covid-19.

"Iya sudah diambil oleh petugas, untuk diisolasi. Saya hanya imbau masyarakat sekitar lokasi agar menjaga kesehatan, pakai masker, jaga jarak, tidak berinteraksi, jangan keluar rumah, rutin cuci tangan pakai sabun. Dan jangan panik tetap tingkatkan kewaspadaan dengan patuh pada imbauan pemerintah termasuk salat atau beribadah di rumah saja," tegas Bupati Gowa. []

Berita terkait
Sejumlah Warga Batal Terima BLT Dana Desa di Gowa
Sejumlah warga yang tercatat sebagai penerima manfaat, batal atau tidak jadi menerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD). Ini alasannya.
Klaster Gowa Penyebaran Covid-19 Terbanyak di NTB
Penyebaran Covid-19. Klaster Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel) teridentifikasi menjadi salah satu simpul penyebaran virus terbanyak di NTB
30 Provinsi dan 13 Negara Peserta Ijtima Ulama Gowa
Ijtima Ulama Dunia 2020 atau Ijtima Ulama Zona Asia menjadi salah satu klaster penyumbang penyebaran virus corona atau Covid-19 di Indonesia.
0
Satu Warga Gowa Positif Corona Setelah Tes Swab
Satu warga Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil tes swab. Padahal saat di rapid test hasilnya negatif.