Risiko Mencuci Muka Pakai Sabun Mandi

Sebagian besar orang masih ada yang menggunakan sabun mandi untuk mencuci muka. Berikut ini risiko mencuci muka dengan sabun mandi.
Ilustrasi Cuci Muka. (Foto: freepik.com)

Jakarta - Sebagian besar orang masih ada yang menggunakan sabun mandi untuk mencuci muka. Padahal sabun mandi tersebut mempunyai efek yang sangat keras untuk kulit wajah. Sebab, kulit wajah itu memang lebih sensitif dari pada kulit bagian tubuh lainnya. Sehingga, dalam pemanfaatannya, sabun mandi tidak direkomendasikan untuk mencuci muka. 

Dilansir dari Hellosehat, apabila sabun mandi digunakan pada wajah, tentu bisa membuat kulit kering. Ini karena kandungan surfaktan pada sabun mandi hanya berfungsi untuk menghilangkan minyak (sebum) dan kotoran yang melekat pada tubuh

Bukan hanya itu, sabun mandi jika dipakai untuk mencuci muka ternyata dapat mengganggu dan menghalangi pH wajah. Sehingga, bakteri atau mikroorganisme sehat yang diperlukan untuk melindungi dan menjaga sistem kekebalan kulit menjadi terhambat. 

American Academy of Dermatology mengatakan sabun muka yang baik harus terbebas dari zat bersifat abrasi seperti alkohol karena kandungannya itu bisa mengikis kulit. 

Bagi Anda yang memiliki kulit kombinasi kering dan berminyak sangat dianjurkan untuk memakai sabun muka yang sifatnya ringan. Selain itu, Anda juga harus mengoleskan krim tretinoin ke wajah pada malam hari dan pelembap guna menjaga dan melindungi kulit selalu sehat. 

Berbeda dengan mereka yang memiliki kulit berjerawat dan berminyak, tentu ada baiknya menggunakan sabun yang nonkomedogenik. Sabun jenis ini mempunyai kandungan asam salisilat atau benzoil peroksida. Disarankan bagi Anda yang berkulit jerawat dan berminyak harus mencuci muka sebanyak 2 hingga 3 kali sehari. 

Mereka yang berkulit normal juga harus memakai jenis sabun muka yang khusus untuk kulit normal. Meski jenis kulit Anda normal, ingat hindari juga memakai sabun mandi untuk mencuci wajah. 

Sedangkan kulit yang sensitif, Anda juga perlu memilih sabun muka yang tepat, yaitu bebas dari pewarna, alkohol, dan wewangian. Pilihlah produk perawatan wajah yang memiliki sifat menenangkan kulit, seperti chamomile atau lidah buaya dan polifenol dari teh hijau. []

Baca juga:

Berita terkait
Cara Sederhana Membersihkan Wajah dengan Tepat
Membersihkan wajah menjadi rutinitas yang harus dilakukan setiap hari terutama saat malam hari sebelum tidur. Berikut cara mencuci muka yang tepat.
Cara Mudah Mencerahkan Kulit Wajah Tanpa Perawatan
Memiliki kulit cerah pasti menjadi idaman semua wanita. Berikut cara mudah mencerahkan kulit wajah alami tanpa perawatan.
Cara Mencerahkan Kulit Leher Secara Alami
Memiliki kulit leher cerah tentu menjadi idaman setiap orang khususnya wanita yang ingin terlihat cantik. Berikut ini cara mencerahkan kulit leher.
0
Pemkot Lhokseumawe Segera Lakukan Vaksinasi Massal Covid-19
Pemerintah Kota Lhokseumawe, Aceh, dalam bulan Juni 2021 ini akan segera melakukan vaksinasi Covid-19 secara massal