UNTUK INDONESIA
Sambil Basah-basah, Demonstran di Dairi Tolak UU Cipta Kerja
Gabungan aliansi mahasiswa di Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, melakukan aksi damai terkait penolakan Undang-Undang Cipta Kerja.
Puluhan mahasiswa demo kantor DPRD Dairi, menolak UU Cipta Kerja, Jumat 9 Oktober 2020 (Foto: Tagar/Robert Panggabean)

Dairi - Gabungan aliansi mahasiswa di Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, melakukan aksi damai terkait penolakan Undang-Undang Cipta Kerja, Jumat, 9 Oktober 2020.

Puluhan mahasiswa mendatangi kantor DPRD Dairi di Jalan Sisingamangaraja, Sidikalang, sekitar pukul 15.00 WIB.

Para demonstran menyampaikan orasinya, kendati diguyur hujan sebelum akhirnya diperkenankan masuk ke gedung DPRD.

Pantauan Tagar, tampak aksi simpatik petugas Polres Dairi dalam demo itu. Beberapa petugas, termasuk Polwan membagikan minuman mineral kepada demonstran. Sebagian petugas lain membagikan masker.

Demonstran diterima seorang anggota DPRD Dairi dari Fraksi Nasdem, Nasib Marudur Sihombing. Dari pihak Pemerintah Kabupaten Dairi, tampak hadir Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Jonny Hutasoit.

Demonstran menyampaikan surat tuntutan kepada Nasib Sihombing untuk diteruskan ke pihak terkait. Ada lima isi tuntutan.

Ini kelembagaan. Nanti saya sampaikan ke pimpinan DPRD

Pertama, menolak UU Cipta Kerja karena dinilai tidak pro terhadap rakyat kecil. Kemudian, menuntut agar Presiden Jokowi tidak menandatangani RUU Cipta Kerja menjadi undang-undang.

Meminta kepada DPRD Dairi untuk menjadi perpanjangan tangan kepada DPRD Sumut membatalkan UU Cipta Kerja karena tidak pro dengan rakyat.

Meminta kepada Bupati Dairi untuk menyampaikan kepada Gubernur Sumatera Utara untuk menjadi perpanjangan tangan kepada Presiden Republik Indonesia, untuk tidak menandatangani UU Cipta Kerja. Terakhir, meminta Presiden Jokowi menerbitkan Perppu untuk mencabut UU Omnibus Law.

Kepada demonstran, Nasib Sihombing berjanji akan menyampaikan tuntutan kepada pimpinan DPRD Dairi, untuk selanjutnya diteruskan ke pihak terkait termasuk kepada pemerintah yang lebih tinggi melalui Bupati Dairi.

"Ini kelembagaan. Nanti saya sampaikan ke pimpinan DPRD. Kebetulan saat ini tidak berada di tempat," kata Nasib menjawab tuntutan demonstran.[]

Berita terkait
Bareskrim Tangkap Wanita Pembuat Hoaks Omnibus Law Cipta Kerja
Bareskrim Polri melalui Tim Cyber Crime menangkap seorang wanita berinisial VE yang diduga menyebarkan berita hoaks Omnibus Law Cipta Kerja.
UU Cipta Kerja Pertegas Status Bumdes Sebagai Badan Hukum
Mendes PDTT Abdul Halim mengatakan, Cipta Kerja menguntungkan masyarakat desa. Sebab, menguatkan badan usaha milik desa sebagai badan hukum.
Ngabalin Tantang Pedemo Omnibus Law UU Cipta Kerja Gugat ke MK
Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Ali Mochtar Ngabalin tantang pedemo Omnibus Law UU Cipta Kerja bikin Judicial Review ke Mahkamah Konstitusi.
0
Tanggal Lahir Samaan dengan Jokowi, Neno Warisman: Apes
Neno Warisman menjawab singkat saat ditanyai Politisi Gerindra Fadli Zon, karena Neno dan Presiden Jokowi ulang tahunnya samaan tanggal 21 Juni.