Ridwan Kamil Launching Desain Masjid Agung Pangkalpinang

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meluncurkan desain Masjid Agung Pangkalpinang yang ia rancang bergaya klasik modern.
Desain Masjid Agung Pangkalpinang dari Ridwan Kamil. (Foto: Tagar/Instagram/ridwankamil)

Jakarta - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meluncurkan desain Masjid Agung Pangkalpinang, yang ia desain bergaya klasik modern mendapat sambutan baik dari berbagai pihak. 

"Diminta oleh masyarakat Kota Pangkalpinang Provinsi Bangka Belitung untuk memberikan konsep desain arsitektur Masjid Raya. Semoga berkenan dan menjadi kebanggaan masyarakat di sana," ucap Ridwan di akun Instagramnya, yang dilihat Jumat, 30 Juli 2021. 


Sheila Majid berpayung sambil menari membeli bakmi di kota Sukabumi semoga Masjid Agung ini selalu lestari walau kami sudah tak ada lagi di muka bumi.


Ia juga menyampaikan harapanya dalam sebuah puisi, ia tetap berharap nantinya, Masjid Agung akan tetap tegak berdiri meski dirinya sudah tak ada di bumi.

“Sheila Majid berpayung sambil menari. Membeli bakmi di kota Sukabumi. Semoga Masjid Agung ini selalu lestari. Walau kami sudah tak ada lagi di muka bumi," tulisnya. 

Sementara itu, Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil berencana membangun masjid agung dengan kubah berlapis timah. Dengan menggandeng Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil akan bersama-sama mendesain masjid yang digadang-gadang menjadi masjid pertama yang berkubah timah di dunia.

Cita-cita membangun masjid ini telah diimpikan Molen sejak dulu. Menurutnya pembangunan masjid dengan kubah berlapis timah wajar diciptakan mengingat Bangka Belitung dikenal sebagai ikon pulau penghasil timah.

Rencana pembangunan Masjid Agung Kubah Timah ini akan digeser di Eks Gudang Bulog tepatnya di depan Alun-Alun Taman Merdeka (ATM). Pemilihan tempat baru ini juga dinilai Ridwan Kamil akan lebih menarik dan indah.

Desain masjid tersebut nantinya akan memiliki underpass terowongan yang tembus langsung ke Taman Wilhelmina. Terowongan itu juga bisa digunakan sebagai lapak jualan para Pedagang Kaki Lima (PKL) serta digunakan untuk lahan parkir, ruang pertemuan dan islamic center.

Molen berharap, masyarakat mendukung rencana pembangunan Masjid Agung Kubah Timah sehingga dapat terealisasi di tahun 2021. []

Berita terkait
Demi Warga, Ridwan Kamil Imbau Seluruh Pejabat Turun Tangan
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Kang Emil) menggerakan seluruh eselon II, III dan organisasi perangkat daerah turun tangan atasi Covid-19.
Ridwan Kamil: Pemprov Jabar Berupaya Penuhi Kebutuhan Warga
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan bahwa saat ini Pemerintah Provinsi Jawa Barat terus melakukan upaya untuk memenuhi kebutuhan warga.
Ridwan Kamil Temukan Perusahaan Tak Patuhi PPKM Saat Sidak
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melakukan sidak ke sejumlah perusahaan di Jabar dan menemukan perusahaan yang tak patuhi aturan PPKM Darurat.
0
Kerugian Spotify di Tengah Kenaikan Pelanggan
Pesaing utama Spotify, Apple Music diketahui telah membayar artis sebanyak dua kali lipat dari tarif Spotify per streaming.