Samsung Galaxy SmartTag, Gadget Keamanan Cerdas Saat Travelling

Samsung, memperkenalkan produk baru bernama Galaxy SmartTag, gadget keamanan cerdas yang dapat digunakan saat melakukan perjalanan atau travelling.
Samsung Galaxy SmartTag. (Foto: Samsung)

Jakarta - Perusahaan teknologi asal Korea Selatan, Samsung, memperkenalkan produk baru bernama Galaxy SmartTag, gadget keamanan cerdas yang dapat digunakan saat melakukan perjalanan atau travelling.

Galaxy SmartTag sendiri merupakan sebuah alat pelacak yang dapat terhubung melalui koneksi Bluetooth yang nantinya akan kompatibel dengan sejumlah perangkat Samsung.

Perangkat ini bisa digunakan untuk memantau dan melacak keberadaan perangkat Samsung, seperti smartphone, wearable, maupun tablet. Jangkauan perangkat ini diklaim mencapai radius 120 meter.

Tak hanya itu Galaxy SmartTag juga dapat dipasang pada barang-barang dan hewan peliharaan dengan menempelkan ke kalung hewan peliharaan dan melacaknya melalui aplikasi Samsung SmartThings.

Bahkan saat offline, Galaxy Find Network dapat menggunakan data yang dipindai untuk menemukannya dan mudah untuk menelusuri riwayat lokasi Smart Tag berada.

Notifikasi akan muncul dari aplikasi SmartThings apabila berhasil melacak keberadaan item yang hilang, melalui sinyal Bluetooth Low Energy (BLE). Saat indikator perangkat berbunyi, pengguna dapat mencari sumber bunyi untuk menemukan item yang hilang.

Samsung Galaxy SmartTagIlustrasi pemasangan Samsung Galaxy SmartTag. (Foto: Samsung)

Perangkat yang memiliki ukuran kecil dengan bagian atas terdapat sebuah lubang yang difungsikan untuk memasukkan gantungan kunci atau lanyard ini juga berfungsi sebagai one-touch IoT control yang berarti dapat menghidupkan atau mematikan perangkat Samsung yang terhubung, seperti TV, penyedot debu, AC, dan lainnya.

SmartTag akan dijual mulai 29 Januari 2021 dengan harga US$ 29,99 atau sekitar Rp 421 ribu, dengan dua varian warna, yakni black dan oatmeal.

Selain itu, Samsung juga merilis model SmartTag Plus, di mana pada model ini mendukung fitur Ultra Wideband (UWB) yang berfungsi untuk memantulkan sinyal ke ponsel agar perangkat yang hilang dengan jarak yang cukup jauh dapat terdeteksi secara akurat.

SmartTag Plus juga bisa ditautkan ke aplikasi pelacak AR yang menciptakan ruang 3D, sehingga akan lebih mudah untuk menemukan item pada ruang 3D dibandingkan dengan peta pada Smart Tag biasa.

Namun, untuk mendapatkan model ini Anda harus merogoh kocek lebih mahal. Pasalnya Galaxy Smart Tag Plus kemungkinan akan dibanderol mulai dari US$ 39,99 atau sekitar Rp 560 ribuan dan rencananya model ini akan keuar pada akhir tahun. []

(Cherryn Lagustya)

Berita terkait
Samsung Perkenalkan 3 Produk Robot Baru di CES 2021
Tiga produk robot anyar yang diperkenalkan Samsung adalah Samsung JetBot 90 AI+, Samsung Bot Care, dan Samsung Bot Handy.
Cegah Covid-19, LG Luncurkan Robot Disinfeksi Canggih
Perusahaan raksasa teknologi, LG Electronics, memperkenalkan robot penyemprot disinfeksi baru di Korea Selatan guna memutus penularan Covid-10.
Usung Teknologi Canggih, Film Apa Ada Cinta 2045? Siap Tayang
Film Apa Ada Cinta 2045? mengusung tema teknologi canggih yang menggambarkan Indonesia 25 tahun dari sekarang.
0
Mengenal Efek Samping Kebanyakan Minuman Berenergi
Mengenal efek samping minuman berenergi yang di dalamnya terdapat kafein dan lebih banyak gula serta bahan lainnya jika dikonsumsi terlalu banyak.