UNTUK INDONESIA

Rp 3,5 Miliar untuk Warga Kota Magelang Terdampak Pandemi

Pemkot Magelang sudah menyiapkan bantuan uang tonai senilai total Rp 3,5 miliar untuk warganya yang terdampak pandemi Covid-19.
Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito menyerahkan bantuan JPS secara simbolis kepada perwakilan penerima, Senin, 16 November 2020. (Foto: Tagar/Humas Pemkot Magelang)

Magelang - Pemerintah Kota Magelang mengalokasikan bantuan Jaring Pengaman Sosial (JPS) senilai Rp 3,5 miliar bagi warga terdampak pandemi Covid-19. 

Bantuan dari APBD Kota Magelang ini bertujuan untuk membantu masyarakat lapisan bawah, agar mampu memenuhi kebutuhan pokok dan menjaga perekonomian di masa pandemi. 

"Bantuan kepada keluarga terdampak Covid-19 ini adalah tindakan nyata penanganan bencana nonalam pandemi Covid-19 agar mereka dapat hidup normal sesuai dengan kondisi sosial yang ada," kata Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Magelang, Wulandari Wahyuningsih, Senin, 16 November 2020.

Wulan menyebutkan, ada sebanyak 1.965 keluarga penerima manfaat (KPM) yang menerima bantuan JPS ini. Setiap KPM menerima uang senilai Rp 1,8 juta. Bantuan tersebut diserahkan dalam beberapa gelombang, sesuai protokol kesehatan pencegahan Covid-19 guna menghindari kerumunan.

Pergunakan sebaik-baiknya, untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari maupun untuk modal usaha.

Sementara itu, Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito meminta masyarakat penerima manfaat untuk memanfaatkan dengan sebaik-baiknya bantuan tersebut. Mengingat, bantuan hanya diberikan satu kali.

"Pergunakan sebaik-baiknya, untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari maupun untuk modal usaha," katanya.

Baca juga: 

Menurut Sigit, bantuan untuk masyarakat Kota Magelang terus mengalir saat pendemi Covid-19. Tidak hanya bantuan berupa uang tunai tapi juga sembako, fasilitas protokol kesehatan dan lainnya. Bahkan, pemerintah juga sudah membuat dapur umum.

"Ini bentuk cinta pada rakyat. JPS ini mencapai Rp 3,5 miliar, agar masyarakat bahagia di tengah pandemi ini," ucap Sigit.

Saat penyerahan bantuan JPS, Sigit juga berpesan kepada para penerima untuk selalu menjaga protokol kesehatan. Meskipun saat ini Kota Magelang berada dalam kondisi landai corona. []

Berita terkait
Wow, Dana Bantuan Sosial Tahun 2021 Dipatok Rp 91 Triliun!
Dana bantuan sosial di Kementerian Sosial tahun anggaran 2021 dipatok Rp 91 triliun. Jumlah itu naik Rp 30,5 trilliun dari anggaran tahun ini.
Korban Longsor di Kulon Progo Terima Bantuan Bedah Rumah
Pemkab Kulon Progo dan Baznas memberikan bantuan kepada korban tanah longsor di Kokap. Bantuan berupa uang tunai untuk bedah rumah dan jamban.
Tanpa Online Pendaftar Bantuan UMKM Nagan Raya Capai 12 Ribu
Pelaku UMKM di Nagan Raya, bisa mendaftar langsung datang dan mendaftar ke Kantor Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Nagan Raya.
0
Rp 3,5 Miliar untuk Warga Kota Magelang Terdampak Pandemi
Pemkot Magelang sudah menyiapkan bantuan uang tonai senilai total Rp 3,5 miliar untuk warganya yang terdampak pandemi Covid-19.