UNTUK INDONESIA
Samsung Siap Kembangkan Sensor Kamera 600MP
Samsung dikabarkan berencana mengembangkan sensor kamera dengan resolusi mencapai 600 MP.
Ilustrasi - Samsung. (Foto: Antara/Pixabay)

Jakarta - Setelah menghadirkan terobosan sensor kamera ponsel 64 MP dan sensor gambar 108MP, Samsung dikabarkan berencana mengembangkan sensor kamera dengan resolusi mencapai 600 MP, sebagaimana dilansir dari laman Gizmochina, Selasa, 21 April 2020.

Wakil Presiden Eksekutif dan Kepala Tim Sensor Bisnis System LSI Business Samsung Yongin Park, mengatakan bahwa mata manusia bisa saja cocok dengan resolusi 500 MP, hanya saja untuk mewujudkan sensor kamera 600MP, Samsung perlu mengembangkan teknologi terbaru.

Perusahaan teknologi asal Korea Selatan ini telah mengembangkan teknologi pixel binning untuk perangkat seluler. Sensor 64MP dari Samsung menggunakan 2x2 pixel binning, sedangkan sensor 108 MP menggunakan 3x3 pixel binning.

Teknologi ini berfungsi untuk meningkatkan penyerapan cahaya dan mengurangi masalah pengambilan foto saat kondisi cahaya rendah.

Ambisi Samsung untuk mengembangkan sensor kamera di masa depan sepertinya tidak hanya terbatas pada resolusi 600 MP. Divisi Sistem LSI Bisnis Samsung yang berurusan dengan sensor gambar, juga sedang mencari teknologi untuk membuat sensor yang dapat mendeteksi bau dan rasa.

Saat ini sensor kamera 108MP masih menjadi yang tertinggi untuk perangkat smartphone. Namun posisi itu akan berubah seiring perkembangan teknologi dari perusahaan teknologi dunia.

Baca juga: Xiaomi Bikin Ponsel Lipat Mirip Galaxy Z-Flip

Samsung sendiri sekarang ini tengah mengerjakan sensor 150MP dengan menggunakan teknologi Nonacell, dan diharapkan akan tersedia mulai kuartal 4 tahun 2020 atau sekitar bulan Oktober sampai Desember mendatang. []


Berita terkait
Review Kamera Samsung Galaxy S20 Plus
Konfigurasi kamera yang ada dalam ponsel ini diklaim mampu menghasilkan gambar dengan kualitas terbaik dan memiliki warna serta detail yang bagus.
Oppo A92 Meluncur di Pasar Indonesia 1 Mei 2020
Ponsel Oppo A92 segera meluncur di pasar smartphone Indonesia pada 1 Mei 2020 mendatang.
Xiaomi Hadirkan Dark Mode 2.0 Pada MIUI 12
Xiaomi mengonfirmasi bahwa MIUI 12 akan meluncur pada 27 April 2020 bersamaan dengan Mi 10 Youth Edition.
0
Jadwal Imsak dan Buka Puasa DKI Jakarta, 1 Mei 2020
Berikut jadwal lengkap imsak, jam salat, dan buka puasa hari ini Jumat 1 Mei 2020, untuk wilayah Provinsi DKI Jakarta dan sekitarnya