UNTUK INDONESIA
Roma Vs Fiorentina, Peran Besar Smalling di Liga Italia
Bek Chris Smalling berperan besar dalam kemenangan AS Roma atas Fiorentina. Smalling membuat Roma tak kebobolan di pertandingan Serie A Italia itu.
Bek AS Roma Chris Smalling (kanan) berperan besar dalam kemenangan 2-1 atas Fiorentina di Serie A Italia di Stadion Olimpico, Senin, 2 November 2020 dini hari WIB. Smalling menjadikan Roma tak kebobolan di laga itu. (Foto: Tagar/Twitter/ChrisSmalling)

Jakarta - Bek Chris Smalling berperan besar dalam kemenangan AS Roma atas Fiorentina. Smalling membawa tim tak kebobolan saat menaklukkan La Viola 2-0 di pertandingan Serie A Italia di Stadion Olimpico, Senin, 2 November 2020 dini hari WIB. 

Smalling memberi pengaruh besar bagi I Giallorossi. Pada 2 laga sejak dia kembali dimainkan, gawang Roma tak kebobolan. Bahkan dia memainkan peran penting saat mereka menang atas Fiorentina. 

Pelatih Paulo Fonseca tak segan memuji performa pemain yang dibeli dari Manchester United itu. Menurut dia kehadiran Smalling menjadikan tim lebih percaya diri dalam menyerang maupun bertahan. 

Chris lebih dari seorang leader. Penting punya figur di tim seperti dia

"Ini tidak kebetulan. Saya selalu katakan bila Chris memang pemain penting kami," kata Fonseca kepada Sky Sport Italia.

"Kami punya 3 pemain muda di barisan belakang. Jadi penting bila memiliki pemain berpengalaman seperti Chris," ucap pelatih yang kediamannya baru saja dibobol maling ini. 

Smalling bergabung kembali ke Roma saat deadline bursa transfer pemain. Sebelumnya, dia dipinjam I Lupi dari Man Utd selama satu musim. Performa gemilang bek berusia 30 ini yang kemudian menjadikan Roma merekrutnya secara permanen. 

"Chris lebih dari seorang leader. Penting punya figur di tim seperti dia," kata Fonseca lagi.

Tanpa Smalling, Gawang Roma Kerap Kebobolan

Saat belum ada Smalling, gawang Roma termasuk mudah kebobolan. Termasuk saat ditahan Juventus 2-2. Meski selalu unggul, namun juara Liga Italia 2001 ini gagal menang.  

Dari 6 laga tanpa eks bek tim nasional Inggris ini, Roma mampu menjaga clean sheet saat melawan melawan Verona dan menang 1-0 lawan Udinese. 

Laga melawan Verona sesungguhnya berakhir imbang 0-0. Namun klub ibu kota Italia ini dinyatakan kalah 3-0 karena menurunkan pemain tidak sah. 

Di laga melawan Fiorentina, gol kemenangan Roma dihasilkan Leonardo Spinazzola. Sedangkan eks pemain Chelsea Pedro Rodriguez memantapkan keunggulan tim di menit 70. 

Baca juga:

Disebut Jadi Kapten AS Roma, Begini Jawaban Chris Smalling

Bikin Waswas, Transfer Smalling dari Man Utd ke Roma

"Dari laga itu, tim terlihat lebih percaya diri. Pertahanan kami lebih solid sehingga kami sudah bisa mendorong pemain depan untuk bermain lebih cepat," ucapnya.

Hasil itu menjadikan Roma naik ke peringkat 7 dengan poin 11. Mereka masih terpaut 5 poin dari pimpinan klasemen AC Milan. []

Berita terkait
2 Gol Tanpa Balas, Pedro Bawa AS Roma Pecundangi Fiorentina
Pedro Rodriguez membawa AS Roma mempecundangi Fiorentina dengan skor 2-0 dalam lanjutan Liga Italia Serie A, Senin 2 November 2020 dinihari.
Laga 6 Gol, Bek Roma Gagalkan Kemenangan AC Milan
AC Milan gagal menang di laga yang diwarnai terciptanya 6 gol. Selalu unggul, Milan hanya bermain imbang melawan AS Roma di Serie A Italia.
Apes, Smalling Gagal Debut Saat Roma Lawan Tim Promosi
Bek AS Roma Chris Smalling gagal melakukan debut setelah mengalami cedera lutut. Dia absen di laga lawan Benevento, Senin dini hari lusa.
0
Umrah Pasca Pandemi, 250 Jemaah Tiba di Arab Saudi
Lebih dari 250 jemaah tiba di Arab Saudi dalam perjalanan menuju Mekkah untuk ibadah umrah yang merupakan pertama kali pasca pandemi.