UNTUK INDONESIA
Ribuan Pekerja Bantaeng Bakal Terima Subsidi Gaji
Ribuan tenaga pekerja di Kabupaten Bantaeng, bakal menerima subsidi gaji BPJS Ketenagakerjaan.
Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Bantaeng - Jeneponto, Rinaldo saat ditemui, Selasa, 25 Agustus 2020. (Foto: Tagar/Fitriani Aulia Rizka)

Bantaeng - Ribuan tenaga pekerja di Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan bakal menerima subsidi gaji BPJS Ketenagakerjaan. Hal ini disampaikan Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Bantaeng-Jeneponto, Rinaldo.

Dia menyebutkan. hingga saat ini terdaftar sebanyak 2588 tenaga kerja total dari dua kabupaten. Mereka yang terdaftar tersebut akan menerima subsidi gaji selama empat bulan sebanyak Rp 600.000 per bulannya.

Tenaga honorer belum ada 1000 orang yang didaftarkan. Coba pemerintah bisa mendaftarkan agar bisa segera disalurkan haknya.

"Yang sudah collecting nomor rekeningnya sebanyak 2588 untuk dua kabupaten. Di Jeneponto sendiri sekitar 1035, selebihnya Bantaeng," katanya saat ditemui Tagar di ruangannya, Selasa, 25 Agustus 2020.

Adapun subsidi gaji tersebut merupakan sebuah bantuan yang diberikan pada pekerja atau karyawan swasta dengan upah dibawah Rp 5.000.000.

Calon penerima juga diharuskan memenuhi beberapa syarat tertentu. Diantaranya, terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, tidak berstatus PNS atau karyawan BUMN, upah dibawah Rp 5.000.000 rupiah, tidak terdaftar sebagai penerima kartu prakerja dan wajib menyetorkan nomor rekening. Rencananya penyaluran akan dilakukan pada hari ini, Selasa 25 Agustus 2020.

Sayangnya, di kabupaten bertajuk Butta Toa, secara keseluruhan tenaga kerja yang terdaftar sebagai penerima subsidi diperkirakan belum mencakup 50 persen. Hal ini disebabkan untuk peserta BPJS sendiri belum terdaftar secara menyeluruh.

Dari data sebanyak 5000 tenaga honorer di Kabupaten Bantaeng. Belum cukup 1000 orang dari mereka yang menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Oleh sebab itu, Rinaldo meminta agar Pemerintah Daerah serta para pemegang kewenangan sebuah institusi agar segera mendaftarkan karyawannya.

"Tenaga honorer belum ada 1000 orang yang didaftarkan. Coba pemerintah bisa mendaftarkan agar bisa segera disalurkan haknya," katanya. []

Berita terkait
Makan Kerupuk, Cara Pendidik di Bantaeng Usir Jenuh
Puluhan kepala sekolah di Kabupaten Bantaeng mengikuti beragam lomba, termasuk lomba makan kerupuk, untuk mengusir jenuh selama pandemi.
Ini Sekolah di Bantaeng yang Boleh Belajar Tatap Muka
Sekolah di Kecamatan Gantarangkeke, Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan boleh melangsungkan aktivitas belajar tatap muka. Ini alasannya.
Kisah Dosen Cantik Multitalenta dari Bantaeng
Arini Nur Annisa, yang akrab disapa Rini atau Arini adalah seorang dosen cantik yang juga berprofesi sebagai pembawa acara atau MC.
0
Putra Gus Nur Angkat Bicara Terkait Penangkapan Ayahnya
Muhammad Munjiat, menyayangkan penangkapan ayahnya dilakukan pada tengah malam.