UNTUK INDONESIA
Satu Pasien Positif Covid-19 di Bantaeng Meninggal
Satu pasien berinisial SU di Kabupaten Bantaeng meninggal dunia akibat terpapar Covid-19.
Proses penguburan jenazah pasien Covid-19 di Kabupaten Bantaeng. (Foto: Tagar/Fitriani Aulia Rizka)

Bantaeng - Seorang warga berinisial SU di Kabupaten Bantaeng meninggal dunia terkonfirmasi positif Covid-19. SU dinyatakan meninggal di RSUD Prof Anwar Makkatutu Bantaeng, Sabtu 4 Juli 2020.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Bantaeng, dr Andi Ihsan menyebut, pasien tersebut dinyatakan positif usai dilakukan pemeriksaan CITO RT-PCR atau RT PCR.

Beberapa hari kedepan tim kami akan melakukan contact tracing kepada semua yang kontak erat dengan almarhum.

Andi Ihsan juga menuturkan, gugus tugas Bantaeng mengambil langkah memakamkan jenazah dengan protokol kesehatan agar mengantisipasi hal yang tak diinginkan. Sebab, mendiang SU sebelum meninggal dikenal aktif sebagai relawan saat terjadi bencana yang diyakini kontak dengan berbagai kalangan.

"Kita bersyukur telah mengambil keputusan yang tepat dengan melakukan pemakaman menggunakan prosedur Covid-19, sehingga risiko penularan dapat kita minimalisir," kata dia dalam pesan WhatsApp kepada Tagar, Minggu, 5 Juli 2020.

Ihsan juga menjelaskan, dengan begitu pihaknya bakal segera melakukan penelusuran kontak erat dengan SU sejak 14 hari terakhir.

"Beberapa hari kedepan tim kami akan melakukan contact tracing kepada semua yang kontak erat dengan almarhum sejak 14 hari ke belakang," kata Andi Ihsan.

Dia meminta agar masyarakat tetap tenang dan tak panik dengan peristiwa itu. Dia berharap pula agar masyarakat semakin patuh dengan segala protokol kesehatan dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Sebelumnya, langkah antisipatif dilakukan gugus tugas Covid-19 Bantaeng. Memakamkan jenazah dengan standar Covid di pekuburan umum Sarroanging, Kecamatan Eremerasa Kabupaten Bantaeng pada Sabtu, 4 Juli 2020.

Warga saat itu terlihat santai melihat proses penguburan jenazah relawan tersebut. []

Berita terkait
Pemakaman Protokol Kesehatan, Warga Bantaeng Santai
Masyarakat Bantaeng terlihat santai menonton proses penguburan jenazah dengan protokol kesehatan. Ini alasannya.
Panduan Pendidikan Belajar Jarak Jauh di Bantaeng
Dinas Pendidikan Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan memperkenalkan panduan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di masa pandemi.
Bantaeng Sulsel, Masih Status Zero Positif Covid-19
Hingga saat ini Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan masih berada pada status zero positif Covid-19.
0
Satu Pasien Positif Covid-19 di Bantaeng Meninggal
Satu pasien berinisial SU di Kabupaten Bantaeng meninggal dunia akibat terpapar Covid-19.