UNTUK INDONESIA
Sate Balanga, Hidangan Khas Gorontalo saat Idul Adha
Untuk masyarakat Gorontalo hidangan Sate Balanga umum tersedia saat perayaan momen pemotongan hewan kurban. Begini cara membuatnya.
Sate Balanga, makanan Idul Adha khas Gorontalo. (Foto: Tagar/Aan Febriansyah)

Makassar - Bila sudah memasuki hari raya Idul Adha persediaan daging biasanya akan melimpah, baik itu daging sapi maupun kambing. Untuk masyarakat Gorontalo hidangan Sate Balanga umum tersedia saat perayaan momen pemotongan hewan kurban.

Meski sate, namun hidangan Sate Balanga ini tidak ditusuk seperti pada umumnya. Masakan ini merupakan hasil adaptasi dari kuliner khas Arab. Jadi, tak heran jika masyarakat Gorontalo biasa menyantap kambing dengan nasi kebuli.

Aduk daging dengan rata, kemudian tambahkan kecap, garam, dan lada kemudian tunggu hingga daging sampai empuk.

Hartati salah satu keturunan Gorontalo yang menetap di Makassar mengatakan untuk tahun ini karena mendapatkan daging dari tetangga yang berkurban, dirinya membuat Sate Balanga. Meski tidak menggunakan daging kambing, namun Hartati membuat Sate Balanga menggunakan daging sapi.

"Untuk membuat Sate Balanga sama sekali tak mengggunakan panggangan sate dalam membuat menu Sate Balanga," ujar Hartati, Jumat, 31 Juli 2020.

Wanita berusia 42 tahun itu mengatakan Belanga sendiri artinya adalah wadah masak yang sudah ada sejak zaman dahulu yang terbuat dari tanah liat atau juga besi. Jika tak punya belanga, anda dapat menggunakan wajan sebagai gantinya.

Membuat Sate Balanga menggunakan rempah-rempah eksotis Indonesia seperti Jintan dan Kapulaga,"tambahnya.

Untuk membuat Sate Balangan, Hartati mengatakan sangat simpel hanya dengan menyiapkan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabe, jahe, ketumbar, dan serai di tumis secara bersamaan, jika sudah harum barulah dimasukan daging.

"Aduk daging dengan rata, kemudian tambahkan kecap, garam, dan lada kemudian tunggu hingga daging sampai empuk," jelasnya. []

Berita terkait
Cara Masak Sate Kambing Tak Berbau Saat Idul Adha
Daging kambing menjadi bahan makanan identik ketika Idul Adha. Namun untuk mengolahnya harus memperhatikan beberapa hal agar tidak berbau.
Sate Kere Solo Manjakan Lidah dengan Harga Murah
kelezatan sate kere Solo mampu memanjakan lidah penikmatnya dengan harga yang sangat murah. Sehingga semua kalangan bisa menikmati makanan itu.
Polisi Gerebek Dugaan Penjual Sate Busuk di Aceh
Polisi Kabupaten Aceh Besar, Aceh menggerebek sebuah rumah yang diduga menjual sate menggunakan daging ayam busuk.
0
Sate Balanga, Hidangan Khas Gorontalo saat Idul Adha
Untuk masyarakat Gorontalo hidangan Sate Balanga umum tersedia saat perayaan momen pemotongan hewan kurban. Begini cara membuatnya.