UNTUK INDONESIA
Sapi Sumbangan Jokowi Sempat Mengamuk di Kulon Progo
Rencananya sapi kurban sumbangan Presiden Jokowi untuk Kabupaten Kulon Progo akan disembelih pada hari Sabtu, 1 Agustus 2020 di Masjid Al Iman.
Bupati Kulon Progo, Sutedjo menyerahkan bantuan sapi Presiden Jokowi secara simbolis kepada panitia kurban Masjid Al Iman. (Foto: Tagar/Harun Susanto)

Kulon Progo - Presiden Joko Widodo memberikan bantuan dua ekor sapi untuk warga Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) di momen Idul Adha 1441 H. Sumbangan dua sapi tersebut nantinya untuk disembelih di Istana Kepresiden Yogyakarta dan juga Masjid Al Iman, Kulon Progo.

Di Kabupaten Kulon Progo, penyaluran sapi kurban tersebut dilakukan pada Kamis sore, 30 Juli 2020 bertempat di kompleks rumah dinas Bupati Kulon Progo. Ditempat ini, sapi bernama Gombloh tersebut diketahui sempat mengamuk dan nyaris kabur sebelum diserahterimakan kepada pengurus Masjid Al Iman.

Awalnya akan dipindahkan ke tempat yang lebih teduh, namun ternyata kemudian mengamuk, lepas dan berhasil menjebol pohon cemara.

Sekretaris Panitia Penerimaan dan Penyaluran Hewan Kurban Kulonprogo, Jazil Ambar Was'an mengatakan Gombloh memiliki berat sekitar 930 kg tersebut, awalnya diikat di pohon yang ada di halaman rumah dinas Bupati Kulon Progo. Karena lokasi panas, Gombloh kemudian dipindahkan ke tempat yang lebih teduh. 

Namun ternyata saat akan dipindahkan, sapi berjenis simental tersebut meronta hingga tali pengikatnya lepas.

Baca juga:

"Awalnya akan dipindahkan ke tempat yang lebih teduh, namun ternyata kemudian mengamuk, lepas dan berhasil menjebol pohon cemara. Setelahnya Gombloh kemudian berjalan ke arah belakang rumah dinas bupati," ujarnya kepada Tagar di rumah dinas Bupati Kulon Progo, Kamis 30 Juli 2020.

Beruntung ada panitia kurban dibantu pawang sehingga Gombloh bisa dijinakkan.

"Hewan ini kemudian dibuatkan kandang baru di belakang rumah dinas," ujar Jazil Ambar

Terkait kejadian tersebut, Bupati Kulon Progo, Sutedjo mengaku tidak melihat langsung insiden tersebut, karena tengah rapat di DPRD Kulon Progo pada saat kejadian.

"Saya tidak tahu. Namun, karena sapi ini besar dan kuat, jadi tadi saat penyerahan, sapinya nyundul-nyundul kandang," ucap Sutedjo.

Sutedjo menuturkan sapi dari Presiden Joko Widodo tersebut menjadi bagian dari penyerahan hewan kurban sejumlah delapan sapi dan 34 kambing kepada para takmir Masjid di berbagai masjid dan panitia penyelenggara kurban.

Sedangkan, Ketua Takmir Masjid Al Iman di Banjarasri, Mardi Santoso mengatakan sapi dari presiden tersebut rencananya akan disembelih dan dibagi ke warga pada Sabtu, 1 Agustus 2020. Pada saat hari Idul Adha, panitia kurban masjid Al Iman akan memotong tiga sapi lokal dan kambing untuk masyarakat sekitar

“Untuk menyembelih sapi tersebut, kami menyiapkan 1 tim penyembelih profesional,” kata Mardi. []

Berita terkait
Harga Sapi Kurban Sumbangan Jokowi di Maros Sulsel
Presiden Jokowi menyumbangkan sapi kurban jenis Simental seberat 1 ton ke Provinsi Sulawesi Selatan. Sapi kurban dibeli dari peternak di Maros.
Prediksi Permintaan Kurban Meleset di Kulon Progo
Pandemi tidak menyurutkan warga berkurban. Justru ada peningkatan di Kulon Progo. Artinya prediksi penurunan kurban tidak terjadi.
Operasi PKL Bandel Saat Pandemi di Kulon Progo
Satpol PP Kulon Progo menggelar operasi non yustisi di tengah pandemi corona. Hasilnya masih ditemukan PKL yang bandel, berjualaan di bahu jalan.
0
Sapi Sumbangan Jokowi Sempat Mengamuk di Kulon Progo
Rencananya sapi kurban sumbangan Presiden Jokowi untuk Kabupaten Kulon Progo akan disembelih pada hari Sabtu, 1 Agustus 2020 di Masjid Al Iman.