Sanksi AS Kepada Penyandang Dana dan Afiliasi ISIS di Afghanistan

AS menarget afiliasi ISIS di Afghanistan, menjatuhkan sanksi kepada para pejabat tinggi kelompok itu serta seorang penyandang dana
Para militan ISIS di Afghanistan (Foto: voaindonesia.com - Courtesy: SITE Intelligence Group).

Jakarta – Amerika Serikat (AS) menarget afiliasi ISIS di Afghanistan, menjatuhkan sanksi kepada para pejabat tinggi kelompok itu serta seorang penyandang dana yang dituduh memperkuat jumlah anggota kelompok itu dengan pejuang asing.

Departemen Luar Negeri ASS pada Senin, 22 November 2021, memasukkan nama para pemimpin ISIS Khorasan, Sanaullah Ghafari, Sultan Aziz Azam dan Maulawi Rajab, dalam Daftar Teroris Global.

Langkah itu memungkinkan AS untuk mencegah mereka dan orang-orang dekat mereka mengakses uang dan aset yang bersentuhan dengan sistem keuangan AS.

Bom AfghanistanAnggota keamanan Afghanistan menyelidiki lokasi serangan bom bunuh diri yang terjadi di Kabul, Afganistan, Rabu (21/11/2018). (Foto: Antara/Reuters/Omar Sobhani)

Sanaullah Ghafari, juga dijuluki Sanaullah atau Shahab al-Muhajir, telah memimpin ISIS Khorasan sejak Mei 2020, ketika pasukan pemerintah menangkap pendahulunya.

Informasi intelijen yang dibagikan dengan para pejabat kontraterorisme PBB awal tahun ini mengindikasikan bahwa Ghafari beroperasi dari kawasan Kabul, di mana kelompok itu mendirikan sebuah jaringan sel tidur yang kuat.

Selain itu, Departemen Keuangan AS pada Senin, 22 November 2021, menjatuhkan sanksi pada Ismatullah Khalozai, menggambarkannya sebagai seorang penyandang dana dan fasilitator utama bagi ISIS Khorasan (vm/lt)/voaindonesia.com. []

Anggota ISIS di Afghanistan Sasaran Serangan Udara Amerika

PBB dan NATO Kecam Ledakan Bom Bunuh Diri di Kabul

AS Siap Perang dengan ISIS Pasca Tentara Tewas di Kabul

10 Juta Anak-anak di Afghanistan Perlu Bantuan Mendesak

Berita terkait
Afghanistan Akan Hadapi Krisis Pangan yang Parah
Afghanistan hadapi kekurangan pangan yang parah karena kemarau, pandemi Covid-19, dan sanksi-sanksi ekonomi
0
Sanksi AS Kepada Penyandang Dana dan Afiliasi ISIS di Afghanistan
AS menarget afiliasi ISIS di Afghanistan, menjatuhkan sanksi kepada para pejabat tinggi kelompok itu serta seorang penyandang dana